Pendidikan

Contoh Soal Trapesium

Contoh Soal Trapesium – Trapesium adalah segiempat dengan sepasang sisi sejajar. Bentuk datar ini mudah dikenali dari perbedaan panjang kedua sisinya sehingga tampak diagonal.

Dibandingkan dengan bujur sangkar, segitiga, dan lingkaran, trapesium merupakan bentuk yang jarang terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ruang datar ini sering muncul dalam soal matematika.

Contoh Soal Trapesium

Ada berbagai jenis trapesium, yaitu trapesium sama kaki, trapesium tidak beraturan, dan persegi panjang. Akan tetapi pembahasan kali ini akan difokuskan pada materi trapesium siku-siku, mulai dari rumus luas, rumus keliling, dan contoh soal dan jawaban.

Rumus Luas Trapesium

Sebelum membahas lebih lanjut tentang rumus trapesium yang tepat, Anda harus terlebih dahulu mendefinisikan apa itu trapesium. Trapesium adalah bentuk bidang yang terdiri dari empat sisi, dua di antaranya sejajar satu sama lain tetapi tidak sama panjang.

Trapesium adalah jenis segiempat yang memiliki simetri putar. Contoh benda berbentuk trapesium yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah perahu, tas tangan, keranjang, pot bunga, dan layang-layang.

Mengutip Easy Outline Geometry dari Schaum oleh Barnett Rich, alas trapesium memiliki sisi yang sejajar sedangkan kakinya memiliki sisi yang tidak sejajar. Jumlah sudut trapesium yang berdekatan adalah 180 derajat.

Seperti disebutkan, trapesium datang dalam berbagai bentuk. Setiap jenis trapesium memiliki sifat dan karakteristik yang berbeda. Berikut penjelasannya:

Rumus Jumlah Panjang Sisi Sejajar Pada Trapesium, Jika Diketahui Tinggi Dan Luas Trapesium

Trapesium sama kaki memiliki sepasang sisi yang sama dan memiliki satu simetri rakitan dan satu simetri putar. Trapesium sama kaki memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

Trapesium siku-siku adalah jenis trapesium yang salah satu sudutnya siku-siku (90 derajat). Sifat-sifat trapesium persegi panjang adalah sebagai berikut:

Sesuai namanya, setiap trapesium atau trapesium tidak beraturan adalah trapesium dengan sisi dan bentuk yang tidak sama. Namun, setiap trapesium masih memiliki sepasang sisi yang sejajar.

Pada dasarnya, pola trapesium yang benar sama seperti pola trapesium lainnya. Dikutip dari buku Rumus Matematika Sekolah Menengah Kartu Ajaib karya Ifni Muhrman, rumus luas trapesium dapat dicari menggunakan rumus di bawah ini:

Trapesium: Pengertian, Jenis Jenis, Sifat, Rumus Dan Contoh Soal

Rumus di atas dapat diterapkan untuk semua jenis trapesium, baik persegi panjang, sama kaki, maupun tidak beraturan. Namun dalam beberapa kasus, terutama dengan trapesium sama kaki dan trapesium tidak beraturan, Anda perlu menentukan tingginya terlebih dahulu. Maka Anda bisa menggunakan rumus.

Untuk menghitung tingginya, bagilah trapesium menjadi persegi panjang dan segitiga. Misalnya, persegi panjang direpresentasikan dengan CDPQ sedangkan segitiga direpresentasikan dengan CPF dan DQE.

Perhatikan contoh soal di bawah ini untuk memahami cara menentukan luas trapesium tegak dan cara mencari tinggi segitiga sama kaki dan segitiga sama kaki tidak beraturan.

Seperti dikutip dari Buku Pintar SD/MI 5 in 1 karya Joe Ontoro, seperti yang telah dijelaskan, rumus luas trapesium adalah ½ x jumlah panjang sisi sejajar x tingginya. Pada gambar di atas, panjang AB 7 cm, panjang AD 4 cm, panjang CD 4 cm, dan panjang BC 5 cm.

Rumus Trapesium Lengkap Dan Contoh Soal

Diketahui sebuah trapesium memiliki sisi sejajar 10 cm dan 12 cm serta tinggi 8 cm. Berapa luas trapesium? Untuk mencari luas trapesium, gunakan rumus berikut.

Diketahui sebuah trapesium memiliki luas 75 cm dan sisi sejajar 7 cm dan 8 cm. Berapa tinggi trapesium?

Trapesium ABCD memiliki panjang sisi sejajar masing-masing 30 cm dan 14 cm. Berapa luas trapesium jika tingginya 8 cm?

Sisi sebuah trapesium adalah 6 cm dan 8 cm. Berapakah tingginya jika luasnya 21 cm2?

Simak Cara Mudah Menghitung Luas Trapesium, Lengkap Beserta Soal Dan Pembahasan

Temukan luas trapesium siku-siku yang sisi sejajarnya memiliki panjang 5 cm dan 8 cm dan tinggi 4 cm!

Untuk mengetahui rumus luas trapesium, Anda juga perlu memahami rumus kelilingnya. Berdasarkan informasi yang diadaptasi dari buku Rumus Matematika Sekolah Menengah Kartu Ajaib karya Ifni Muharman, rumus keliling trapesium dapat diperoleh dengan menggunakan rumus berikut:

Menemukan keliling trapesium sedikit lebih mudah daripada luas trapesium. Ini karena Anda hanya menambahkan semua sisinya. Meskipun mudah, Anda tetap perlu berlatih menggunakan contoh keliling trapesium berikut.

Dikutip dari Genius Math Kelas 5 SD oleh Sutrisana, cara menentukan keliling sudut siku-siku adalah sebagai berikut:

Rumus Trapesium Siku Siku: Keliling, Luas, Dan Contoh Soalnya

Untuk menentukan keliling trapesium siku-siku di atas, kamu bisa mengamati panjang setiap sisi trapesium siku-siku. Sudut trapesium di atas adalah ABCD.

Jika Anda ingin menghitung keliling, rumus keliling trapesium siku-siku adalah AB+BC+CD+AD panjang sisi-sisinya. Jadi jawaban dari keliling trapesium kanan di atas adalah:

Sisi AB = 3 cm, BC = 8 cm, DC = 10 cm, DA = 9 cm. Berapa keliling trapesium?

Sebuah trapesium memiliki sisi EF = 2 cm, FG = 7 cm, GH = 9 cm, dan HA = 8 cm. Berapa keliling trapesium?

Hitunglah Luas Luas Trapesium Berikut Pada Gambar Di Bawah Ini!

Sisi-sisi trapesium ABCD adalah AB = 32 cm, BC = 27 cm, CD = 19 cm dan DA = 18 cm. Temukan keliling trapesium:

Setiap trapesium memiliki sisi AB = 4 cm, BC = 5 cm, CD = 6 cm, dan DA = 3 cm. Jadi apa itu perimeter?

Dengan cara ini, Anda dapat menentukan keliling dan luas trapesium siku-siku. Untuk pemahaman yang lebih baik, Anda dapat berlatih dengan soal matematika serupa lainnya dan menggunakan rumus trapesium yang benar di atas. Semoga beruntung! Contoh Soal dan Jawaban Trapesium – Setelah sebelumnya membahas secara lengkap apa itu bentuk trapesium, kali ini kita akan lanjut membahas beberapa contoh soal dan jawaban trapesium.

Contoh pembahasan soal trapesium berikut ini berisi kumpulan soal yang berbeda-beda, mulai dari soal mudah hingga soal plot, yang akan dibahas secara lengkap dan cara penyelesaiannya.

Rumus Keliling Trapesium Dan Contoh Soal [lengkap]

Tujuan dari mempelajari soal-soal tersebut diharapkan dapat memahami dengan benar rumus luas dan keliling trapesium. Untuk memudahkan saat mengerjakan soal dalam ulangan atau ujian nasional.

Sebelum kita membahas contoh soal tentang trapesium, mari kita ulas beberapa rumus trapesium, seperti rumus menghitung luas dan keliling trapesium, serta rumus menghitung tinggi trapesium. Di bawah ini adalah rumus perhitungan trapesium.

Setelah mengulas tentang rumus trapesium, silahkan perhatikan contoh soal dibawah ini yang membahas tentang luas trapesium, keliling trapesium, dan tinggi trapesium dengan variasi jawaban dan pembahasan soal.

1. Sebuah trapesium memiliki sisi sejajar masing-masing 10 cm dan 12 cm serta tingginya 8 cm, luas trapesium tersebut adalah :

Trapesium: Jenis, Rumus Keliling & Luas, Contoh Soal

2. Luas sebuah trapesium adalah 300 cm². Jika panjang sisi-sisi yang sejajar masing-masing 20 cm dan 40 cm, maka tinggi trapesium adalah :

4. Sebuah pelataran adalah sebuah trapesium berbentuk persegi panjang dengan dua sisi sejajar dengan panjang 8 m dan 12 m dan tinggi 10 m. Jika harga per m² tanah adalah Rp 100.000, berapakah harga seluruh tanah tersebut?

Demikian pembahasan beberapa contoh beserta jawaban soal trapesium dan langkah-langkah penyelesaiannya. Semoga bermanfaat untuk memahami rumus matematika bangun datar. Rumus menghitung luas trapesium – Saat membahas bentuk bidang, ada beberapa jenis segiempat. Diantaranya adalah persegi, persegi panjang, belah ketupat, layang-layang, trapesium dan jajaran genjang. Saat menghitung luas, setiap segi empat memiliki rumus yang berbeda. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang rumus menghitung luas trapesium beserta contoh soal pembahasannya.

Namun sebelum membahas lebih jauh rumus luas trapesium, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu trapesium, apa saja ciri-ciri trapesium, dan apa saja jenis-jenis trapesium, agar lebih mudah menerapkan rumus tersebut pada contoh soal. . akan diberikan di bawah ini.

Rumus Bangun Datar

Trapesium adalah bangun datar dua dimensi yang memiliki 4 sisi, yaitu 2 sisi sejajar dengan panjang berbeda dan 2 sisi lainnya. Trapesium memiliki setidaknya satu sudut tumpul di puncaknya.

Untuk membedakan trapesium dengan segiempat lainnya, kita perlu memahami sifat-sifat trapesium, antara lain:

Trapesium arbitrer adalah jenis trapesium yang keempat sisinya tidak sama panjang. Jadi tidak ada sudut siku-siku pada titik sudut. Trapesium ini tidak memiliki simetri lipat melainkan simetri putar.

Trapesium sama kaki adalah jenis trapesium yang memiliki sepasang sisi sama panjang dan dua sudut tumpul sama besar. Trapesium ini memiliki simetri 1 kali lipat dan simetri 1 kali lipat.

Rumus Luas Dan Keliling Trapesium Beserta Contoh Soal

Trapesium siku-siku adalah jenis trapesium yang memiliki dua sudut siku-siku di puncaknya. Trapesium ini tidak memiliki simetri lipat melainkan simetri putar.

Setelah memahami penjelasan bangun trapesium secara lengkap di atas, kita akan lanjut mempelajari beberapa contoh rumus dan pembahasan soal menghitung luas trapesium.

Luas trapesium adalah ukuran luas yang dibatasi oleh sisi-sisi trapesium. Rumus untuk menghitung luas trapesium adalah tinggi trapesium dikalikan dengan setengah jumlah panjang sisi-sisinya yang sejajar.

Satuan luas adalah satuan luas persegi panjang (pangkat 2), seperti meter persegi (m²), desimeter persegi (dm²), sentimeter persegi (cm²), milimeter persegi (mm²), dan seterusnya.

Mengenal Sifat Dan Ciri Ciri Trapesium

1. Panjang sisi-sisi sejajar sebuah trapesium adalah 8 cm dan 10 cm. Jika tinggi trapesium 5 cm, tentukan luas trapesium tersebut!

3. Diketahui luas trapesium adalah 250 cm². Jika panjang dua sisi sejajar 20 cm dan 30 cm, tentukan tinggi trapesium!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button