Pendidikan

Contoh Diagram Garis

Contoh Diagram Garis – Seperti yang Anda ketahui, penyajian data dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menyajikan data dalam bentuk grafik.

Menyajikan data dalam bentuk bagan ini sebagai sarana penyajian informasi statistik, yang dapat berupa gambar atau simbol.

Contoh Diagram Garis

Jadi, diagram itu sendiri adalah rangkaian gambar yang menampilkan data secara visual dan didasarkan pada pengamatan awal, serta nilai dari tabel yang telah disusun sebelumnya.

Penyajian Data Tunggal

Penyajian data dalam bentuk grafik dirancang untuk memudahkan dan mempercepat pengguna mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.

Secara umum penyajian data dalam diagram yang paling umum digunakan adalah menyajikan data dalam bentuk diagram garis, lingkaran, garis dan pohon.

Juga dikenal sebagai diagram garis atau diagram batang, dilengkapi dengan informasi visual dalam bentuk persegi panjang dengan lebar dan skala atau ukuran yang sama.

Bagan pai adalah representasi visual dari informasi dalam bentuk lingkaran, dibagi menjadi beberapa bagian (sektor) yang berbeda menurut data.

Coba Kamu Gambarkan Contoh Grafik Dan Berikan Penj

Dan setiap sektor mendeskripsikan kategori data yang pertama kali diubah menjadi level menggunakan tapak, yang dinyatakan sebagai persentase.

Penyajian data berbasis lingkaran dalam bentuk pie chart, dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah kelas persiapan.

Menampilkan data dalam diagram lingkaran sangat ideal untuk data dalam bentuk atribut dalam kategori atau persentase.

Bagan garis adalah data visual dalam bentuk garis yang ditarik dari segmen garis berbeda yang menghubungkan titik berbeda dalam bidang angka.

Pustakademik: Penyajian Data

Representasi data dalam diagram garis biasanya digunakan untuk menunjukkan keadaan data yang kontinyu atau terputus-putus.

Seperti halnya bagan garis, bagan garis memerlukan sumbu horizontal dan juga sumbu vertikal yang saling tegak lurus.

Diagram pohon dimulai dengan satu elemen dengan dua atau lebih cabang, setiap cabang kemudian bercabang menjadi dua atau lebih, dan mirip dengan pohon dengan banyak batang dan cabang.

Representasi data dalam diagram pohon biasanya digunakan untuk membagi komponen menjadi bagian-bagian yang lebih kecil atau tingkatan yang lebih rendah dan lebih detail.

Presentasi Diagram Lambang

Pada dasarnya, jika dilihat sepintas, penyajian informasi dalam bentuk ikon tampak sangat menarik. Namun, penggunaan ikon sangat terbatas.

% siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler drama yaitu = 100% – (12% + 20% + 30% + 10% + 13%)

Diketahui pada tahun 2006 terdapat data jumlah TV berwarna yang terjual setiap bulannya pada sebuah toko elektronik di Setiawan Putra :

Demikian ulasan singkat yang dapat kami sampaikan kali ini. Semoga ulasan di atas bisa dijadikan sebagai bahan kajian.. Cara membuat diagram batang dan contoh soal – Anda bisa melakukannya dalam bentuk diagram untuk menyajikan data. Bagan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk bagan batang, bagan pai, dan bagan garis.

Diagram Lingkaran (pie Graph, Ring Graph, Adjection Graph, Spoke Graph Dan Diagram Melingkar)

Nah, kali ini kita akan membahas tentang bar chart. Seperti apa diagram batang itu dan bagaimana cara membuatnya? Apakah langkah-langkah membuat bagan garis sama dengan bagan garis? Lihat pembahasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Diagram garis adalah diagram yang menyajikan data dalam bentuk garis-garis, yang terdiri dari titik-titik koordinat yang dihubungkan oleh garis. Alur garis pada diagram garis merupakan titik pertemuan antara titik koordinat x dan y. Di sini, titik koordinat x adalah penunjuk horizontal, dan titik koordinat y adalah penunjuk vertikal.

Grafik garis biasanya digunakan untuk menyajikan data yang diambil secara berkala selama periode waktu tertentu. Fungsi utama diagram batang adalah untuk menentukan perkembangan atau pertumbuhan sesuatu secara stabil.

Misalnya pertumbuhan berat badan bayi dari bulan ke bulan, perkembangan hasil belajar siswa dan perkembangan imbal hasil dari tahun ke tahun. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara membuat diagram batang.

Statistika Latihan Soal Diagram: Median Dan Modus Mengumpulkan Data

Membuat bagan garis hampir identik dengan bagan batang karena menggunakan sumbu vertikal dan sumbu horizontal dengan perpotongan vertikal. Pada umumnya sumbu horizontal digunakan untuk merepresentasikan periode waktu, sedangkan sumbu vertikal merepresentasikan nilai/hasil pengamatan.

Setiap pasangan nilai antara sumbu vertikal dan sumbu horizontal diwakili oleh titik yang mirip dengan titik yang digunakan dalam diagram Cartesian. Titik-titik tersebut kemudian dihubungkan satu per satu dengan garis lurus, sehingga membentuk grafik yang mudah dibaca.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah cara membuat grafik garis lurus. Langkah-langkah untuk membuat diagram garis dari tabel atau kumpulan data yang diberikan adalah sebagai berikut:

Berikut adalah tabel rata-rata nilai ujian nasional matematika kelas 6 SD selama 5 tahun terakhir:

Statistika │matematika Kelas 7

Setelah membuat grafik batang, tentunya kita juga harus bisa membacanya. Untuk membaca diagram batang, baca judulnya terlebih dahulu. Jika membaca judulnya, kita tahu persis informasi apa yang disajikan. Kemudian menarik kesimpulan dari informasi yang diberikan.

Melihat contoh diagram batang di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata ujian nasional matematika kelas 6 meningkat dari tahun 2016 ke tahun 2018. Kemudian pada tahun 2019 turun sedikit. Namun, terjadi peningkatan tajam di tahun 2020, mencapai 9,3 poin. .

80 70 60 50 Jumlah Karyawan Wanita 40 Pria 30 20 10 SD SLTP SMA D-3 S-1 S-2

7 Diagram Garis Diagram garis adalah grafik data berupa garis-garis yang terdiri dari beberapa ruas garis yang menghubungkan titik-titik pada bidang Cartesian.

Buat Diagram Garis Yang Memukau & Gratis

10 Bagan pai adalah bagan pai dari data yang dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan persentase data yang diwakili objek tersebut.

12 1. Untuk menggambar diagram lingkaran, pertama-tama tentukan sudut setiap sektor yang diwakili oleh setiap aksesori komputer. Jumlah penjualan aksesoris komputer tahun 2003 = = Contoh : Penjualan monitor tahun 2003 Monitor = x =

13 2. Untuk memplot pie chart sebagai persentase, cari dulu persentase masing-masing aksesori komputer pada tahun 2003 dan 2004 seperti pada tabel di bawah ini:

15 KESIMPULAN Menyajikan Data dalam bentuk Bar Chart, Pie Chart, dan Bar Chart Menyajikan data dalam bentuk bagan lebih mudah dipahami daripada dalam bentuk tabel. Kegunaan memberikan informasi dalam kehidupan sehari-hari, misalnya informasi tentang pertumbuhan penduduk di daerah tertentu.

Macam Macam Diagram, Pengertian, Fungsi, Dan Kelebihannya

Agar situs web ini berfungsi, kami mencatat data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami.

Diagram garis statistika, diagram garis, penyajian data dalam bentuk diagram garis, contoh gambar diagram garis, contoh diagram garis beserta penjelasannya, contoh data diagram garis, contoh soal diagram kotak garis, contoh diagram kotak garis, diagram satu garis instalasi listrik, contoh soal diagram garis, diagram garis tunggal, contoh soal diagram garis dan jawabannya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button