Pendidikan

Bagian Bagian Vernier Caliper

Bagian Bagian Vernier Caliper – Apa itu caliper rem? Bagaimana cara membaca hasil pengukuran dengan jangka sorong atau vernier caliper? Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang atau tebal suatu benda dengan ketelitian 0,1 mm. Oleh karena itu alat yang disebut dengan vernier caliper dalam bahasa inggris ini lebih detail hasil pengukurannya dibandingkan dengan penggaris atau mistar biasa. Dalam penggunaannya alat ukur ini banyak digunakan untuk mengukur panjang, tebal benda, diameter luar dan dalam benda, serta untuk mengukur kedalaman.

Kaliper modern ditemukan oleh Joseph R. pada tahun 1851. Brown menciptakannya. Itu adalah instrumen praktis pertama dengan pengukuran tepat yang dijual dengan harga murah ke mesin umum. Callanger Vernier terdiri dari skala utama dengan rahang di salah satu ujungnya.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Bagian Bagian Vernier Caliper

Rahang kedua, berisi skala vernier, menggerakkan skala utama. Saat menyentuh rahang, titik nol skala utama dan titik nol skala vernier harus cocok. Jika dua nol tidak cocok, kesalahan nol positif atau negatif terjadi.

Cara Membaca Jangka Sorong

Nah, sebelum mempelajari cara mengukur dengan kaliper, ada baiknya Anda memahami berbagai jenis kaliper dan bagian-bagiannya.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Ini adalah kaliper yang sering kita lihat ketika guru di sekolah menunjukkan contoh kaliper. Meteran ini tidak dilengkapi dengan timbangan digital untuk mengukur suatu benda. Pengukuran dengan caliper analog dilakukan secara manual, sehingga istilah ini juga biasa disebut dengan caliper manual.

Behel jenis inilah yang jarang ditemui di sekolah-sekolah. Tidak semua sekolah memiliki caliper digital ini. Kompas ini dilengkapi dengan timbangan digital untuk mengukur suatu benda. Pengukuran dapat dilakukan secara otomatis dengan kaliper digital. Saat kita mengukur suatu benda, angka yang menunjukkan panjang suatu benda otomatis muncul di bagian angka.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Cara Mengukur Jangka Sorong, Ketahui Fungsi Dan Bagian Bagiannya

Bagian pertama adalah gerendel, yang digunakan untuk menahan bagian yang bergerak pada tempatnya selama proses pengukuran, seperti dudukan dan probe kedalaman.

Terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Diameter luar digunakan untuk mengukur diameter dalam suatu benda, seperti diameter bor atau diameter lubang.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Terdiri dari rahang geser dan rahang tetap. Inside gauge digunakan untuk mengukur dimensi luar atau luar suatu benda, seperti tebal, lebar koin, atau diameter luar suatu kotak.

Pdf) Vernier Caliper

Dalam hal satuan sentimeter, besaran utama berfungsi untuk menampilkan besaran utama dalam sentimeter (cm), disebut juga besaran metrik, dan dalam satuan inci, besaran utama dalam bentuk inci . Juga disebut skala kekaisaran.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Skala nonius dalam bentuk milimeter berfungsi sebagai skala untuk mengukur pecahan dalam milimeter. Skala Nunes juga disebut skala Vernier untuk menghormati penemunya, Pierre Vernier, seorang insinyur Perancis. Panjang skala 10 vernier adalah 9mm. Oleh karena itu, 1 pembagian skala vernier (jarak antara dua garis skala vernier yang berdekatan) adalah 0,9 mm. Dalam inci, garis skala berada di atas

1. Langkah pertama: kendurkan sekrup pengunci dan geser bagian geser rahang. Pastikan pasangan geser berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa ini atau lihat apakah akan menunjukkan nol saat rahang ditutup.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Kaliper Vernier Terisolasi Di Latar Belakang Putih Vernier Skala Lulusan Bergerak Kecil Untuk Mendapatkan Bagian Fraksional Dari Subdivisi Pada Skala Utama Tetap Alat Ukur Foto Stok

2. Langkah selanjutnya adalah membersihkan permukaan benda dan permukaan braket agar tidak menempel benda yang dapat menyebabkan kesalahan pada hasil pengukuran.

3. Kemudian tutup braket geser untuk memindahkan objek pengukuran. Temukan hasilnya dengan membaca skala mayor dan skala minor.

Bagian Bagian Vernier Caliper

4. Jika ingin mengukur diameter dalam suatu benda (seperti diameter cincin), gunakan pengukuran rahang atas. Pencet rahang atas kemudian tempatkan benda (misalnya cincin) yang akan diukur diameternya. Tarik rahang penggeser hingga kedua rahang berbunyi klik pada tempatnya dan tekan bagian dalam objek. Pastikan dinding bagian dalam benda tegak lurus dengan tangga untuk mencegah benda bengkok.

Gemred Jangka Sorong Vernier Caliper Gauge Micrometer 150mm

Untuk detail lebih lanjut tentang cara menggunakan dan mengukur jangka sorong, lihat contoh di bawah ini.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Saat membaca hasil pengukuran ketebalan, kita akan melihat dua macam skala, yaitu skala utama dan skala nonce (skala nonce). Pengukuran utama terdiri dari serangkaian angka 0, 1, 2, 3, 4, 5 cm, dll., Yang terletak di bagian tetap. Ada juga skala inci utama di bagian atas, seperti penggaris. Kemudian ada skala abu-abu pada bagian geser, yang menampilkan satuan 0,1 mm.

Oleh karena itu, pada gambar di atas dibandingkan dengan benda kecil (merah) yang diukur ketebalannya. Kita akan membaca dan mengetahui lebih banyak tentang tas rambut merah ini. Untuk membaca dan menentukan besar kecilnya benda berwarna merah, mari kita lihat dulu angka pada skala utama. Temukan garis skala mayor yang paling dekat dengan 0 pada skala vernier. Hal ini menunjukkan bahwa bagian skala mayor yang paling dekat dengan angka 0 (nol) pada skala vernier adalah 1,1 cm atau 1 cm lebih besar dari 1 mm atau 11 mm. Setelah itu, pada langkah selanjutnya kita melihat dua garis skala pada skala utama dan skala vernier yang sejajar atau lurus atau paling mirip. Tampak antara angka 6 dan 7 terdapat dua garis skala lurus sejajar yang artinya 0,65 mm.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Docx) Cara Mengukur Menggunakan Jangka Sorong

Jadi untuk mencari tebal benda merah yang kita ukur, kita menjumlahkan dua angka yang kita peroleh dari skala utama (11mm) dan skala vernier (0,65mm).

Gambar di atas menunjukkan bahwa skala mayor pada jangka sorong yang paling dekat dengan angka 0 adalah 4,7 cm atau 47 mm. Kemudian garis skala vernier yang sejajar dengan garis lurus berada pada garis skala garis skala 4 yang berarti 0,4 mm. Jadi, ukuran benda yang diukur dengan vernier caliper adalah:

Bagian Bagian Vernier Caliper

Nah, begitulah cara membaca hasil pengukuran dengan jangka sorong. Pada contoh di atas, setiap garis pada skala vernier mewakili 0,1 mm, yang memudahkan perhitungan. Banyak kaliper vernier di pasaran memiliki jenis yang berbeda, misalnya garis pada skala vernier mewakili 0,02mm atau 0,05mm, jadi kalikan angka yang ditunjukkan pada garis lurus pada kedua skala dengan 0, 02 atau 0,05. pergi

Mengukur Dengan Jangka Sorong: Panduan Praktis Dengan Gambar Dan Video

Menurut fisika, angka relatif (plus atau minus) harus selalu diberikan saat melaporkan hasil pengukuran. Karena tidak semua alat ukur atau cara ukur menjamin hasil ukur yang sempurna atau akurat. Perangkat mungkin telah berubah selama pengukuran atau metode observasi tidak sesuai. Oleh karena itu, saat melaporkan pengukuran ketebalan, harus ada ketidakpastian sebesar 0,05 mm. Pembacaan 0,05mm adalah setengah dari akurasi atau presisi caliper vernier, yaitu 0,1mm.

Bagian Bagian Vernier Caliper

Di mana x adalah hasil yang kita baca pada caliper, di mana Δx adalah ketidakpastian, di mana Δx = 1/2 × keakuratan instrumen. Nomor ini harus ditambahkan setelah tanda ±.

Nah itulah beberapa contoh cara membaca jangka sorong yang digunakan untuk mengukur tebal atau diameter dalam suatu benda. Semoga membantu wawasan Anda. Teknologi pengukuran memainkan peran yang sangat penting dalam teknik mesin. Kita dapat menggunakan berbagai macam alat ukur untuk mengukur dimensi part. Bergantung pada keterbacaan skala ukur, alat ukur dibagi menjadi:

Bagian Bagian Vernier Caliper

Cara Membaca Jangka Sorong Dan Contoh Soalnya

Perhitungan presisi pengukuran: 39 skala utama / 20 skala lepas = 1,95 Untuk strip yang hampir lurus, tentukan strip ke-2, yaitu 2 – 1,95 = 0,05 mm Contoh 1: Hasil pengukuran: Pengukuran pada skala Utama: 5,0 Nanius Pengukuran pada skala: 0,55 Ukuran total: 5,55 mm Contoh 2: Hasil pengukuran: Ukuran pada skala utama: 9,0 Pengukuran pada subskala: 0 ,85 Ukuran total: 9,85 mm Anda juga dapat langsung menggunakan alat ukur Belajar dengan menggunakan: Pengukuran mandiri Alat peraga Simulasi Skala juga disediakan dalam bentuk video tutorial berikut ini:

Ketepatan kaliper 0,02 mm diperoleh sebagai berikut: 1. Ketelitian = 1 bagian. Skala utama : total skala vernier = 1/50 = 0,02 mm2. Ketepatan = 1 pembagian skala utama – 1 Nilai Nance = 1 – (49/50) = 1 – 0,98 = 0,02 mm Contoh 1: Cari garis di belakang skala 0 (nol) Nance, yaitu: 3 batang skala utama = 3,00 mm Temukan garis yang lurus, sehingga: angka 7 + 3 pita vernier = 0,70 + (3 x 0,02) = 0,70 + 0,06 = 0,76, sehingga ditampilkan 3,76 mm. Contoh 2: Temukan garis di belakang skala vernier 0 (nol). yaitu: 12 pita skala utama = 12,00 mm Temukan garis lurus, yaitu: #5 + 3 pita skala vernier = 0,50 + (3 x 0,02) = 0,50 + 0,06 = 0,56 sehingga menunjukkan 12,56mm yang dapat Anda lihat secara langsung. Anda juga dapat mempelajari alat ukur dengan: Simulasi Kalibrasi 0,02 mm Pembelajaran Mandiri Trim Push 0,02 mm Tutorial Video Range Push 0,02 mm

Bagian Bagian Vernier Caliper

Mikrometer adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur ketebalan atau diameter. Ukuran mikron mulai dari 0-25, 25-50, dst. dengan ketelitian 0,01 mm. Komponen utama mikrometer dapat digambarkan sebagai berikut:

Pengertian Jangka Sorong, Ini 9 Cara Menggunakannya

Pengukur ketinggian adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tinggi suatu benda dari bidang acuan, atau dapat juga digunakan untuk memberikan tanda guratan berulang pada suatu bagian sebagai acuan untuk operasi pemesinan selanjutnya. Dalam hal jangka sorong, vernier caliper memiliki dua skala ukur, yaitu skala utama dan skala vernier, dan digunakan untuk mengukur diameter luar, diameter dalam dan kedalaman. Kaliper terbuat dari baja tahan karat dan diukur dalam milimeter (mm) dan inci (“).

Bagian Bagian Vernier Caliper

Skala mayor dan skala vernier digunakan untuk mengukur jarak kecil untuk menemukan perbedaan antara dua tanda. Metode ini disebut prinsip vernier. Misalnya skala utama setiap garis berjarak 1 mm, sedangkan jarak antar garis pada skala vernier adalah 0.

Vernier caliper, harga vernier caliper mitutoyo, cara baca vernier caliper, vernier caliper berfungsi untuk, cara membaca vernier caliper, sebutkan bagian bagian vernier caliper, vernier caliper mitutoyo, vernier caliper adalah, harga vernier caliper, digital vernier caliper, alat ukur vernier caliper, vernier caliper simulation

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button