Pendidikan

Animasi Kubus

Animasi Kubus – Kubus: Pengertian, Unsur, Jaring, Rumus, Contoh Soal – Dalam mata kuliah matematika, terdapat materi yang membahas tentang bentuk geometri. Bentuk geometri meliputi kubus, balok, prisma, limas, kerucut, silinder, dan bola. Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Pengertian, Bahan, Jaring Jala dan Rumus Membuat Ruang Kuboid.

Definisi kubus adalah sosok geometris tiga dimensi yang dibatasi oleh enam sisi persegi. Contoh lain dari benda berbentuk kubus adalah Rubik’s Cube. Rubik’s adalah mainan dengan kotak enam sisi berwarna.

Animasi Kubus

Animasi Kubus

Sisi-sisi kubus memiliki ukuran yang sama dengan persegi. Oleh karena itu, bentuk geometris ini juga dikenal sebagai segi enam beraturan. Nah, di bawah ini adalah contoh gambar tabung.

Atur Dengan Kubus Merah 3d Animasi Rotasi Kubus Ilustrasi Vektor Ilustrasi Stok

Perhatikan gambar di atas, setiap sisi memiliki titik yang diberi label dengan huruf yang berbeda. Huruf-huruf ini menjadi dasar penamaan tabung. Oleh karena itu, gambar di atas dapat disebut kubus ABCD.EFGH.

Animasi Kubus

Dari diagram kubus ABCD.EFGH di atas, tentunya kita dapat menarik kesimpulan tentang sifat-sifat kubus. Ya, ciri kubus adalah memiliki 6 sisi yang kongruen, 8 titik sudut, dan 12 sisi yang sama panjang.

Ujung tabung adalah area yang memisahkan bagian dalam tabung dari ruang sekitarnya. Sebuah kubus memiliki 6 sisi, yang semuanya berbentuk persegi. Sisi kubus adalah:

Animasi Kubus

Bangun Ruang Sisi Datar

Keliling kubus adalah batas setiap sisi kubus. Sebuah kubus memiliki 12 rusuk yang sama panjang. Pada gambar di atas, sisi kubus adalah:

Titik sudut adalah titik pertemuan antara tiga sisi. Sebuah kubus memiliki 8 tiang. Pada gambar di atas, titik sudut tabung adalah A, B, C, D, E, F, G, dan H.

Animasi Kubus

Bidang diagonal adalah garis diagonal yang ditarik ke arah sosok geometris. Ada 2 garis diagonal di setiap sisi kubus. Jadi, sebuah kubus memiliki 12 sisi.

Sinopsis Film Cube, Jebakan Mengerikan Di Ruangan Kubus

Diagonal ruang adalah ruas garis yang menghubungkan dua simpul yang berlawanan. Sebuah kubus memiliki 4 diagonal yang sama panjang. Keempat diagonal ruang bertemu di satu titik yang disebut pusat kubus. Pada gambar di atas diagonal kubus ruang adalah AG, BH, CE, dan DF.

Animasi Kubus

Bidang diagonal adalah bidang yang dihubungkan oleh dua garis diagonal dan dua sisi. Sebuah kubus memiliki 6 sisi diagonal. Diagonal-diagonal sebuah kubus memiliki luas yang sama. Gambar di atas menunjukkan diagonal kubus ACGE, BCHE, CDEF, ADGF, ABGH, dan BDHF.

Jika kubus tersebut dihancurkan, maka akan didapatkan enam kotak yang berukuran sama. Keenam kotak itu disebut jaring kubus. Kubus terdiri dari kisi-kisi 11 pola. Berikut ini adalah contoh gambar grid kubus.

Animasi Kubus

Blender Uv Mapping Pertemuan 5 Animasi 3d Univ. Darma Persada.

Pada gambar di atas, terdapat persegi panjang dengan warna seragam. Kotak dengan warna yang sama adalah sisi kubus yang berlawanan.

Volume tabung adalah jumlah ruang yang dapat ditempati tabung. Setiap volume geometris dapat dihitung menggunakan rumus. Jika rusuk sebuah kubus ditandai dengan huruf s, maka rumus untuk menghitung volumenya adalah:

Animasi Kubus

Kita tahu bahwa kubus memiliki enam kotak yang sama. Nah, bentuk enam kotak itu disebut permukaan kubus.

Animasi Kd 1

Untuk menghitung luas permukaan kubus, kita perlu mengetahui rumus luas persegi. Rumus luas persegi adalah sisi x sisi. Jika rusuk sebuah kubus ditandai dengan huruf s, maka rumus untuk menghitung luas permukaannya adalah:

Animasi Kubus

Perimeter sosok geometris adalah panjang semua sisinya. Sebuah tabung memiliki 12 tulang rusuk. Jika rusuk sebuah kubus ditandai dengan huruf s, maka rumus menghitung kelilingnya adalah:

Aquarium kubus, griya kubus, kubus, bangunan kubus, celengan kubus, game kubus, kubus kayu, kubus beton, kubus rubik, boneka kubus, logo kubus, kubus apung

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button