Pendidikan

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran – Menjumlahkan Pecahan Biasa dan Pecahan Campuran – Menjumlahkan pecahan adalah operasi aritmatika yang sering muncul dalam soal-soal ujian. Nah, buat kamu yang masih kesulitan menghitung operasi penjumlahan pecahan biasa dan pecahan campuran, simak artikel ini sampai selesai.

Pecahan umumnya dibagi menjadi dua jenis, pecahan biasa dan pecahan campuran. Pecahan biasa adalah pecahan yang memiliki pembilang dan penyebut (a/b). Contoh pecahan biasa adalah 1/2, di mana 1 disebut pembilang dan 2 disebut penyebut.

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Pecahan campuran adalah pecahan yang memiliki bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 1 2/3. Di mana 1 adalah bilangan bulat dan 2/3 adalah pecahan biasa. Setelah mengetahui bentuk pecahan, sekarang saatnya membahas cara menghitung penjumlahan pecahan biasa dan pecahan campuran.

Pembagian Pecahan Biasa Dan Pecahan Campuran

Pada penjumlahan pecahan juga terdapat materi yang harus dipahami, diantaranya cara menentukan nilai KPK dan cara menyederhanakan pecahan. Karena kedua kegunaan tersebut sangat berguna untuk mengerjakan soal penjumlahan pecahan. Ini penjelasannya.

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Langkah pertama dalam menjumlahkan pecahan adalah menyamakan penyebutnya. Namun, jika penyebutnya sama, kita dapat menghitungnya langsung dengan menjumlahkan pembilangnya sambil menjaga agar penyebutnya tetap.

Jadi, jika pecahan yang ditambahkan memiliki penyebut yang berbeda, samakan penyebutnya terlebih dahulu, lalu jumlahkan pembilangnya. Untuk menyamakan penyebut suatu pecahan, kita dapat mencarinya menggunakan KPK. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh soal di bawah ini.

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Cara Kilat Operasi Hitung Pecahan Jumlah Kurang Kali Bagi

Dalam contoh soal ini, pecahan yang dijumlahkan memiliki penyebut yang sama, jadi untuk menyelesaikannya kita perlu menjumlahkan pembilangnya. Berikut cara menghitungnya:

Pada contoh nomor 2, pecahan yang dijumlahkan memiliki penyebut yang berbeda, jadi kita harus menyamakan penyebutnya terlebih dahulu menggunakan KPK. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Penyebut dari pecahan yang dijumlahkan adalah 3 dan 5. Jadi, kita mencari KPK dari 3 dan 5, dan kita menemukan bahwa KPK dari 3 dan 5 adalah 15. Untuk menyelesaikan pecahan dengan penyebut berbeda, kita mengubah penyebut pecahan tersebut. harus sama yaitu 15. Caranya adalah sebagai berikut:

Menjumlahkan Dan Mengurangkan Dua Pecahan Campuran​

Menghitung jumlah pecahan campuran sebenarnya konsepnya sama dengan menghitung jumlah pecahan biasa. Hanya saja kita harus mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan menjumlahkannya dengan membuat penyebutnya sama. Jika memungkinkan, sederhanakan hasilnya.

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Setelah mengubahnya menjadi pecahan biasa, setiap pecahan tampaknya memiliki penyebut yang berbeda, jadi langkah selanjutnya adalah menyamakan penyebut pecahan menggunakan KPK.

Penyebut dari pecahan yang dijumlahkan adalah 2 dan 4. Jadi, kita mencari KPK dari 2 dan 4, dan kita menemukan bahwa KPK dari 2 dan 4 adalah 4. Untuk menyelesaikan pecahan dengan penyebut berbeda, kita mengubah penyebut pecahan tersebut. harus sama yaitu 4. Caranya adalah sebagai berikut :

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Cara Mudah Penjumlahan Pecahan Biasa

Untuk pecahan 9/4 tidak perlu mengubah penyebutnya karena penyebutnya sudah 4. Setelah setiap pecahan diubah dan memiliki penyebut yang sama, langkah selanjutnya adalah menjumlahkan pembilangnya dengan penyebut yang sama.

Bagaimana, tidak terlalu sulit? Demikian pembahasan cara menghitung penjumlahan pecahan biasa dan pecahan campuran beserta contoh soalnya. Semoga ini membantu.

Cara Penjumlahan Pecahan Campuran Dengan Pecahan Campuran

Penjumlahan pecahan campuran dengan pecahan campuran, penjumlahan pengurangan pecahan campuran, cara penjumlahan pecahan campuran, pecahan campuran penjumlahan, contoh penjumlahan pecahan campuran, soal penjumlahan pecahan campuran, cara cepat penjumlahan pecahan, penjumlahan pecahan campuran dengan persen kelas 5, cara menghitung penjumlahan pecahan, cara menghitung penjumlahan pecahan campuran, penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran, cara penjumlahan pecahan biasa dengan pecahan campuran

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button