Pendidikan

Jenis-jenis Planet

Jenis-jenis Planet – 2000 tahun yang lalu, orang Yunani kuno membuktikan bahwa bumi itu bulat dan mengetahui ukurannya hanya dengan mengamati matahari.

Tetapi bagaimana orang dewasa ini membuktikan bahwa bumi itu bulat? Saat Anda menjatuhkan sebuah benda, gravitasi menyebabkannya jatuh lurus ke arah pusat bumi, setidaknya hingga menyentuh tanah.

Jenis-jenis Planet

Jenis-jenis Planet

Gravitasi adalah gaya yang bekerja pada segala sesuatu yang memiliki massa. Massa adalah jumlah materi dalam suatu benda. Gerombolan ada di batu, air, logam, orang – sebut saja. Semuanya memiliki berat dan karena itu semuanya memiliki gravitasi. Gravitasi selalu menarik pusat massa.

Poster Tata Surya

Carl Sagan menjelaskan bagaimana orang Yunani kuno percaya bahwa Bumi itu bulat dan menghitung kelilingnya 2.000 tahun yang lalu. pic.twitter.com/3AjV9hC6hi – Keajaiban Sains (@wonderoscience) 10 September 2019

Jenis-jenis Planet

Bumi dan semua planet berbentuk bulat karena ketika planet-planet terbentuk, mereka adalah benda padat – sebagian besar berupa cairan yang sangat panas.

Karena gaya gravitasi selalu mengarah ke pusat bumi, gaya gravitasi mendorong bahan yang sama ke segala arah menuju pusat untuk membentuk bola. Saat Bumi mendingin dan mengeras, ia membentuk bola bulat. Jika Bumi tidak berotasi, ia akan menjadi planet yang bulat sempurna.

Jenis-jenis Planet

Sistem Tata Surya Dan Planet Planet

Awan gas yang dibentuk oleh Bumi berputar perlahan ke satu arah di sekitar porosnya. Di atas dan di bawah sumbu ini adalah titik utara dan selatan bumi.

Cobalah untuk meregangkan tangan kanan Anda. Pegang ibu jari di tangan kanan Anda dan putar jari Anda searah jarum jam. Jempol Anda menunjuk ke Kutub Utara. Khatulistiwa adalah bidang antara Kutub Utara dan Selatan.

Jenis-jenis Planet

Jika Anda pernah melakukan perjalanan yang menyenangkan, Anda tahu bahwa perjalanan petualangan dapat membuat Anda ingin curhat. Semakin cepat korsel berjalan, semakin sulit kehidupan bagi orang-orang.

Pengertian Dan Contoh Planet Teresterial Dan Planet Raksasa

Sensasi lemparan ini disebut gaya sentrifugal dan menarik populasi ekuator menjauh dari titik pusat. Inilah yang memisahkan planet dari ekuator.

Jenis-jenis Planet

Semakin banyak planet mengorbit, semakin kecil rotasinya. Kemudian, saat mendingin dan mengeras, bentuknya menjadi seperti ini. Jika sebuah planet mulai berotasi lebih cepat, ia akan menjadi lebih bulat dan memiliki tonjolan yang lebih besar.

Saturnus sangat datar – tidak bulat – karena berputar sangat cepat. Semua planet berbentuk bulat karena gaya gravitasi dan berputar dengan kecepatan yang berbeda, sehingga beberapa planet memiliki kutub yang lebih tebal. Oleh karena itu, bentuk planet serta kecepatan dan arah rotasi bergantung pada kondisi awal bahan pembuatnya.

Jenis-jenis Planet

Gerhana Matahari: Jenis, Penyebab, Dan Pengaruhnya Bagi Dunia

Artikel ini diterbitkan bekerja sama dengan The Conversation Indonesia. Di atas adalah dari artikel asli “Anak Penasaran: Mengapa Planet Itu Bulat?” Itu dianggap sebagai pemenuhan tanggung jawab

Dapatkan berita pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Ayo gabung di grup Telegram “News Update”, caranya klik link https://t.me/comupdate dan subscribe. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Jenis-jenis Planet

Berita terkait peristiwa langit. November 2021 Gerhana Matahari Sebagian hingga 6 Meteor Gerhana Matahari 5 Planet terbesar di tata surya Fakta Jupiter Mengapa Mars berwarna merah? Apakah ada planet lain di luar tata surya kita? 5 planet kerdil di tata surya

Bumi Super, Jenis Planet Yang Absen Di Tata Surya Kita

Jixie mencari informasi yang dekat dengan minat dan preferensi Anda. Grup baru ini disajikan sebagai cerita rahasia yang lebih relevan dengan minat Anda.

Jenis-jenis Planet

Menentang wisuda dari SD hingga SMA, orang tua siswa DIY mengatakan harus merogoh kocek lebih dalam. Baca 4.026 kali

Data Anda digunakan untuk memverifikasi akun Anda saat Anda membutuhkan bantuan atau saat aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda. Seperti yang Anda ketahui, makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan hidup di bumi. Bumi sendiri merupakan bagian dari tata surya.

Jenis-jenis Planet

Kecerdasan Buatan Google Menemui Eksoplanet Terbaru, Kepler 90i

Tata surya kita disebut Bima Sakti. Secara umum, tata surya meliputi matahari, planet, bintang, dan meteor, dan matahari adalah pusat tata surya.

Sementara itu, planet, komet, dan meteorit mengorbit Matahari, tertarik oleh tarikan gravitasi Matahari. Saat Ares duduk di bangku SMP dan SMA, dia paham bahwa ada banyak teori berbeda tentang pembentukan tata surya itu sendiri.

Jenis-jenis Planet

Dan salah satu teori paling umum tentang asal usul Bima Sakti disebut Teori Nebular.

Inilah Arti Di Balik 8 Nama Planet Di Tata Surya

Yang perlu Anda ketahui tentu saja ada banyak planet di tata surya. Karena planet-planet ini sering ditemukan dalam pertanyaan ilmiah. Baik itu wajah, tubuh dan banyak hal lainnya.

Jenis-jenis Planet

Menurut urutannya, Merkurius adalah planet pertama dan terdekat dengan Matahari. Karena jaraknya yang dekat ini, suhu planet mencapai 430 derajat Celcius pada siang hari. Berbeda dengan Bumi yang memiliki satelit berbentuk bulan, Merkurius tidak memiliki bulan.

Planet kedua adalah Venus. Venus adalah nama dewi cinta Romawi. Karena planet ini tidak jauh dari matahari, suhunya bisa mencapai 471 derajat Celcius pada siang hari. Kira-kira ukurannya lebih kecil dari ukuran bumi.

Jenis-jenis Planet

Nama Nama Planet Di Tata Surya Beserta Penjelasannya

Kemudian planet ketiga adalah planet tempat semua manusia hidup dan melakukan aktivitas yang berbeda-beda. Planet itu adalah planet Bumi. Di planet ini kondisinya lebih seimbang, dimana makhluk hidup bisa eksis dan hidup. Bumi memiliki satelit alami yang disebut Bulan.

Mars sering disebut planet merah karena warnanya yang merah. Hal ini tentunya karena Mars memiliki banyak debu pasir yang membuatnya berwarna merah. Suhu rata-rata planet keempat ini adalah 60 derajat Celcius. Bahkan di Mars ada gunung besar bernama Gunung Olympus Mons.

Jenis-jenis Planet

Jika Anda bertanya planet mana yang merupakan planet terbesar di tata surya, jawabannya adalah Jupiter. Jupiter terdiri dari massa gas dalam bentuk helium dan hidrogen. Bahkan planet ini memiliki banyak satelit di sekitarnya.

Sistem Tata Surya Dan Kehidupan Di Bumi

Planet terbesar kedua setelah Jupiter adalah Saturnus. Orang tidak akan kesulitan mengetahui planet ini. Karena Saturnus adalah planet dengan cincin di sekelilingnya. Saturnus terbuat dari gas helium dan hidrogen. Seperti cincin, mereka terbuat dari pecahan batu dan es.

Jenis-jenis Planet

Planet lain di tata surya adalah Uranus. Uranus adalah planet pertama yang dilihat melalui teleskop. Planet ini berwarna biru kehijauan jika Anda melihatnya. Ini karena adanya gas metana di dalamnya.

Planet terakhir adalah Neptunus. Nama Neptunus sendiri berasal dari nama dewa laut Romawi. Sedangkan planet Neptunus 80% terbuat dari air, amonia dan metana. Alat-alat ini mengelilingi dasar batu kecil.

Jenis-jenis Planet

Sistem Tata Surya Maulana Pandudinata 9f/09.

Ini adalah 8 planet di tata surya. Sebelumnya, Pluto adalah bagian dari tata surya ini. Tapi Pluto jelas tidak memenuhi syarat sebagai planet. Sejauh ini hanya 8 planet yang diketahui. Jakarta, kamu harus tahu jenis-jenis planet dan ciri-cirinya. Alasannya karena planet-planet tersebut berputar mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya. Ada 8 planet di tata surya yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Planet adalah benda langit yang berputar mengelilingi bintang dengan arah dan kecepatan tertentu. Semua planet yang disebutkan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Jenis-jenis Planet

Semua jenis planet adalah bagian penting dari tata surya. Planet-planet ini terbagi menjadi planet dalam dan planet luar. Itu tergantung pada kedekatan matahari. Merkurius, Venus, Bumi, Mars adalah planet dalam dan Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus adalah planet luar.

Macam Macam Planet Dan Ciri Ciri Planet

Merkurius adalah planet terdekat dengan Matahari. Jenis planet ini berputar perlahan dua kali selama tiga revolusi penuhnya. Permukaan batu ini dapat mengalami suhu lebih dari 800 derajat Fahrenheit (426,7 derajat Celcius) karena kedekatannya dengan Matahari. Namun, suhu di sisi terjauh Matahari jauh lebih dingin, sekitar -279 Fahrenheit (-173 Celcius).

Jenis-jenis Planet

Merkurius disebut bintang pagi. Merkurius, sedikit lebih besar dari bulan, adalah planet terkecil di tata surya. Ciri lain Merkurius adalah Bulan tidak memiliki cincin dan atmosfernya sangat tipis sehingga para ilmuwan mengklasifikasikannya sebagai eksosfer.

Venus adalah planet terdekat kedua dengan Matahari. Ukurannya lebih kecil dari bumi. Planet jenis ini memiliki kawah panas dengan suhu sekitar 900 derajat Fahrenheit (482 derajat Celcius), yang disebabkan oleh efek udara yang keluar.

Jenis-jenis Planet

Warna Planet Di Tata Surya Berbeda, Cari Tahu Penyebabnya Di Sini!

Meskipun atmosfer bukan yang terpadat dari semua planet di luar angkasa, ia adalah yang terpadat dari semua planet terestrial dan sebagian besar mengandung asam sulfat dan karbon dioksida. Kepadatan atmosfer adalah 90 kali lipat dari tekanan udara permukaan. Panas dan tekanan membuat planet ini cocok untuk kehidupan. Venus disebut bintang pagi dan tidak memiliki satelit, seperti Merkurius.

Bumi adalah planet terdekat ketiga dengan Matahari dan planet terestrial terbesar. Planet jenis ini adalah satu-satunya planet yang memiliki kehidupan dan satu-satunya planet yang memiliki air di Bumi.

Jenis-jenis Planet

Atmosfer, yang sebagian besar terdiri dari nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida, sangat penting untuk mendukung kehidupan di Bumi. Meskipun permukaan bumi adalah air, planet ini memiliki daratan luas yang menampung berbagai ekosistem yang menakjubkan. Bumi memiliki 1 satelit alami yang disebut Bulan.

Jenis Jenis Planet

Astronom kuno menyebut Mars, planet keempat dari Matahari, planet merah. Warna merah pada tanah disebabkan oleh oksida besi atau karat di dalam tanah. Gunung berapi besar dan lembah yang dalam menjadi ciri daerah tersebut. Planet jenis ini sering mengalami badai lokal. Mars juga memiliki 2 satelit alami.

Jenis-jenis Planet

Beberapa fitur di Mars, seperti sungai kering, menunjukkan bahwa air mungkin pernah ada di Bumi dan mungkin masih mengalir di bawahnya. Mars memiliki atmosfer karbon dioksida yang sangat tipis dan hanya 1/100 tekanan atmosfer Bumi. Planet ini lebih dingin

Hotel planet, planet jeep, jenis planet, planet ocean, planet fitness, planet b, animal planet, planet hollywood, planet sport, planet holiday, planet batam, planet station

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button