Alat musik tradisional

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya – Alat musik merupakan media yang biasa digunakan untuk mengiringi sebuah pertunjukan. Tak hanya itu, beberapa instrumen tersebut juga erat kaitannya dengan sejarah atau budaya tempat asalnya.

Hal ini juga berlaku untuk Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Indonesia memiliki banyak alat musik daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Tidak hanya dari segi bentuk, beberapa di antaranya juga mampu mengeluarkan suara merdu. Lihat penjelasan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara yang kaya dengan segala potensi yang dimiliki setiap daerah. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri, tidak hanya hasil pertanian, seni dan budaya. Berbicara tentang kegiatan seni dan budaya, tentunya tidak jauh dari alat musik yang digunakan.

Mari Mengenal Lebih Dekat 8 Alat Musik Tradisional Tiongkok » Lagu & Musik » Info Budaya Dan Tradisi Tionghoa

Dalam pertunjukan seni dan budaya pada umumnya, kita selalu melihat perbedaan alat musik yang digunakan oleh para pemainnya. Saat ini, tidak hanya modern, alat musik tradisional juga banyak digunakan. Hal tersebut tentunya dapat memberikan dampak positif bagi generasi selanjutnya.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Nah seperti yang kita tahu, setiap daerah khususnya di Indonesia pasti memiliki alat musik tradisional yang berbeda-beda. Bukan hanya untuk mengiringi pertunjukan, namun nyatanya beberapa alat musik ini bisa menjadi saksi sejarah sekaligus sarana edukasi kepada masyarakat. Lihat penjelasan di bawah ini untuk pembahasan lebih lengkap.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, Indonesia memiliki berbagai macam alat musik tradisional dan modern. Beberapa di antaranya bahkan dikenal di luar negeri. Beberapa di antaranya tidak hanya alat musik, tetapi juga dijiwai dengan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal masyarakat. Untuk itu di bawah ini akan dijelaskan macam-macam alat musik daerah di Indonesia. Diantara mereka.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Alat Musik Melodis: Pengertian, Contoh, Dan Cara Memainkannya

Alat musik daerah pertama di Indonesia adalah sasanda. Alat musik yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain bentuknya yang unik, suaranya juga sangat merdu. Yang membuat Sassando unik adalah penggunaan komponen alami berupa daun lontar sebagai bahan utamanya. Apakah ini menarik?

Alat musik ini merupakan alat musik khas Tanah Rote, daerah Nusa Tenggara Timur. Anda harus memainkannya seperti gitar. Namun, tidak semua orang bisa memainkannya dengan merdu, karena mereka harus memiliki teknik tertentu. Nama sasando sendiri mulai terkenal setelah digunakan dalam kompetisi WOW 2013 lalu.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Pernah dengar alat musik angklung? Ya, alat musik berbahan dasar bambu ini pasti sangat populer di kalangan masyarakat. Selain bentuknya yang unik, ternyata suaranya juga sangat merdu. Angklung berasal dari daerah Jawa Barat dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia.

Alat Musik Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya

Selain dimainkan sendiri, angklung juga bisa dipadukan dengan alat musik seperti orkestra atau seni pertunjukan. Tidak hanya orang Indonesia saja yang menyukainya, tetapi banyak orang asing yang tertarik untuk mempelajarinya. Tentu saja, melihat itu, orang Indonesia bangga memiliki alat musik daerah yang bisa dilihat di seluruh dunia.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Selain hal di atas, ada satu lagi alat musik tradisional Indonesia yang harus Anda ketahui, yaitu gendang. Secara umum, alat musik ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Kendang biasanya sering digunakan dalam pertunjukan bertema Jawa.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gendang merupakan alat musik khas Jawa, khususnya Jawa Timur. Cara bermainnya adalah dengan dipukul. Alat ini dapat menyerang dengan 2 cara. Dan setiap sisi memiliki nada yang berbeda, dan ketika dimainkan biasanya menyesuaikan dengan alat musik lainnya.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Inilah 10 Alat Musik Papua Dan Cara Memainkannya

Alat musik tradisional lain yang juga berasal dari Jawa adalah gamelan. Secara umum alat musik ini terdiri dari beberapa alat musik utama dan sebuah pengiring. Meskipun gamelan dianggap kuno, namun sebenarnya masih banyak digunakan dalam kompetisi seperti wayang, fusi kuda, dll.

Seperti halnya angklung, alat musik gamelan juga tersebar di seluruh dunia. Bahkan tidak sedikit orang asing yang ingin mengetahui lebih jauh tentang alat musik asli Indonesia ini. Bahkan gamelan telah menjadi kurikulum wajib di beberapa sekolah di Amerika dan Selandia Baru.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Bonang juga merupakan salah satu alat musik daerah yang patut untuk dilestarikan. Alat musik ini merupakan alat musik dari negara jawa khususnya dari jawa timur. Cara bermainnya dengan memukul di samping.

Tuliskan Nama Alat Musik Dan Cara Memainkan Masing Masing Alat Musik Diatas

Seperti alat musik Jawa lainnya, bonang juga sangat mendunia. Tidak sedikit wisatawan yang berkunjung langsung ke Indonesia untuk mempelajarinya. Bonang biasa digunakan dalam acara pernikahan atau acara adat khususnya di Jawa.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Di Indonesia, selain perkusi, ada alat musik petik lainnya – kecapi. Asal usul alat musik ini adalah dari Sulawesi Barat. Meski bentuknya sederhana, nada yang diciptakannya mampu memberikan kenikmatan tersendiri bagi pendengarnya.

Kecapi biasanya bermain sendiri dalam pertunjukan. Hal ini dikarenakan kecapi memiliki nada yang unik dan berbeda untuk setiap senarnya. Suara alat musik ini sangat cocok untuk relaksasi diri.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Alat Musik Tradisional Jepang Yang Mesti Diketahui

Diantara berbagai alat musik daerah yang ada di Indonesia, gong juga merupakan alat musik yang masih sering digunakan dalam pertunjukan. Terbuat dari bahan kuningan, alat musik ini mampu menghasilkan efek suara yang unik. Gong biasa digunakan dalam pertunjukan wayang atau kesenian Jawa.

Seiring berjalannya waktu, gong menjadi lebih dari sekedar alat musik. Bahkan saat ini, gong juga digunakan sebagai simbol perdamaian antar bangsa. Dan biasanya ukuran yang digunakan untuk simbol perdamaian dibuat cukup besar.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Pernahkah Anda mendengar kata ganggong? Bagi orang awam, alat musik yang satu ini mungkin sangat asing di dengar. Ya, gengun adalah alat musik tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan. Bermain dengan cara ditiup seperti harmonika.

Alat Musik Tradisional Kalimantan Selatan

Dengan cara yang aneh, alat musik ini digunakan oleh para petani saat rekreasi. Walaupun nada yang dihasilkan cukup sederhana, namun sebenarnya cukup melodis juga. Selain bentuknya yang sederhana, Genggong juga memiliki sejarah kearifan lokal bagi masyarakat Sumatera Selatan.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Selain itu dari daerah Sumatera, lebih tepatnya dari Sumatera Barat, ada alat musik tradisional lain yang perlu dilestarikan yaitu saluang. Secara keseluruhan, instrumen ini mirip dengan seruling. Namun ada perbedaan, terutama pada lubang udaranya.

Saluang hanya memiliki 4 lubang dan tentunya nadanya lebih mudah terdengar dibandingkan suling. Ternyata salvang bukan hanya alat musik tradisional, tapi juga memiliki makna magis. Alat musik ini konon mampu menghipnotis penontonnya.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Alat Musik Tradisional Jawa Barat Yang Populer

Jika Anda pergi ke wilayah timur Indonesia, lebih tepatnya Papua, terdapat alat musik daerah yang bernama tifa. Ya, alat musik ini merupakan alat musik yang unik khususnya bagi masyarakat Maluku dan Papua. Cara memainkan Tifa dengan memukul fisiknya seperti terompet.

Meski memiliki bentuk yang sederhana, ternyata typha ini cukup diminati wisatawan. Tidak hanya itu, alat musik ini juga sering dibeli sebagai oleh-oleh atau oleh-oleh. Yang lebih unik lagi, setiap bagian memiliki ukiran khas Maluku atau Papua yang semakin menambah nilai estetika alat musik ini.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Alat musik tradisional di indonesia alat musik tradisional alat musik seni budaya budaya indonesia seni tradisional seni daerah alat musik tradisional di indonesia seni budaya musik tradisional di indonesia seni gendang berasal dari gendang berasal dari kecapi berasal dari gendang berasal dari daerah. alat musik tradisional alat musik tradisional dan asal usul gendang alat musik berasal dari gendang berasal dari nama alat musik gambar dan nama alat musik tradisional serta cara memainkannya alat musik tradisional gambar alat musik tradisional bali alat musik tradisional indonesia Instrumen Alat Musik Tradisional Papua Alat musik tradisional di Indonesia memiliki ciri dan ciri yang berbeda-beda. Mulai dari bentuk hingga cara bermain.

Teknik Memainkan Musik Tradisional Berdasarkan Bentuknya

Alat musik tidak dapat dipisahkan dari budaya musik yang telah diwariskan sejak zaman dahulu. Seperti dikemukakan Ketut Wisnava dalam bukunya Seni dan Musik Tradisi Nusantara, musik tradisional adalah jenis musik yang lahir dan berkembang dalam budaya daerah tertentu yang diwariskan secara turun-temurun.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Keberadaan musik tradisional ini tumbuh dan berkembang karena pengaruh adat, kepercayaan dan agama, sehingga musik daerah memiliki ciri khas tersendiri.

Angklung adalah instrumen bambu tradisional Indonesia. Angklung dikenal sebagai alat musik yang berasal dari negeri Sunda, tepatnya Jawa Barat.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Alat Musik Beserta Cara Memainkannya

Angklung terdiri dari dua, tiga atau empat bambu dalam dua, tiga dan empat nada. Cara memainkannya dengan menggoyang atau menggetarkan.

Kalintang adalah salah satu alat musik tradisional masyarakat Minahasa Sulawesi Utara. Biasanya alat musik tradisional ini digunakan untuk upacara adat, pertunjukan tari, nyanyian bahkan pertunjukan musik.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Saluang adalah alat musik tradisional khas suku Minangkabau Sumatera Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu atau bambu tipis. Talang bambu dipercaya dapat menghasilkan suara yang lebih bagus dan merdu.

Alat Music Beserta Cara Memainkannya

Alat musik tiup merupakan salah satu alat musik tradisional yang tumbuh dan berkembang di daerah Tapin Kalimantan Selatan.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Alat musik tiup terbuat dari kayu, kulit, cat dan senar. Kayu yang digunakan antara lain kayu Pulantan, kayu Kambang, kayu Jingo, kayu Halaban, dll. Sedangkan kulitnya diambil dari kulit binatang hutan seperti kulit rusa, kijang atau reptil seperti kulit ular Puraka, Saya dan biawak.

Kampang adalah alat musik tradisional dari provinsi Lampung yang terbuat dari kayu dan kulit kambing. Kampang biasanya dimainkan pada beberapa acara seperti upacara adat, pernikahan dan penyambutan pejabat yang berkunjung.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Sebutkan 12 Nama Alat Musik Dan Cara Memainkannya, Lihat Gambar

Cara memainkan Kompang dengan cara dipukul. Biasanya ada iringan lagu atau syair islami yang mengiringi alat musik ini.

Selain itu, ada alat musik tradisional Teh-hian atau Tehya yang berasal dari Betawi. Badan alat musik Tejana sendiri terbuat dari batok kelapa, kemudian dilapisi kulit tipis, tongkat kayu berbentuk elips dan purilan atau senar.

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Sasanda merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sassando memiliki bentuk yang sangat khas dan berbeda dengan alat musik petik lainnya yaitu berbentuk tabung yang panjang.

Alat Musik Tradisional Jawa Timur Yang Kamu Harus Tahu

Sasando sendiri terbuat dari bambu, kayu, paku, benang dan daun

10 Nama Alat Musik Tradisional Dan Cara Memainkannya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button