Pendidikan

Cara Penambahan Pecahan

Cara Penambahan Pecahan – Artikel ini ditulis bersama oleh Dav Jia. Dav Jia adalah tutor akademik dan pendiri LA Math Tutoring, sebuah perusahaan les privat yang berbasis di Los Angeles, California. Dengan pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun, Dave bekerja dengan siswa dari segala usia dan tingkat kelas dalam berbagai mata pelajaran, serta memberikan konseling penerimaan perguruan tinggi dan persiapan ujian untuk SAT, ACT, ISEE, dan banyak lagi. Setelah menerima nilai sempurna 800 dalam matematika dan 690 dalam bahasa Inggris, Dave menerima Beasiswa Dickinson ke University of Miami dan mengambil jurusan administrasi bisnis. Selain itu, Dave telah bekerja sebagai instruktur video online untuk perusahaan buku teks seperti Larson Texts, Big eas Learning, dan Big eas Math.

Penjumlahan dan pengurangan pecahan merupakan keterampilan yang penting. Pecahan banyak muncul dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pelajaran matematika, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Ikuti langkah-langkah ini untuk mempelajari cara menjumlahkan dan mengurangkan pecahan seperti, tidak seperti, campuran, atau tidak wajar. Teka-teki lain lebih mudah dipecahkan jika Anda sudah tahu satu cara!

Cara Penambahan Pecahan

Cara Penambahan Pecahan

Artikel ini ditulis bersama oleh Dav Jia. Dav Jia adalah tutor akademik dan pendiri LA Math Tutoring, sebuah perusahaan les privat yang berbasis di Los Angeles, California. Dengan pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun, Dave bekerja dengan siswa dari segala usia dan tingkat kelas dalam berbagai mata pelajaran, serta memberikan konseling penerimaan perguruan tinggi dan persiapan ujian untuk SAT, ACT, ISEE, dan banyak lagi. Setelah menerima nilai sempurna 800 dalam matematika dan 690 dalam bahasa Inggris, Dave menerima Beasiswa Dickinson ke University of Miami dan mengambil jurusan administrasi bisnis. Selain itu, Dave telah bekerja sebagai instruktur video online untuk perusahaan buku teks seperti Larson Texts, Big eas Learning, dan Big eas Math. Artikel ini telah dilihat 516.544 kali. Menjumlahkan Pecahan Sederhana dan Pecahan Campuran – Menjumlahkan pecahan adalah operasi matematika umum dalam soal tes. Nah, buat kamu yang masih belum paham cara menjumlahkan pecahan biasa dan pecahan campuran, baca artikel ini sampai selesai.

Ficha Online De Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Para Kelas 5

Secara umum, pecahan terdiri dari dua jenis, pecahan biasa dan pecahan kompleks. Pecahan sederhana adalah pecahan yang berisi angka dan desimal (a/b). Contoh pecahan biasa adalah 1/2, di mana 1 adalah pembilangnya dan 2 adalah penyebutnya.

Cara Penambahan Pecahan

Pecahan campuran adalah pecahan yang mengandung bilangan dan pecahan sederhana. Misalnya, ini adalah 1 2/3. Di mana 1 adalah bilangan bulat dan 2/3 adalah pecahan biasa. Setelah mengetahui bentuk-bentuk pecahan, sekarang saatnya membahas cara menghitung gabungan pecahan sederhana dan pecahan campuran.

Selain pecahan, ada beberapa hal yang perlu dipahami seperti; B. Cara menentukan nilai KPK dan menyederhanakan pecahan. Karena kedua hal tersebut sangat berguna saat menyelesaikan soal penjumlahan pecahan. Berikut penjelasannya

Cara Penambahan Pecahan

Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan

Langkah pertama dalam menjumlahkan pecahan adalah menyamakan penyebutnya. Namun, jika eksponennya sama, kita dapat menghitungnya secara langsung dengan menambahkan angka yang eksponennya konstan.

Oleh karena itu, jika nilai pecahan yang akan dijumlahkan berbeda, maka pecahan yang akan dijumlahkan harus sama terlebih dahulu, baru kemudian bilangan yang akan dijumlahkan harus sama. Untuk membuat pecahan dari bagian genap, kita dapat menggunakan LCM untuk menemukannya. Lihat contoh pertanyaan di bawah ini untuk informasi lebih lanjut.

Cara Penambahan Pecahan

Dalam soal ini, pecahan yang dijumlahkan memiliki nilai yang sama, jadi Anda perlu menjumlahkan angka untuk menyelesaikannya. Cara menghitung:

Cara Menjumlahkan Pecahan Campuran: 11 Langkah (dengan Gambar)

Dalam contoh #2, pecahan yang akan dijumlahkan memiliki nilai yang berbeda, jadi pertama-tama kita harus menyamakannya menggunakan KPK. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara Penambahan Pecahan

Pembagi dari pecahan yang dijumlahkan adalah 3 dan 5. Jadi, kita mencari KPK dari 3 dan 5 dan mencari KPK dari 3 dan 5 adalah 15. Untuk menyelesaikan pecahan yang berbeda, kami mengubah bagian pecahan menjadi: sama dengan mana 15. Prosesnya adalah sebagai berikut.

Untuk menghitung penjumlahan pecahan campuran, konsepnya sama dengan perhitungan penjumlahan pecahan biasa. Kita hanya perlu mengubah pecahan campuran menjadi pecahan sederhana lalu menjumlahkannya agar nilainya sama. Sederhanakan hasilnya jika memungkinkan.

Cara Penambahan Pecahan

Rumus Pecahan Campuran Yang Harus Kamu Pahami

Setelah diubah menjadi pecahan biasa, setiap pecahan memiliki varian yang berbeda, maka langkah selanjutnya adalah menyamakan pecahan menggunakan KPK.

Pembagi dari pecahan yang dijumlahkan adalah 2 dan 4. Jadi, kita mendapatkan KPK dari 2 dan 4, dan kita menemukan bahwa KPK dari 2 dan 4 adalah 4. Untuk menyelesaikan pecahan yang berbeda, kami mengubah bagian pecahan menjadi: angka yang sama, itu adalah 4 Prosesnya adalah sebagai berikut.

Cara Penambahan Pecahan

Untuk pecahan 9/4, penyebutnya tidak perlu diubah karena penyebutnya adalah 4. Setelah setiap pecahan diubah dan memiliki penyebut, langkah selanjutnya adalah menjumlahkan pembilangnya, dengan penyebut yang sama. .

Penjumlahan Pecahan Biasa Dan Pecahan Campuran

Tidak sulit, bukan? Oleh karena itu, beserta contoh soalnya akan dibahas cara menghitung penjumlahan pecahan sederhana dan pecahan campuran. Saya harap ini membantu.

Cara Penambahan Pecahan

Cara penambahan di excel, penambahan pecahan campuran, pengurangan dan penambahan pecahan, cara melihat penambahan followers instagram, cara penambahan daya listrik pln, penambahan pecahan, cara mengajukan penambahan daya listrik, cara penambahan pecahan campuran, cara penambahan daya listrik, cara penambahan followers instagram, cara penambahan bagasi lion air, cara pecahan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button