Pendidikan

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu – Mata bor atau mata bor merupakan alat potong praktis yang memiliki fungsi besar dalam industri.

Sebelum membeli bor, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu fungsi, jenis, dan contoh bor yang paling sesuai dengan pekerjaan yang Anda geluti. Baca penjelasan di bawah ini.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Bor shank (drill shank) adalah alat untuk membuat lubang. Selama proses pengeboran, benda kerja dilubangi oleh putaran bor yang terus menerus.

Promo Mata Bor Pagoda Spiral Hss Titanium Step Drill Bit 4 12 4 20 4 32 Jld Diskon 50% Di Seller Katarastore124

Bagian utama bor adalah betis, badan dan ujung. Betis adalah ujung yang harus dipasang ke chuck bor. Tubuh adalah bagian terpanjang dari mata bor, mulai dari ujung pemotongan hingga leher bor. Sedangkan ujung adalah bagian utama dari mata bor yang berfungsi sebagai pembuat lubang.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Mata bor digunakan untuk membuat lubang atau memperbesar lubang pada logam padat, baik dengan tangan maupun dengan mata bor.

Bentuk lubang yang dibuat dengan bor bisa berbeda-beda tergantung dari jenis bor yang digunakan dan tujuannya.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Mata Bor Kayu Wood Bits Steel 1/4 Inch 5 Pcs / Bor Pelubang Kayu / Mat Bor Set Komplit / Mata Bor Bulat / Set Mata Bor Lengkap / Mata Bor Berkualitas /

Bor besi terbuat dari bahan yang berbeda sesuai dengan tujuannya. Di bawah ini adalah beberapa bahan yang biasa digunakan dalam pengeboran.

HSS dapat mengebor kayu, fiberglass, polivinil klorida (PVC) dan logam lunak seperti aluminium. HSS kehilangan kekerasannya pada ±650°C, sehingga cairan pendingin harus digunakan untuk meningkatkan masa pakai alat.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Bit kobalt sangat baik untuk mengebor baja tahan karat dan bahan keras lainnya karena kekuatan strukturalnya yang luar biasa. Cobalt juga memiliki kemampuan menahan panas.

Taffware Mata Bor Kayu Wood Bits Steel 1/4 Inch 5 Pcs

Karbida adalah salah satu bahan terkuat dan terkeras untuk keperluan industri, seperti besi tuang, logam non-besi berat, dan bahan abrasif lainnya. Namun, karbida sangat mahal, sehingga biasanya hanya digunakan untuk mata bor. Bahan ini efektif dalam lubang dangkal dan beratnya kurang dari setengah karbida padat.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Karbida padat adalah pilihan yang baik untuk kualitas lubang yang baik. Bor dengan semua bagian yang terbuat dari karbida atau karbida padat lebih mahal daripada bor dengan ujung karbida.

Mata bor bengkok digunakan dalam pengeboran sehari-hari untuk semua jenis bahan. Desain kepala bor yang unik berarti debu dapat dikeluarkan dari lubang selama pemrosesan.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Jenis Jenis Mata Bor Beserta Gambar Dan Fungsinya

Bit countersunk digunakan untuk mengebor lubang sehingga kepala sekrup countersunk dapat masuk ke dalam lubang dan rata dengan permukaan material.

Bor tengah digunakan dalam bor logam untuk mengebor lubang sebelum pemesinan atau sebelum bor yang lebih besar.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Bor tumpul digunakan untuk pukulan presisi pada lembaran logam atau untuk membuat lubang dangkal dengan tepi kecil.

Rekomendasi Hammer Drill Terbaik (terbaru Tahun 2023)

Bor pemborong adalah jenis yang paling umum dan populer, biasanya digunakan untuk mengebor lubang pada material yang lebih lunak seperti komposit dan logam lunak.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Mata bor sekop memiliki badan yang lebih pendek, sehingga cocok untuk pengeboran logam. Ada juga jenis bor sekop yang digunakan untuk mengebor kayu secara kasar.

Bor subland adalah dua bor dengan diameter berbeda yang digunakan untuk mengebor lubang dengan ukuran berbeda.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Taffware Mata Bor Mini Gerinda Kayu Hss 22/25/32/35/44 Mm 5 Pcs

Bor mikro sangat baik untuk membuat lubang halus di semua jenis karbida dan ideal untuk aplikasi kecepatan tinggi.

Mata bor Forstner memiliki ujung runcing yang menciptakan lubang halus pada kayu, sehingga memudahkan untuk memposisikan bor.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Bor batu membuat lubang di batu bata, batu atau beton. Karena kekerasan materialnya, mata bor batu cepat aus, sehingga harus sering diganti.

Pcs Countersink Bor Bit Titanium Plating Mata Bor Set Mata Bor Kayu Set Woodworking Talang, Dengan Kunci Hex Untuk Kayu Drilli|bor Bits|

Mata bor ubin digunakan untuk mengebor lubang di ubin tanpa merusak ubin. Bit persegi dirancang untuk berbagai jenis kotak.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Bor instalasi digunakan untuk mengebor lubang untuk pemasangan kabel. Ada lubang kecil di bagian belakang mata bor tempat Anda memasukkan kawat.

Bor sekrup digunakan untuk mengebor kayu tebal dan kering tanpa banyak tekanan selama pengeboran.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Hss Round Saw Mata Bor Ukuran Mini Kecil Untuk Gerinda Kayu 5 Pcs

Bor adalah alat yang digunakan untuk melubangi berbagai benda kerja, namun tahukah anda mengapa mata bor cepat tumpul dan tidak tahan lama dalam pemakaian? Simak pembahasannya pada artikel berikut: Mengapa bor cepat tumpul dan tidak tahan lama? Bor ini sering digunakan dalam pengerjaan kayu, pengerjaan logam, pembuatan alat mesin, proyek konstruksi dan utilitas. Ada versi lain yang dirancang khusus untuk aplikasi medis, luar angkasa, dan miniatur. Misalnya, bor gigi ortopedi atau kepala bor bedah medis tentu saja memiliki standar bahan dan ukuran serta harga yang sangat berbeda.

Bagi orang Indonesia, istilah bor bisa berarti bor atau bor saat digunakan. Sebenarnya dari asalnya, drill atau bor sendiri mengacu pada istilah Jerman, yaitu Ein

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

. Juga, istilah teknis bor digunakan di seluruh industri pertukangan untuk bilah silinder berulir, biasanya dengan ulir 1 alur atau 2 alur.

Bor Tangan Tradisional Jaman Dulu

Bor atau reamer tersedia dalam berbagai ukuran dan diameter sesuai standar ISO, DIN dan JIS, bahan yang digunakan serta jenis mata pisau dan benang. Biasanya mata bor terbuat dari bahan baja berkecepatan tinggi atau HSS yang dapat memotong semua bahan logam dan kayu bahkan fiberglass. Untuk mengebor material beton, bor ini biasanya terbuat dari paduan logam yang mengandung aluminium.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Sudah umum di kalangan teknik bahwa bor terbaik selalu diproduksi di Eropa, mengapa? Alasannya sederhana, tungsten, bahan baku utama pengeboran karbida, ditambang di sana dalam jumlah besar. Kecuali untuk bor buatan China, di mana terlalu banyak yang palsu, bentuk dan warnanya mungkin sangat mirip, tetapi kualitas dasar dari bahan baja kecepatan tinggi dipertanyakan. Jenis-jenis mata bor didasarkan pada bahannya

1. Baja – Mata bor Baja Karbon Rendah Lunak, yang sering ditemukan di toko perangkat keras, mungkin adalah yang termurah dari semua jenis bor. Karena harganya yang murah, bor ini harus sering diasah karena cepat tumpul. Biasanya untuk kayu lapis/multipleks dan bukan untuk kayu keras. Jika digunakan untuk kayu jati, akan memudar terlalu banyak.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Carbide Bit, Mata Bor Serbaguna, 1 Mata Bor Untuk Menembus/mengebor Berbagai Bahan Material, Besi, Baja, Tembok, Marmer, Ubin, Kayu, Kaca/gelas, Tajam, Tahan Aus/panas, Body Anti Slip Ukuran 6,8,10,12 Mm

2. Baja – Baja karbon tinggi Bahan ini lebih baik dari yang dibor di atas, lebih keras dan dapat digunakan untuk kayu dan besi.

3. Baja – Baja Kecepatan Tinggi (HSS) Bor baja HSS sangat keras dan lebih tahan panas, sangat cocok untuk kayu keras. Selain kayu, mata bor HSS juga bisa digunakan untuk besi/logam. Mata bor ini sangat mudah didapatkan, biasanya tersedia di toko perkakas, dan harganya lebih mahal dari kedua jenis kepala bor lainnya.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

4. Baja – paduan baja kobalt Sebenarnya, bahannya sama dengan HSS, hanya dengan kandungan kobalt yang lebih tinggi, membuatnya lebih sulit daripada bor HSS tradisional. Bor kobalt digunakan untuk bahan keras seperti besi dan baja tahan karat.

Mata Bor Pahami Perbedaan Jenis & Fungsinya

Alat kerja seperti bor adalah alat potong atau alat potong yang digunakan untuk membuat lubang pada bahan atau alat kerja. Mata bor tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk serta dapat membuat lubang yang berbeda pada bahan yang berbeda. Untuk membuat lubang biasanya dipasang mata bor atau mata bor pada mesin bor untuk memotong benda kerja, biasanya dengan cara putar. Mata bor dipegang oleh chuck holder di ujung atas bor, yang disebut batang atau rudder.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Mata bor besi jenis Gun Drill biasanya terbuat dari bahan bor karbida. Seperti namanya, bor ini dirancang untuk mengebor dan membuat lubang yang sangat dalam, seperti di laras atau silinder tumpul senjata api atau tabung injeksi komponen pneumatik.

Bor lengkap memiliki bagan ukuran untuk keran, biasanya tercantum dalam standar metrik, inci, atau Anglo-Saxon. Bor atau disebut juga mata bor juga digunakan untuk membuat lubang ulir untuk mur dan baut sesuai dengan ukuran tap yang diinginkan. Ada juga bor khusus yang bisa membuat lubang dengan penampang tidak bulat.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Set Mata Bor Rotari Pisau Untuk Kayu,5 Buah Mata Bor Kikir Kayu 1/4 Inci 6mm,peralatan Tukang Kayu

Alat bor, terutama yang berdiameter besar, juga dibuat dengan pelapis dan sisipan yang dapat diganti dan dilepas (dapat diindeks). Dalam hal ini, tepi bor terdiri dari bagian material terpisah yang dibrazing, dilas, atau dijepit ke badan alat. Bahan tip umum termasuk karbida semen, berlian polikristalin, dan boron nitrida kubik. Alat potong yang menggunakan coating atau insert antara lain end mill dan fly cutter atau cutting drill.

Mesin bor bervariasi dalam kecepatan, kekuatan, dan ukuran. Mesin bor di Indonesia kadang disebut mesin bor. Ada pelatihan kelistrikan, kompresor pneumatik dan pelatihan baterai. Bor tangan dan bor bangku atau tap biasanya menggunakan sistem bor shank dan chuck holding yang sama.

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Bor padat untuk mengebor lubang pada bahan abrasif seperti beton, semen, grafit, batu, keramik, asbes, dan komposit biasanya terbuat dari baja paduan HSS dengan sisipan aluminium keras. Yang berbeda dengan mata bor lainnya adalah ujung mata bor yang tajam adalah jenis sekop atau spade drill, dengan 4 ujung tajam pada mata pisaunya, dimiringkan 135° dengan dua ulir. Bor impak (bor palu) biasanya digunakan untuk bahan keras seperti pasangan bata (bata, beton dan batu) atau batu.

Perbedaan Bor Impact Dan Drill Dari Mesin Hingga Penggunaan

Pengeboran beton juga dikenal dengan bilah tajamnya, bilah silang yang dikembangkan terdiri dari telur utama dan tepi tambahan, memiliki sudut silang yang lebih besar dan tahan aus pada baja bertulang. Pegangan biasanya dari jenis yang berbeda karena dimaksudkan untuk digunakan dengan bor tangan besar seperti bor palu (berdiameter lebih dari 16 mm). Cocok untuk mesin bor lubang berperforma tinggi yang mendukung pengeboran tulangan cair dan kering pada beton bertulang. Namun, itu tidak cocok untuk memotong bahan

Beda Mata Bor Besi Dan Kayu

Perbedaan mata bor beton dan besi, mata bor besi dan kayu, perbedaan mata bor besi dan stainless, perbedaan mata bor kayu dan tembok, bedanya mata bor kayu dan besi, perbedaan mata bor kayu besi dan tembok, mata bor besi untuk kayu, perbedaan mata bor tembok dan besi, membedakan mata bor kayu dan besi, cara membedakan mata bor besi dan kayu, perbedaan mata bor kayu dan besi, perbedaan mata bor kayu besi dan beton

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button