Pendidikan

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Bahasa Kramane Selawe Yaiku – Krama-ngoko atau krama-ngoko (aksara Jawa: ꦠ김ꦿꦸꦏꦿꦨꦔꦴꦏꦏꦴ) (atau ngoko-krama [1]) adalah kata ngoko yang tidak ada padanan kramanya.

Jumlah kata krama-ngoko tertinggi dalam bahasa Jawa, tetapi hanya sebagian kecil yang sesuai dengan jumlah kata krama tinggi.

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Kata Krama Njoku mengandung angka terbesar dalam bahasa Jawa. Contoh idiom yang tidak memiliki padanan idiom: angin, dingin, abu, api, ayah, wali, bumi, gerbang, godhog, goreng, guru, langit, dunia, titik, jangan, jangkrik, desa, kantor, kucing, kuwung , lawah , mega, pahit, akar, panas, kabut, kolam, rami, tangga, singa, matahari, mark, tenger, terong, umop, unta, weidang, pohon dan buah.

Kamus Bilangan Bahasa Jawa

Kata krama-ngoko dapat digunakan pada semua tingkatan bahasa Jawa: bahasa ngoko dan bahasa krama. Ini adalah contoh penggunaan kata krama-ngoko dalam bahasa Lugu Ngoko dan bahasa Lugu Krama menggunakan kata kuwung dan bibir yang ditandai dengan kn dalam sastra Jawa.

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Beberapa kata sopan disamakan dengan kata-kata sopan. Idiom di atas dapat diubah menjadi bahasa ngoko yang baik dan bahasa ngoko yang baik.

Contohnya adalah kata labmé yang bersesuaian dengan kata iggil lathi (digarisbawahi), sedangkan kuwung tidak memiliki padanan kata iggil.

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Kosakata Bahasa Jawa Krama Alus Sehari Hari Dan Artinya

Kata kuwung tidak mengalami perubahan pada kalimat kedua pada semua tingkat bahasa karena tidak ada padanannya pada kata tingkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak ada perbedaan antara kalimat nomor 2 bahasa ngoko jelas dan sederhana dan kalimat nomor dua bahasa jelas dengan kata sederhana. Slang atau kata krama (aksara Jawa: ꦄ강 ꧘길ꦏꦿꦂ) adalah kosakata bahasa Jawa yang hanya digunakan dalam bahasa umum. Dahulu, kata krama mungkin digunakan dalam bahasa Ngoko, khususnya bahasa Ngoko-Antya, dan digunakan dalam bahasa Maa, khususnya bahasa Madya krama dan Madyantara.

Dasar kata krama adalah kata njoku; Semua metode yang tepat harus mengandung kata seperti itu. Di atas tingkat kesantunan terdapat kata-kata yang sangat santun, tetapi tidak semua kata santun memiliki padanan kata yang sangat santun. Istilah yang disingkat disebut kata perantara, yang termasuk kata-kata tidak baku. Kata ngoko yang tidak ada padanan kata kramanya disebut krama-ngoko.

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Idiom sering dikacaukan dengan mediator seperti yang disebutkan dalam kitab Javana Pepak Basa yang biasa digunakan dalam pembelajaran. Juga, kata krama sering dianggap sama dengan krama gilg. Oleh karena itu, di beberapa daerah sering ditemukan orang menggunakan kata-kata berkualitas tinggi untuk diri mereka sendiri, yang seharusnya digunakan untuk menghormati/memuliakan lawan bicara atau orang yang diajak bicara.

Materi Unggah Unguh Basa

Di bawah ini adalah contoh krama (berat) dan padanannya ngoko, tetapi tidak ada kama gilg yang sesuai.

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Di bawah ini adalah contoh kata kerja (dicetak tebal), padanannya pada kata ngoko, dan padanannya pada kata niggil.0 nol nol nol nol, das 1 satu satu satu satu 2 dua dua 3 tiga tiga 4 empat empat 5 lima lima lima 6 enam enam enam 7 tujuh tujuh delapan delapan delapan delapan 9 sembilan sembilan sembilan 10 sepuluh ratus 11 sebelas sebelas sebelas 12 dua belas dua belas 12 13 tiga belas tiga belas tiga belas 14 empat belas empat belas empat belas empat belas lima belas lima belas lima belas lima belas 16 enam belas enam belas 17 tujuh belas tujuh belas tujuh belas 18 delapan belas delapan belas delapan belas 19 sembilan belas sembilan belas sembilan belas sembilan belas 20 dua puluh dua 21 21 dua puluh satu 22 22 22 dua puluh dua 23 23 dua puluh tiga dua puluh tiga dua puluh tiga 24 24 – satu 25 dua puluh lima dua puluh lima 26 dua puluh enam dua puluh sembilan 27 dua puluh tujuh dua puluh dua delapan dua tujuh dua puluh sembilan puluh dua puluh sembilan 30 tiga puluh tiga puluh satu 31 tiga puluh satu tiga puluh dua tiga puluh dua tiga puluh dua 40 sebelas dua 50 50 lima puluh 60 60 enam puluh enam puluh 70

90 sembilan belas sembilan puluh sembilan 100 ratus seratus 101 ratus seratus satu 1000 ribu ribu 2000 dua puluh dua dua puluh dua 3000 tiga ribu tiga ribu tiga ribu 5000 lima ribu lima ribu lima ribu 10000 sepuluh ribu sepuluh ribu 100000 seratus ribu ribu o ribuan 1000000 juta Satu juta, juta, dua juta, dua ribu juta

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Krama Madya Yaiku

1″ 2 setengah setengah setengah 1″ 3 sepertiga kuarter ketiga 1″ 4 seperempat seperempat seperempat satu 1″ 5 seperlima seperlima 2″ 3 dua pertiga dua pertiga dua bagian 3″ 4 tiga perempat tiga perempat tiga perempat 2 ” 5 , lima puluh, lima puluh, setengah 1, 5 satu setengah dengan dua tengah dua setengah 2, 5, dua setengah, dua setengah, dua setengah, 3, 5, tiga setengah , setengah tiga, 03:30

Di bawah ini adalah urutan angka dan cara membaca Ngoko dan Krama dalam bahasa Jawa. Contohnya bisa dilihat di bawah ini.

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Di bawah ini adalah urutan angka dan cara membaca Ngoko dan Krama dalam bahasa Jawa. Contohnya bisa dilihat di bawah ini.

Kirtya Basa Klas 7

1 satu satu satu 2 dua dua dua  tiga tiga tiga! empat empat” lima lima lima # enam enam dolar tujuh tujuh tujuh % delapan delapan sembilan sembilan 1′ sepuluh tiga puluh 11 11 sebelas sebelas 12 12 dua belas dua belas 1 tiga puluh tiga tiga belas 1! empat belas empat empat belas 1″ lima belas lima belas lima belas 1# enam belas enam belas enam belas enam belas 1 tujuh belas dolar tujuh belas dua belas empat belas dua puluh empat 2″ panjang dua puluh lima 2 # dua puluh sembilan dua puluh sembilan dua enam belas

Bahasa Kramane Selawe Yaiku

Tuku bahasa kramane

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button