Pendidikan

Jenis Jenis Alat Ukur

Jenis Jenis Alat Ukur – Satuan ukur mekanik adalah satuan ukur yang digunakan secara mekanis tanpa bantuan untuk menentukan besaran panjang, lebar, tinggi, tebal, dalam, diameter hingga kerataan. Alat pengukur mekanis dibaca secara manual.

Skala pengukuran yang digunakan adalah skala metrik dan skala inchi. Pengukuran ini sering digunakan oleh otomatisasi dalam pemeliharaan dan perbaikan kendaraan. Untuk mengetahui alat ukur mekanik yang digunakan pada mobil, ada penjelasan lengkapnya.

Jenis Jenis Alat Ukur

Namanya juga lain, batang besi ini berguna untuk mengukur panjang, lebar dan tinggi, hingga kedalaman sesuatu. Pemotong baja ini memiliki tingkat presisi 1 mm hingga 0,5 mm. Ukuran baja tulangan biasanya 30 cm atau 300 mm dan 50 cm atau 500 mm.

Macam Macam Alat Ukur Mekanik Dalam Tehnik Mesin

Fungsinya hampir sama dengan steel line, namun alat ini terbuat dari steel tape. Ukuran 2m atau 2000mm, 5m atau 5000mm, hingga 15m atau 15000mm.

Alat ukur mekanik digunakan untuk mengukur bagian siku dan menandai proses pemotongan. Selain itu, sering digunakan pada objek dengan sudut 45 derajat hingga 90 derajat.

Digunakan untuk mengukur sudut suatu benda. Bentuknya setengah lingkaran dengan elemen logam yang lurus dan memanjang, sehingga pengukurannya lebih akurat.

Ia bekerja seperti mengukur bagian luar suatu benda, seperti diameter luar, dimensi luar dan bentuk benda. Ini memiliki dua kaki dan poros pegas dan sekrup penyesuaian.

Contoh Soal Alat Ukur Dan Jawabannya

Sebaliknya, caliper internal berfungsi sebagai alat untuk mengukur bagian dalam suatu objek, seperti diameter internal, dimensi internal, dan perataan permukaan objek.

Ada dudukan sekrup yang dapat disesuaikan dan poros pegas di antara kedua kaki untuk mencegahnya bergerak.

Alat ukur mekanis yang digunakan untuk mengukur kedalaman benda, seperti lubang, lubang dan alur. Arti slot adalah jarak dari tepi unit kerja.

Bertindak sebagai perangkat kontrol definisi elastis di pegas. Tingkat gaya pegas yang paling umum adalah 158 kg atau 350 lb.

Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi

Ketebalan alat mesin dapat disesuaikan dengan pengukur antena. Pemeriksaan komponen yang aus dan pengukuran jejak kecil juga dilakukan oleh alat ukur ini.

Digunakan untuk mengukur lebar atau tebal suatu benda. Akurasi satuan ukur ini hingga seratus milimeter dengan skala besar dan skala vernier.

Berguna untuk mengukur diameter luar item termasuk bingkai, kunci, pinggul, selongsong, spindel, sumbat raket, dan bidal. Keakuratan mikrometer eksternal adalah 0,01 mm hingga 0,001 mm.

Berfungsi sebagai pengukur isi spindle, sleeve, thimble, spacer, spacer dan locking screw. Keakuratan alat pengukur ini sama dengan mikrometer eksternal.

Mengenal Jenis Alat Ukur Panjang Dan Fungsinya

Ini memiliki fungsi yang lengkap, yaitu mengukur kedalaman trek atau objek, dan ketinggian dengan akurasi tertentu. Perangkat ini mirip dengan mikrometer internal dengan tambahan blok datar di permukaannya.

Gunakan dial gauge untuk mengukur diameter silinder secara akurat. Outputnya dapat menentukan tinggi oval dan lancip objek atau silinder. Ujung silinder pengukur memiliki titik ukur hingga 0,01 mm.

Ini adalah penjelasan tentang satuan pengukuran mekanis, beberapa di antaranya baru saja Anda pelajari. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat. Macam-Macam Alat Ukur Pada Teknik Mesin – Dunia mekanik mempelajari berbagai hal termasuk alat ukur. Ada berbagai jenis alat ukur yang digunakan dalam pemesinan. Alat ukur ini sering disebut sebagai alat ukur mekanik. Kira-kira, apa sih yang dimaksud dengan alat ukur mekanik dalam dunia teknik mesin?

Alat ukur mekanik adalah alat yang digunakan untuk menentukan berbagai besaran dan kondisi fisik suatu benda dalam dunia teknik mesin. Misalnya, peralatan untuk mengukur panjang, lebar, diameter, pengukuran sudut, jarak ulir, kontrol kualitas, tekanan, dll. Setiap jenis alat ukur memiliki fungsinya masing-masing.

Macam Macam Alat Ukur Beserta Fungsi Dilengkapi Gambar

Dengan menggunakan alat ukur mekanik akan lebih mudah untuk mengetahui keadaan fisik suatu benda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis-jenis alat ukur mekanik yang digunakan dalam dunia teknik mesin dan fungsinya masing-masing.

Penggaris adalah alat yang digunakan untuk mengukur panjang, lebar, atau tebal suatu benda. Alat ini banyak dijumpai di bengkel-bengkel yang memproduksi perkakas mesin. Satuan ukuran yang terdapat pada batang baja adalah metrik (cm, mm) dan imperial (inci).

Tepi lurus adalah alat pengukur mekanis yang digunakan untuk mengukur kerataan permukaan benda. Bentuk ujungnya yang lurus menyerupai garis baja, namun alat ini tidak memiliki dimensi. Dalam industri otomotif, straight edge sering digunakan untuk mengukur kerataan blok silinder dan kepala silinder pada sepeda motor dan mobil.

Dial gauge adalah alat pengukur yang digunakan untuk memeriksa kerataan bagian datar, silinder atau bulat dari suatu objek. Alat ini memiliki ketelitian 0,01 – 0,001 mm. Satuan ukuran ini biasa digunakan dalam dunia otomotif, manufaktur, bengkel alat dan mesin.

Alat Mengukur Massa Jenis Zat Padat, Cair, Dan Gas Lengkap

Konstruksi alat ukur terdiri dari jarum alat ukur dengan peralatan pendukung seperti blok alas magnet, batang penyangga, klem dan baut klem. Alat ukur mekanik ini memiliki dua skala yaitu skala besar dan skala kecil. Dalam skala besar terdapat 100 garis yang nilainya 0,01 mm.

Silinder gauge adalah alat ukur dalam dunia teknik mesin yang digunakan untuk mengukur diameter silinder dan komponen lainnya dalam pengukuran komponen otomotif.

Feeler gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur jarak atau kemiringan yang sulit dijangkau dengan alat ukur lainnya. Misalnya, mengukur celah katup, jarak bebas bantalan, jarak bebas ring piston, dan sebagainya. Perangkat ini terdiri dari beberapa pelat baja tipis dengan ketelitian hingga 0,01 mm.

Alat pengukur celah ulir atau celah baut adalah alat pengukur. Seperti pengukur antena, unit ini terdiri dari beberapa pelat baja dengan bentuk berbeda. Ukuran setiap lembar dicetak pada setiap lembar.

Alat Ukur Panjang

Kunci momen adalah alat mekanik yang berfungsi untuk mengencangkan mur atau baut sesuai dengan intensitas (torsi). Alat ini juga sering digunakan sebagai quality control untuk memeriksa kekerasan mur atau baut.

Pada ujung kunci momen dapat dipasang kunci sok sesuai dengan ukuran mur atau baut. Sementara itu, di ujung lainnya (dekat pegangan) terdapat indikator dan angka yang menunjukkan nilai mur atau baut.

Lengkungan baja merupakan pengukur sudut yang hasil pengukurannya dapat langsung terbaca. Perangkat ini terbuat dari pelat baja yang dibentuk setengah lingkaran dan dilengkapi dengan batang dan kunci. Perangkat ini memiliki akurasi hingga 1°.

Cakram skala hampir melingkar dilengkapi dengan skala sudut dari 0° hingga 180° secara bergantian. Skala kecil sama dengan 1°. Tongkat besi ini sering digunakan untuk mengukur sudut lembaran logam. Selain itu, untuk dapat mengukur sudut alat potong, misalnya sudut mata bor atau mesin bubut.

Ejercicio Interactivo De Macam Macam Alat Ukur

Alat ukur yang digunakan untuk mengukur sudut dan hasilnya dapat langsung dibaca. Alat ukur sudut ini memiliki jangkauan penggunaan yang lebih luas daripada pin baja.

Alat ukur ini terdiri dari dua batang yang menyentuh benda yang akan diukur. Tipe lain dari bevel gauge adalah compound square, yaitu alat ukur baja dengan satuan ukur sudut 45° dan 90°.

Bend gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter luar atau diameter luar suatu benda. Alat tersebut terdiri dari dua kaki yang dapat dilipat serta sebuah mur dan baut yang digunakan sebagai pengatur dan pengunci.

Jangka sorong adalah alat yang digunakan untuk mengukur diameter dalam (diameter lubang) atau lebar retakan pada suatu benda. Kakinya lurus dan runcing.

Peralatan Peralatan Dalam Laboratorium Ergonomi

Jangka sorong adalah alat mekanis yang dapat digunakan untuk mengukur panjang, lebar, dan kedalaman suatu benda. Skala pengukuran menggunakan satuan mm dan inci. Akurasi kaliper bisa mencapai 0,02 mm untuk satuan mm dan 0,001 inci untuk satuan centimeter.

Mikrometer atau mikrometer sekrup adalah alat untuk mengukur panjang yang tepat. Penggunaan mikrometer ulir sangat luas, tujuannya untuk mengukur panjang dengan lebih akurat.

Mikrometer ini memiliki tingkat akurasi hingga 0,01 mm. Alat ukur ini dapat digunakan untuk mengukur panjang/tebal benda kecil, seperti plat baja, aluminium, diameter kawat, kabel, lebar kertas dan sebagainya.

Ring gauge adalah alat ukur mekanis yang digunakan untuk mengukur diameter luar silinder, apakah sesuai dengan standar dan memenuhi nilai toleransi yang ditentukan untuk produk produksi massal.

Pengertian Alat Ukur Dan Macam Macam Alat Ukur

Plug gauge adalah alat yang digunakan untuk mengecek dimensi lubang apakah sesuai standar atau tidak, jika sudah sesuai maka produksi dapat dilanjutkan.

Alat pengukur tekanan ban adalah pengukur tekanan hidrolik yang digunakan untuk memeriksa tekanan udara di dalam ban, atau untuk memenuhi tekanan yang ditentukan. Pengukur tekanan ini sering ditemukan di bengkel mobil.

Radiator tester adalah alat yang berfungsi untuk mengecek kebocoran pada sistem pendingin. Selain itu alat ini juga dapat digunakan untuk mengecek fungsi tutup radiator Dalam kegiatan pengukuran kita sangat membutuhkan alat ukur yang sesuai. Akurasi hasil pengukuran ditentukan oleh jenis peralatan yang digunakan. Penggunaan suatu jenis satuan ukur tertentu ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu: ketelitian hasil pengukuran yang diinginkan, besar kecilnya ukuran dan bentuk benda yang akan diukur.

Contoh alat ukur panjang adalah jangka sorong, pita pengukur, jangka sorong dan mikrometer ulir. Setiap alat ukur memiliki ketelitian yang berbeda-beda, sehingga Anda harus bisa memilih alat ukur yang tepat untuk suatu pengukuran tertentu. Salah memilih alat ukur akan menyebabkan kesalahan pada hasil pengukuran. Berikut ini kami sajikan jenis-jenis alat ukur dan fungsinya untuk menambah pengetahuan Anda tentang alat ukur.

Macam Macam Alat Ukur Dan Fungsinya

Alat pengukur panjang yang biasa digunakan adalah mistar/penggaris yang memiliki skala minimal 1mm. Pemotong memiliki ketelitian 0,5 mm yang diperoleh dari setengah skala terkecil.

Alat ukur, jenis alat ukur tinggi badan, alat ukur massa jenis, jenis jenis alat ukur beserta fungsinya, macam macam jenis alat ukur, jenis alat ukur pneumatik, jenis alat ukur dan fungsinya, alat ukur berat jenis susu, alat ukur berat jenis solar, alat ukur berat jenis baterai, alat ukur berat jenis cairan, jenis jenis alat ukur dan kegunaannya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button