Pendidikan

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Bentuk Raut Geometris Dan Organis – Nirmana adalah pengorganisasian atau penataan unsur-unsur seni rupa seperti titik, garis, warna, bidang, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai hasil dari hawa nafsu berupa nirmana dua dimensi/datar (dua dimensi) dan tiga dimensi (tiga dimensi) yang harus memiliki nilai estetika.

Nirmana (bentuk dasar) adalah ilmu yang mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan persepsi, ruang, bentuk, warna dan materi dua dimensi atau tiga dimensi. Unsur dasar bangun ruang dua dimensi adalah segitiga, persegi panjang, lingkaran, dan bangun organik, sedangkan unsur dasar bangun tiga dimensi adalah balok, prisma, bola, dan bangun tak beraturan.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Elemen utama dalam membuat gambar adalah gambar, melalui gambar orang dapat mengekspresikan imajinasi atau ide kreatifnya. Gambar adalah “bahasa” universal. Gambar telah menjadi sarana komunikasi selama berabad-abad, bahkan hingga saat ini di zaman modern. Gambar memiliki fungsi yang sangat berbeda-beda, agar sebuah gambar dapat berfungsi diperlukan unsur-unsur artistik yang dapat dipahami oleh semua orang.

Prinsip Prinsip Desain Visual

Ada beberapa unsur yang mendasari terbentuknya suatu bentuk seni, yaitu: titik, garis, bidang, bentuk, warna dan tekstur.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Titik merupakan unsur paling dasar (esensial) dalam seni rupa dua dimensi, dari suatu titik dapat dikembangkan menjadi garis atau bidang. gambar pada bidang gambar dimulai pada titik dan juga berhenti pada titik tersebut.

Garis adalah hasil dari garis dan batas sebenarnya dari objek, ruang, deret massa dan warna. Garis bisa panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, melengkung, bergelombang, vertikal, horizontal, diagonal, dll.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Kelas X Smk Seni Rupa 1 2

Bidang adalah bangun datar tanpa tebal, mempunyai dimensi panjang, lebar dan luas, mempunyai kedudukan, arah dan dibatasi oleh garis. Bentuk datar bisa geometris, organik, bersudut, tidak beraturan dan bulat.

Titik, garis, atau bidang menjadi bentuk saat terlihat. Sebuah titik, sekecil apapun, pasti memiliki bentuk, ukuran, warna dan tekstur. Bentuknya ada dua, yaitu:

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh cahaya pada mata, oleh karena itu warna tidak terjadi tanpa adanya cahaya. Setiap warna diciptakan oleh reaksi cahaya putih yang mengenai suatu permukaan dan permukaan itu memantulkan sebagian dari spektrum. Kehadiran warna-warna ini disebabkan oleh getaran cahaya putih. Sistem paling sederhana untuk mengetahui hubungan antar warna adalah susunan warna dalam bentuk roda warna.

Forum Diskusi Tema 1 Unsur Nirmana

Dari sekian banyak warna, dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yang sering disebut sistem warna sistem Prang yang ditemukan oleh Louis Prang pada tahun 1876 diantaranya :

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Tekstur adalah nilai taktil suatu permukaan, nyata dan semu, bisa halus, kasar, licin dan sebagainya. Berdasarkan hubungannya dengan indera penglihatan, tekstur dapat dibedakan menjadi dua, yaitu: Variasi ornamen geometris – Saat SMA, Grameds harus memiliki mata pelajaran budaya dan ada tugas membuat pola batik kan ? Jenis pola apa yang Grameds pilih saat menggambar pola batik? Apakah motif batik mega mendung atau kavung? Nah, motif batik sebenarnya merupakan bagian dari ragam hias yang identik dengan benda seni dan budaya.

Dalam hal ragam hias, ada berbagai jenis di nusantara yang banyak digunakan pada pakaian batik, rumah adat, dan senjata tradisional. Salah satu jenis ragam hiasnya adalah ragam hias geometris yang ternyata merupakan motif tertua dan sudah dikenal sejak zaman prasejarah! Bahkan mungkin saja Grameds sering menggambar subjeknya ketika dia sedang bersenang-senang dengan bentuk abstrak. Jadi, sebenarnya, apa itu dekorasi geometris? Jenis dekorasi apa yang ada? Bagaimana kaitannya dengan warisan budaya nusantara ini?

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Mengenal 8 Unsur Seni Rupa Serta Prinsip Dan Fungsinya

Ragam hias geometris ini termasuk dalam jenis ragam hias yang sudah tidak asing lagi bagi banyak orang Indonesia, khususnya dalam bidang seni. Ya, ornamen geometris dianggap sebagai motif tertua yang ada karena sudah dikenal sejak zaman prasejarah, yaitu sekitar zaman Yunani pada tahun 2000 SM.

Ornamen geometris ini merupakan bentuk ornamen yang berupa susunan garis, bentuk, dan bentuk yang biasa kita kenal dengan bidang geometris. Ada banyak jenis bidang geometri, mulai dari garis, bentuk bangunan, bentuk lengkung hingga lingkaran. Misalnya dalam hal garis ada garis lurus, garis zigzag atau garis lengkung. Kemudian untuk bentuk bangunan ada segitiga, lingkaran, bujur sangkar, prisma dan lain-lain. Hiasan ini sering disebut hiasan geometris, karena tidak jarang orang menggunakan elemen geometris yang terukur yaitu dengan alat berupa penggaris agar hasilnya lebih indah. Motif yang digunakan adalah motif bujursangkar, segitiga lengkung, lingkaran, meander, kelelawar, swastika, patras mesir “L/T” dan beberapa lilitan. Namun seiring berkembangnya zaman motif hias geometris juga berkembang, dapat dibedakan menjadi 6 motif yaitu motif swastika, motif kavung, motif pilin majemuk, motif tumpala dan motif pilin.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Adanya motif hias yang memiliki banyak variasi tentunya menjadi identitas khusus dari budaya daerah tertentu, sehingga sangat bermanfaat bagi para arkeolog dan sejarawan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi ragam motif hias di nusantara ini, yaitu:

Sketsa Dan Gambar 1 (1)

Sebagian besar motif hias yang terdapat di nusantara ini menggunakan motif hias flora dan fauna yang jarang ditemukan, karena kebanyakan berasal dari pengaruh asing. Misalnya: adanya motif hias berupa burung phoenix, naga, awan biru, hingga batu yang berasal dari kesenian Cina dan biasanya terdapat pada karya seni khas pulau Jawa bagian utara. Lalu ada motif bunga teratai yang berarti kelahiran, diambil dari seni Hindu India dan digunakan secara luas pada patung dan relief candi di Nusantara ini.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Kehadiran ragam hias dalam gaya apapun memang memberikan fungsi estetis bagi masyarakat. Tapi ternyata fungsi dekorasi bukan hanya fungsi estetika lho… Nah, berikut beberapa fungsi dekoratif bagi masyarakat:

Pada dasarnya, ketika ingin menggambar motif hias apapun termasuk ragam hias geometris, Anda harus memiliki aturan atau teknik sebagai berikut:

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Bentuk Geometris Dan Non Geometris, Materi Kelas 3 Sd Tema 3

Motif tumpal ini biasa digunakan dalam seni batik dan tenun. Bentuk motif ini pun bermacam-macam, mulai dari sulur tanaman yang melambangkan kesuburan hingga bentuk gunung yang melambangkan keteguhan dan kekuatan menahan bala. Contohnya adalah batik pesisir (berasal dari Indramayu) yang bersifat naturalistik untuk menunjukkan kuatnya pengaruh budaya asing dengan pilihan warna yang berbeda.

Grameds dapat menemukan keberadaan motif geometris ini di seluruh kepulauan Indonesia, terutama di bagian timur. Bentuk motif double twist ini hampir menyerupai huruf “S” atau sebaliknya. Motif ini bahkan diperkirakan sudah ada pada Kebudayaan Perunggu pada masa prasejarah atau biasa disebut dengan Kebudayaan Perunggu Eropa.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Penerapan motif ini banyak dijumpai pada kapak perunggu, ukiran kayu, dudukan perkakas dan perabot lainnya. Namun, motif ini tidak hanya diterapkan pada gantungan furnitur dan alat, tetapi juga pada batik, salah satunya yang biasa disebut motif Parang Rusak di Jawa Tengah.

Desain Grafis: Deddy Award Widya Laksana, M.pd

Motif geometris berliku-liku ini diyakini sudah ada sejak Zaman Perunggu dan kemudian menyebar ke berbagai wilayah, mulai dari Asia Tenggara, salah satunya Indonesia, Asia Timur, Eropa, hingga Yunani. Bentuk motif ini berupa garis dengan huruf “T” yang berdiri bergantian tegak dan terbalik. Bentuk motif lilitan ini hampir sama pada kesenian Tionghoa yaitu seolah-olah melayang seperti awan sehingga sering disebut ujung awan.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Namun keberadaan motif geometris ini tidak selalu berbentuk seperti itu, karena bisa juga berbentuk lingkaran yang nantinya akan diukir di kapal, khususnya di Papua bagian utara.

Motif geometris ini sudah ada sejak Zaman Perunggu di Eropa Barat biasa disebut swastika, sedangkan di Cina disebut swastika.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Desain Grafis. Disiplin Ilmu Desain Grafis Pengertian

. Motif swastika melambangkan perputaran bintang-bintang di angkasa, terutama matahari, yang juga merupakan tanda yang membawa kebahagiaan bagi manusia di bumi.

Motif kavung ini sering digambar siswa dalam tugas seni budaya, apakah Grameds salah satunya? Bentuk motif geometris ini berupa lingkaran-lingkaran yang disusun menutupi sebagian yang lain. Nama “kavung” berasal dari bahasa Jawa dan Sunda yang berarti “telapak”. Perhatikan bahwa ketika telapak tangan dipotong melintang, akan muncul empat biji.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Bentuk motif kavung ini sudah ada sejak zaman Hindu Jawa, misalnya pada kain yang selalu dikenakan Kertajaya sebagai raja pertama Kerajaan Majapahit.

Dwimatra Mas Adi

Berdasarkan penelitian pada artikel jurnal berjudul “Analisis Ragam Hias Rumah Adat Saoraja di Desa Binanga Karaeng Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang” oleh Al Mukarramah, ditemukan bahwa keberadaan ragam hias khususnya ragam hias geometris banyak diterapkan pada ragam hias Saoraja tradisional. . . rumah.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Grameds pasti tahu bahwa bentuk rumah adat Bugis ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rumah adat di Sumatera dan Kalimantan yang keduanya berbentuk rumah panggung. Namun pada rumah adat Bugis ini biasanya bentuknya lebih memanjang ke arah belakang, diikuti dengan penambahan bangunan di bagian samping dan depan rumah. Orang boogie biasa menyebut aksesoris ini lego-lego.

Dalam kehidupan sehari-hari, rumah adat Bugis ini dicirikan oleh status sosial orang-orang yang tinggal di dalamnya. Yaitu, ada rumah tradisional Saoraja (istana) dan Bola (rumah). Di rumah adat Saoraja, yang berarti rumah besar ini, biasanya tinggal raja dan keturunannya. Sedangkan rumah adat Bola sebagian besar dihuni oleh masyarakat biasa. Walaupun pada dasarnya kedua jenis rumah adat Bugis ini tidak memiliki perbedaan yang hakiki, kecuali pada ukuran dan ragam ornamen yang digunakan sebagai dekorasi penghias.

Bentuk Raut Geometris Dan Organis

Mengeksprsikan Unsur Unsur Desain

Ornamen geometris banyak dijumpai pada rumah adat Bugis yang berbentuk Saoraj, yang menjadi bukti bahwa keberadaan ornamen berfungsi untuk menunjukkan status sosial individu. Dekorasi geometris yang terdapat pada jendela berbentuk segitiga (cobo’-cobo’), wajik (cidu) dan bentuk hati. Selain itu, dapat ditemukan di gagangnya

Bentuk geometris, contoh gambar bentuk geometris, contoh bentuk motif hias geometris, contoh bentuk geometris, bentuk gambar geometris

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button