Alat musik tradisional

Download Alat Musik Tradisional

Download Alat Musik Tradisional – Alat Musik Tradisional – Melihat banyaknya alat musik tradisional yang ada di Indonesia, maka bisa disimpulkan bahwa negara ini kaya akan budaya. Tidak hanya alat musik, setiap daerah juga memiliki lagu daerah, pakaian adat dan tarian khas daerah tersebut. Bisa dibilang Indonesia adalah gudangnya kesenian tradisional yang masih bertahan hingga saat ini.

Melihat fakta di atas, kita patut bangga menjadi bagian dari Indonesia. Namun sangat disayangkan generasi sekarang lebih memilih budaya asing daripada budaya lokal. Dapat dikatakan masih sedikit masyarakat yang memiliki pengetahuan tentang alat musik daerahnya. Main main aja namanya masih banyak orang yang belum tahu.

Download Alat Musik Tradisional

Download Alat Musik Tradisional

Seperti yang Anda ketahui, Indonesia memiliki lebih dari 33 provinsi, dimana setiap provinsi memiliki alat musik dan kesenian yang berbeda-beda. Jika dihitung, sebenarnya ada ratusan jenis alat musik tradisional di Indonesia, namun hanya sedikit yang diketahui.

Alat Musik Tradisional Aceh

Bagi yang peduli dengan kesenian tradisional, sebaiknya mengetahui nama dan jenis alat musik tradisional Indonesia agar dapat mewariskan kekayaan budaya nenek moyang. Dibawah ini adalah beberapa daftar alat musik khas daerah beserta daerah asalnya.

Download Alat Musik Tradisional

Serune Kalee adalah alat musik tradisional dari daerah Aceh. Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup, karena penggunaannya hampir seperti seruling. Serune mengeluarkan suara jenis aerophone untuk menyesuaikan suara yang keluar dari instrumen ini dengan cara membuka tutup lubang pada bagian Serune dengan pola tertentu.

Alat musik ini cukup populer di kalangan masyarakat, dan sering diadakan konser dengan angkung sebagai pengiring musik. Angklung adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu dengan ukuran tertentu, cara memainkannya adalah dengan digoyangkan sehingga dihasilkan bunyi dengan cara memukul bambu tersebut.

Download Alat Musik Tradisional

Example Of Educational Mobile App For Angklung Traditional Music…

Berikutnya adalah alat musik dari daerah Minangkabau Sumatera Barat, tepatnya Saluang. Alat musik ini merupakan jenis alat musik kuningan yang terbuat dari bambu dan menghasilkan bunyi jenis aerophone. Saluang hampir seperti seruling bambu biasa, hanya alat musik tradisional ini lebih sederhana yaitu hanya memiliki sekitar 4 lubang di tengahnya. Tujuan dibuatnya lubang ini adalah untuk mengatur suara yang berasal dari alat musik ini.

Aramba adalah sejenis alat musik tradisional yang terbuat dari tembaga, kuningan atau logam. Alat musik ini berasal dari daerah Sumatera Utara, biasanya alat musik ini dimainkan oleh penduduk setempat pada saat pernikahan atau acara adat lainnya.

Download Alat Musik Tradisional

Alat musik ini dimainkan dengan perkusi. Bentuk aramba bulat dengan tonjolan bulat kecil di tengahnya. Aramba biasanya digantung dengan tali dari tiang horizontal.

Free Music Google Slides Themes And Powerpoint Templates

Gambus adalah alat musik petik yang merupakan alat musik khas dari daerah Riau. Instrumen ini menghasilkan suara tipe Kordofun. Cara memainkannya mirip dengan gitar yaitu fingerpicking. Alat musik ini identik dengan Islam, konon alat musik ini digunakan sebagai sarana dakwah. Alat musik petik banyak dijumpai di pulau Sumatera di Indonesia.

Download Alat Musik Tradisional

Dilihat dari bentuknya, sekilas Kalung ini hampir mirip dengan Angklung. Tidak heran jika kebanyakan orang menganggap kedua alat musik ini sama. Padahal keduanya sangat berbeda, apalagi dalam memainkan alat musik ini. Jika angklung mengeluarkan suara hanya dengan menggoyangkannya. Sedangkan kalung baru akan mengeluarkan suara saat bambu dipukul.

Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Minahasa Sulawesi Utara. Bentuk Kolintang hampir mirip dengan alat musik Belira. Ini terdiri dari bilah dengan berbagai panjang yang menopang bambu sehingga menghasilkan suara yang merdu.

Download Alat Musik Tradisional

Gambar Gitar Listrik Coklat Untuk Pertunjukan Musik Png Download Gratis

Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul, tentunya alat pemukulnya menggunakan alat khusus agar dapat menimbulkan suara dengan nada tertentu. Di Konlintang, tangga nadanya sama dengan yang lain: do, re, mi, fa, su, dll.

Sekilas bentuk alat musik ini hampir mirip dengan gitar, namun pada bodinya lebih tebal. Meski memiliki bentuk bulat yang besar, alat musik tradisional ini terlihat sangat eksotik dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Download Alat Musik Tradisional

Keindahannya terlihat dari cover dan body yang melengkung, dari perpaduan warna yang indah, dari suara senar yang merdu. Gambus Riau bermain dengan cara dipetik dan menghasilkan suara yang lembut.

Alat Musik Tradisional Yang Harus Kamu Tahu!

Hampir semua orang mengenal alat musik yang satu ini, meskipun sering digunakan sebagai alat musik tambahan, gendang merupakan salah satu alat musik tradisional yang paling banyak diminati. Saat ini gendang sering digunakan sebagai pengiring musik dangdut.

Download Alat Musik Tradisional

Gendang dimainkan dengan cara dipukul dengan telapak tangan, tidak diberikan nada yang jelas. Oleh karena itu, setiap penabuh biasanya memiliki ciri khas tersendiri saat memainkan alat musik ini. Alat musik ini sangat populer di daerah Bangka Belitung. Biasanya digunakan untuk mengiringi penari di atas panggung.

Gendang panjang tidak jauh berbeda dengan gendang lainnya, hanya saja gendang ini memiliki bentuk yang memanjang dan dapat digunakan dari kedua sisinya. Gendang panjang merupakan alat musik tradisional dari Kepulauan Rio. Gendang ini biasanya dilengkapi dengan tali yang berguna untuk memudahkan membawa alat musik ini. Sepintas gendang ini hampir mirip dengan gendang yang berasal dari daerah Jawa.

Download Alat Musik Tradisional

Angklung Alat Musik

Bonang adalah alat musik yang merupakan bagian dari gamelan. Secara visual Bonang memiliki bentuk yang hampir sama dengan Bende, hanya saja bentuknya lebih kecil. Dalam pertunjukan gamelan, Bonang memegang peranan penting sebagai pemimpin lagu yang dimainkan.

Bonang digunakan sebagai vocal lead dimana alat musik ini digunakan untuk mengawali dan mengakhiri lagu, ini hasil karya Bonang. Alat musik ini berasal dari daerah jawa dimana pada zaman dahulu bonang sering digunakan dalam pertunjukan untuk mengiringi pertunjukan wayang.

Download Alat Musik Tradisional

Kedua alat musik ini sebenarnya sama, hanya saja ada perbedaan pada suara yang dihasilkan. Alat musik saron hanya digunakan untuk nada rendah, sedangkan saron primer digunakan untuk menghasilkan nada tinggi. Bahan yang digunakan untuk membuat saron biasanya kayu kaya atau paduan seng dan aluminium.

Alat Musik Tradisional Kartun Bahasa

Secara visual bentuknya menyerupai piring-piring yang disusun dan dimainkan dengan cara dipukul dengan palu kayu. Saron biasa terbuat dari kayu sehingga mengeluarkan nada yang lembut dan halus, sedangkan saron sebelah terbuat dari alumunium sehingga mengeluarkan nada yang tinggi.

Download Alat Musik Tradisional

Seperti alat musik sebelumnya, Kethuk dan Kempul merupakan komponen dari Gamelan. Alat musik ini sering digunakan sebagai pengiring saat pertunjukan seni. Secara visual alat musik ini memiliki bentuk yang sama dengan Bonang, hanya saja keduanya memiliki nada yang berbeda.

Kethuk dan Kempul adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Bahkan saat digunakan sebagai pengiring, gamelan tanpa kentuck dan kempoul rasanya seperti sayur tanpa garam.

Download Alat Musik Tradisional

Kliping Tentang Alat Musik Tradisional Malaysia

Alat musik ini cukup unik, bahkan artis mancanegara pun tertarik dengan sasandao dan sengaja datang ke Indonesia hanya untuk mempelajari alat musik ini. Selain suaranya yang merdu, sasando juga memiliki tampilan yang artistik. Warnanya putih, ada kayu yang digunakan sebagai penyangga kabel. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik senarnya. Suara yang dihasilkan sangat merdu dan catchy hingga membuat banyak orang terkesan.

Alat musik tradisional selanjutnya berasal dari daerah Nusa Tenggara Barat. Terompet, ya, itulah yang oleh pemerintah kota disebut sebagai alat musik. Terompet adalah alat musik tiup yang penggunaannya hampir sama dengan seruling. Itu membuat suara instrumen ini menonjol.

Download Alat Musik Tradisional

Terompet sering digunakan sebagai pengiring pertunjukan kesenian, dan juga sering digunakan sebagai pengiring pertunjukan tari tradisional Nusa Tenggara. Bentuk lekukan dan motif pada bunga krisan memberikan warna dan nilai seni yang tinggi.

Kliping Seni Budaya

Bande adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Lampung. Secara visual, bande mirip dengan alat musik aramba, perbedaan keduanya hanya pada ukuran dan warna yang digunakan. Memainkan alat musik ini juga sama seperti saat terkena pukulan.

Download Alat Musik Tradisional

Pada bagian tengah instrumen ini terdapat potongan bulat yang merupakan tempat untuk memukul. Alat pemukulnya juga dibuat khusus agar tidak merusak alat musik yang bengkok.

Tehyan adalah jenis alat musik yang unik. Alat musik ini memiliki senar tradisional yang tersusun rapi. Bisa dibilang Tehyan hampir seperti biola, namun memiliki senar yang lebih sederhana.

Download Alat Musik Tradisional

Alat Musik Daerah

Tehyan merupakan alat musik yang berasal dari daerah metropolitan yaitu DKI Jakarta. Cara memainkan alat musik ini sama dengan biola, yaitu dengan cara digeser di antara senar.

Sekilas mendengar nama boneka pasti yang terpikirkan adalah boneka bukan? Boneka ini beda lho, boneka adalah nama alat musik tradisional yang berasal dari daerah Bengkulu. Bentuknya bulat lonjong seperti gendang yang siap dipukul.

Download Alat Musik Tradisional

Terdapat hiasan pada bagian pinggir alat ini untuk mempercantik tampilan. Alat musik ini biasanya digunakan saat ada acara penyambutan. Pengocoknya biasanya terbuat dari karet khusus, sehingga mengeluarkan bunyi yang merdu.

Warisan Budaya Musik Tradisional Kalinong Rantau Panjang

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan alat musik yang satu ini kan? Gong adalah salah satu instrumen gamelan. Bentuknya bulat besar dengan panggung di tengahnya. Gong adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah.

Download Alat Musik Tradisional

Jika Bonang bertindak sebagai pemimpin gamelan, Gong lebih berperan sebagai penjaga gamelan. Tidak hanya digunakan sebagai gamelan, kini banyak masyarakat yang menggunakan gong sebagai simbol dimulainya suatu kegiatan tertentu.

Gengceng adalah alat musik unik yang berasal dari Bali. Cara membunyikannya juga sangat khas, yaitu dengan meletakkan tuts di kedua telapak tangan lalu bertepuk tangan untuk mengeluarkan suara ideofon. Alat musik ini biasanya digunakan saat ada hari raya adat dan pernikahan.

Download Alat Musik Tradisional

Alat Musik Tradisional Maluku, Yuk Cari Tahu!

Alat musik yang satu ini berbunyi dengan hentakan. Slenthem biasanya terbuat dari paduan kuningan dan seng dengan warna keemasan. Bagian alat musik ini terdiri dari bilah-bilah dengan ukuran yang berbeda-beda, dimana setiap ukuran menghasilkan bunyi yang berbeda-beda.

Slenthem adalah alat

Download Alat Musik Tradisional

Nama alat musik tradisional, alat musik tradisional sunda, alat musik tradisional kalimantan, alat musik tradisional angklung, alat musik tradisional, download alat musik tradisional indonesia, alat musik tradisional jambi, alat musik tradisional betawi, alat musik tradisional banten, alat musik tradisional jakarta, alat musik tradisional bengkulu, alat musik tradisional yogyakarta

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button