Pendidikan

Benda Berbentuk Bola

Benda Berbentuk Bola – Sebenarnya jika menilik sejarah, perdebatan tentang mengapa benda langit dan bumi itu bulat sudah ada sejak lama, namun karena perdebatan ini baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di media sosial, ada kelompok yang mengklaim bahwa bumi sebenarnya datar. Ratusan tumisan instan pedas yang enak, tidak bulat seperti tahu, tidak bulat seperti cakram…wow

Ini mungkin pertanyaan yang aneh. kenapa bumi itu bulat? matahari bulat? bulan bulat? Mungkin masih banyak orang Indonesia yang bertanya-tanya kenapa bumi harus bulat seperti tahu goreng 500 buah. Tidak ada persegi, persegi, kubus, jajaran genjang atau kerucut?

Benda Berbentuk Bola

Benda Berbentuk Bola

Jika kita ingin tahu mengapa Bumi dan benda besar lainnya berbentuk bulat, pertama-tama kita harus mempelajari sejarahnya. Big Bang adalah teori yang memulai pembentukan alam semesta. Teori ini dimulai dengan Big Bang, atau Ledakan Besar, yang dimulai sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. Penangkapan eksplosif? Mungkinkah karena peristiwa ini, ketika semua objek meledak, mereka pecah menjadi bentuk acak atau berubah secara acak, bukan bulat? Itu benar. Memang, pada awalnya benda-benda angkasa tidak bulat seperti sekarang, tetapi bentuknya tidak beraturan atau acak.

Sebuah Benda Berbentuk Belahan Bola Dgn Panjang Diameter 18 Cm Volume Benda Tsb Adl

Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari pelajari proses pembentukan bintang dan planet Matahari, seperti bintang lainnya, terbentuk di awan gas molekuler yang terdiri dari 99% gas dan hanya 1% debu. Awan molekuler ini adalah awan padat. Matahari juga terbentuk dari awan serupa yang dikenal sebagai nebula matahari.

Benda Berbentuk Bola

Awan molekuler ini sebenarnya sangat stabil, tetapi runtuh di hadapan gangguan eksternal. Misalnya ledakan bintang mahakuasa atau gelombang kejut saat dua awan molekul bertabrakan. Saat runtuh, awan yang sebelumnya berbentuk tidak beraturan berubah bentuk. Momentum sudut mengubah bentuk awan yang tidak beraturan menjadi piringan yang berputar.

Ketika awan molekul runtuh, gas terakumulasi dan membentuk protobintang. Saat protobintang terbentuk, ia menarik lebih banyak bahan gas ke awan dan bergabung dengannya. Semakin banyak materi yang menarik, semakin besar gaya gravitasinya. Selama proses ini, protobintang berputar lebih cepat dan suhunya naik.

Benda Berbentuk Bola

Ejercicio De Lkpd Menemukan Luas Permukaan Bola

Proses ini berlanjut hingga protobintang memiliki energi yang cukup untuk memulai reaksi dengan membakar hidrogen menjadi helium. Dengan demikian, reaksi termonuklir diluncurkan yang melepaskan energi yang sangat besar. Ini adalah proses lahirnya bintang yang dikenal sebagai Matahari, yang merupakan 99,8% dari massa awan.

Sementara itu, piringan awan yang berisi debu dan gas tetap menjadi bahan pembentuk planet di sekitar bintang yang baru terbentuk.

Benda Berbentuk Bola

Ia bekerja seperti bintang. Partikel debu di piringan bergabung bersama untuk membentuk prekursor planet. Proses penggabungan ini jelas merupakan hasil dari fakta bahwa materi yang sudah ada sebelumnya memiliki massa dan semua benda bermassa memiliki gaya tarik. Ketika sebuah protoplanet terbentuk, ia terus menarik materi di sekitarnya. Semakin banyak materi yang ditarik, semakin besar massa planet, yang berarti semakin besar gaya gravitasinya.

Background Gumpalan Besar Bola Emas Dan Benda Lainnya, Ilustrasi 3d Balon Emas Berbentuk 65 Diisolasi Pada Latar Belakang Putih, Foto Fotografi Hd Latar Belakang Untuk Unduhan Gratis

Jadi mengapa bentuk bintang dan planet lebih bulat daripada persegi atau sebaliknya? Oke, singkatnya, itu sebabnya bintang dan planet berbentuk bulat seperti 500 kepala, bukan bujur sangkar atau segitiga.

Benda Berbentuk Bola

Gravitasi adalah daya tarik antara dua zat atau partikel. Gaya itulah yang membuat benda yang kita lempar jatuh ke tanah, bahkan apel. Apakah ada hubungan antara gravitasi dan bentuk bulat planet?

Apakah semua benda memiliki gravitasi? Jawabannya iya. Tapi jika bendanya kecil, gravitasinya juga kecil. Kembali ke alam semesta, karena benda luar angkasa sangat besar, dan gravitasinya juga besar, mereka menarik zat kecil di sekitar zat besar dan tumbuh lebih besar.Dalam proses ini, dibutuhkan waktu lama untuk membentuk lingkaran dan planet besar.

Benda Berbentuk Bola

Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Bola

Saat planet tumbuh, gravitasi cenderung menarik permukaannya menjadi bola. Namun sebenarnya tidak bulat, jika dilihat lebih dekat terlihat tonjolan seperti gunung, dan ada bangunan di atas tanah juga. Tetapi jika kita melihat dari jauh, dia akan melihat sekeliling.

Meskipun bumi tidak memiliki massa yang cukup untuk meratakan manusia dan gunung, ada batasan ukuran gunung karena kerak bumi harus mampu menopang bobot tersebut. Kita melihat ada pegunungan yang cenderung tinggi di Mars, planet yang gravitasinya 1/3 lebih kecil daripada di Bumi. Pada ketinggian 23.400 mdpl, terdapat Gunung Olympus, tiga kali tinggi Gunung Everest. Di sisi lain, di planet yang gravitasinya lebih besar dari Bumi, permukaannya lebih datar. Meski sangat besar, permukaan apa pun seperti lubang hitam akan tertarik padanya.

Benda Berbentuk Bola

Benda langit mengalami rotasi dan revolusi secara teratur, dan selama proses ini, energi yang dapat membentuk benda yang sebelumnya tidak beraturan menjadi bola atau elips muncul. Mungkin jika benda langit itu bergerak tidak beraturan/zigzag, maka bentuk bendanya juga tidak beraturan.

Bangun Ruang Bola Worksheet

Analoginya adalah kekekalan momentum sudut selama rotasi lubang es. Putar perlahan saat lengan Anda terulur dan kecepatan sudut Anda rendah. Namun, saat lengan ditarik ke arah tubuh, momen inersia berkurang dan kecepatan sudut bertambah.

Benda Berbentuk Bola

Berlatihlah di rumah. Ini adalah penjelasan sederhana mengapa benda langit seperti bintang dan planet berbentuk bulat dan bukan persegi atau segitiga. Mungkin akan lucu jika bumi yang kita tinggali berbentuk segitiga..lol Kalau penjelasan di atas masih kurang masuk akal, tanya pembuat tahu bulat kenapa tahu bulat dijual 500, tiba-tiba digoreng dengan bumbu dan rasanya enak Contoh benda bulat – dalam kehidupan dan kehidupan sehari-hari setiap orang terdapat benda tiga dimensi dengan sisi yang melengkung sempurna. Benda-benda ini disebut bola. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan memberikan contoh benda berbentuk bola yang ada di sekitar kita.

Bola itu sendiri adalah sosok geometris yang memiliki volume atau isi. Struktur ruang ini hanya memiliki satu sisi berbentuk busur yang berjarak sama dari titik pusat. Jarak dari titik pusat ke sisi kurva disebut jari-jari atau jari-jari.

Benda Berbentuk Bola

Sebuah Benda Berbentuk Belahan Bola Dengan Diameter 21 Cm Volume Adalah

Bola berbeda dengan ring. Dari kejauhan, bola tersebut benar-benar terlihat seperti lingkaran. Namun, bola memiliki volume, sedangkan lingkaran adalah bidang tanpa ketebalan. Contoh benda berbentuk bola yang umum dijumpai di rumah adalah bola lampu yang digunakan untuk penerangan.

Lihat kelereng, apakah berbentuk bola? Ya, kelereng adalah mainan anak kecil yang berbentuk bola. Hal ini dikarenakan benda ini hanya memiliki satu sisi lengkung dan memiliki volume. Untuk lebih memahami seperti apa bola itu, pertimbangkan karakteristik berikut:

Benda Berbentuk Bola

Setelah memahami bentuk ruang bola, berikut beberapa contoh benda berbentuk bola di rumah, di sekolah, dan di sekitar kita.

Hitunglah Jari Jari Dari Benda Berbentuk Bola Yang Volumenya 38.808 Cm³

Tahukah kamu apa itu benda berbentuk bola? Kemudian informasi tentang contoh benda berbentuk bola yang ada di sekitar kita. iStockDotted Bentuk Bulat Vintage Elemen Titik-titik Gradien Fading Titik-titik Dotwork Shading Dengan Efek Dot Collapse Halftone Grainy Tekstur Ilustrasi Vektor Kebisingan Putih Stok Ilustrasi – Unduh Gambar Sekarang

Benda Berbentuk Bola

Unduh Round Dot Object Vintage Stipple Element Gradient Fading Stipple Drawing Dotwork Dengan Dot Explode Effect Shading Halftone Grainy Texture White Noise Vector Illustration vektor ilustrasi sekarang. Dan temukan lebih banyak seni vektor bebas royalti dengan Babak Kualifikasi – grafik Acara tersedia untuk diunduh dengan cepat dan mudah di perpustakaan kami. Produk #:gm1473081279 $17.00 iStock

Objek titik bulat, elemen antik. Gradien kabur. Tanda baca, desain garis putus-putus, bayangan titik. Efek peluruhan halftone. Tekstur derau putih kasar. Stok Ilustrasi Vektor Ilustrasi…

Benda Berbentuk Bola

Benda Bertitik Berbentuk Bulat Elemen Stipple Gradien Memudar Stippling Gambar Dotwork Bayangan Menggunakan Titiktitik Disintegrasi Piksel Efek Halftone Tekstur Kasar White Noise Ilustrasi Vektor Ilustrasi Stok

Benda bertitik berbentuk bulat, elemen antik. Gradien Memudar. Tanda baca, desain garis putus-putus, bayangan titik. Efek peluruhan halftone. Tekstur derau putih kasar. Ilustrasi vektor.

Objek titik bulat, elemen antik. Gradien kabur. Tanda baca, desain dotwork, dot shading. Efek peluruhan halftone. Tekstur derau putih kasar. ilustrasi vektor

Benda Berbentuk Bola

Dengan lisensi bebas royalti, Anda membayar sekali untuk menggunakan gambar dan video berhak cipta Anda dalam proyek pribadi dan komersial untuk proyek yang sedang berjalan, daripada harus membayar ekstra setiap kali Anda menggunakan konten. Semua orang bisa mendapatkan keuntungan, jadi semuanya disediakan tanpa lisensi, termasuk gambar dan cuplikan dari semua acara Babak Kualifikasi di iStock.

Kumpulan Contoh Soal Statika

Lisensi bebas royalti adalah pilihan terbaik bagi siapa saja yang perlu menggunakan gambar stok secara komersial. Itu sebabnya setiap file di iStock bebas royalti, termasuk foto, ilustrasi, dan klip video.

Benda Berbentuk Bola

Semua aset di iStock sepenuhnya dapat diedit, diubah ukurannya, dan disesuaikan, termasuk gambar dan cuplikan dari acara apa pun yang valid, dari iklan media sosial hingga papan reklame, presentasi PowerPoint, dan film fitur. Dengan pengecualian foto “hanya untuk penggunaan editorial” (foto yang belum diedit yang hanya dapat digunakan dalam proyek editorial), kemungkinannya tidak terbatas.

© 2023 LP. Desain iStock adalah merek dagang dari LP. Jelajahi jutaan foto, ilustrasi, dan video berkualitas tinggi.

Benda Berbentuk Bola

Detail Contoh Benda Yang Berbentuk Bola Koleksi Nomer 21

Contoh benda berbentuk bola, benda benda yang berbentuk bulat, benda benda berbentuk kerucut, benda yang berbentuk balok, benda berbentuk segi empat, benda berbentuk lingkaran, benda berbentuk layang layang, benda berbentuk, benda benda berbentuk tabung, benda berbentuk balok, benda berbentuk segitiga, benda benda yang berbentuk

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button