Pendidikan

Diagram Garis Adalah

Diagram Garis Adalah – Cara Membuat Bagan Garis dan Contoh Soal – Anda dapat menggunakan bagan untuk menampilkan data. Bagan tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk bagan batang, bagan pai, dan bagan garis.

Nah, kali ini kita akan membahas tentang tabel ranking. Apa itu diagram garis dan bagaimana cara menggambarnya? Apakah proses pembuatan bagan garis sama dengan pembuatan bagan batang? Lihat pembahasan di bawah ini untuk jawabannya.

Diagram Garis Adalah

Diagram Garis Adalah

Bagan garis adalah bagan tampilan data berupa garis dengan titik-titik koordinat yang dihubungkan oleh garis. Garis alir grafik garis adalah perpotongan titik x dan y. Titik koordinat x adalah penunjuk horizontal dan titik koordinat y adalah penunjuk vertikal.

Kritik: Ulas Tuntas Grafik

Bagan garis sering digunakan untuk menampilkan data yang tersedia selama periode waktu tertentu. Fungsi utama dari grafik garis adalah untuk menentukan kemajuan atau pertumbuhan sesuatu yang permanen.

Diagram Garis Adalah

Misalnya kenaikan berat badan anak setiap bulan, pertambahan jumlah dan perkembangan produk setiap tahun. Selanjutnya, kami akan menjelaskan cara membuat diagram garis.

Membuat bagan garis mirip dengan bagan batang karena menggunakan sumbu vertikal dan sumbu horizontal yang berpotongan secara horizontal. Pada umumnya sumbu horizontal digunakan untuk menunjukkan periode waktu, sedangkan sumbu vertikal menunjukkan nilai/hasil pengamatan.

Diagram Garis Adalah

Visualisasi Data Dan Macam Macam Grafik Dalam Statistika

Setiap nilai antara sumbu vertikal dan sumbu horizontal diwakili oleh titik yang sama seperti yang digunakan dalam bagan Cartesian. Titik-titik ini kemudian dihubungkan dengan garis lurus untuk membuat grafik yang mudah dibaca.

Untuk lebih jelasnya berikut ini penjelasan cara membuat diagram garis yang tepat. Langkah-langkah untuk membuat tabel baris dari tabel atau database tertentu adalah sebagai berikut:

Diagram Garis Adalah

Berikut adalah grafik rata-rata hasil ulangan nasional matematika kelas 6 selama 5 tahun terakhir:

Bagaimana Cara Menyajikan Data Dalam Bentuk Diagram Garis?

Setelah membuat tabel satu baris, tentunya kita juga perlu membacanya. Untuk membaca daftar isi, bacalah judulnya terlebih dahulu. Dengan membaca judulnya, kita tahu persis data apa saja yang disajikan. Kemudian menarik kesimpulan dari data yang disajikan.

Diagram Garis Adalah

Melihat grafik garis di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata ujian nasional matematika tahun 6 meningkat dari tahun 2016 ke tahun 2018. Kemudian menurun sedikit di tahun 2019. Namun meningkat sangat tinggi mencapai 9 poin di tahun 2020.

Diagram satu garis, contoh data diagram garis, contoh diagram kotak garis, gambar diagram garis, diagram batang garis, diagram garis ukuran sepatu, diagram garis statistika, diagram garis, diagram garis tunggal, contoh diagram garis, diagram kotak garis, soal diagram garis

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button