Pendidikan

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya – Apa saja jenis-jenis alat pemetaan? Apa fungsi dari masing-masing alat tersebut? Mari kita temukan jawabannya bersama!

Jika dapat digunakan untuk menyapu tanah atau untuk menyapu ruang di atas tanah, maka dapat disebut sebagai alat ukur tanah. Kata ini umumnya dikenal sebagai terrestris. Berdasarkan modelnya, alat ukur ini dapat dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu alat ukur sederhana, alat ukur optik dan alat ukur elektronik. Apa perbedaan dari ketiga alat pemetaan lahan tersebut?

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Alat ukur sederhana dapat digunakan untuk mengukur satu jenis ukuran saja. Di sisi lain, mesin pengukur optik dapat digunakan untuk mengukur berbagai ukuran dan dilengkapi dengan optik. Dibandingkan dengan alat ukur elektronik yang dapat beroperasi dengan menggunakan sinar infra merah, tingkat akurasinya jauh lebih tinggi. Anda dapat memilih mana yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan pekerjaan Anda.

Pengertian Alat Ukur Tanah Dan Alat Survey Pemetaan

Alat ukur ini disebut pengukuran sederhana karena bentuknya yang sederhana. Sangat mudah digunakan dan dapat digunakan untuk mengukur satu jenis ukuran saja. Beberapa alat yang termasuk dalam kategori ini adalah:

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Seperti namanya, alat ukur ini dilengkapi dengan alat optik yang memungkinkan hasil pengukuran lebih akurat dibandingkan alat ukur sederhana. Alat ini juga biasanya merupakan satu kesatuan alat sehingga dapat digunakan untuk menentukan lebih dari satu ukuran. Contoh alat ukur optik adalah:

Alat ukur elektronik bekerja menggunakan produk elektronik berupa gelombang infra merah. Gelombang ini dimulai dengan jarak bolak-balik kira-kira sama dengan kecepatan cahaya. Bagian dari gelombang yang diterima dipantulkan kembali ke objek penerima oleh prisma pemantul, kemudian difokuskan kembali ke fotodioda.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Docx) Rambu Ukur

Pengukuran dalam meter dihitung berdasarkan perbedaan osilasi frekuensi antara gelombang yang dipancarkan dan gelombang yang diterima. Perbedaan ini memungkinkan alat pengukur untuk menentukan jarak yang benar antara titik lokasinya dan titik target. Dalam praktiknya, masing-masing alat di atas digunakan sesuai kebutuhan. Misalnya, ketika ingin mengukur bangunan yang tidak memerlukan pengukuran khusus, gunakanlah alat ukur sederhana yang relatif mudah digunakan. Nantinya, hasil perhitungan tersebut dapat digunakan untuk keperluan seperti pemetaan permukaan bumi. Karena kita tahu bahwa bentuk relief permukaan bumi tidak mulus, maka wajar jika kita membutuhkan alat yang cocok untuk mengukur dan mengukur sudut dan jarak di permukaan bumi.

Beberapa alat yang digunakan termasuk alat yang sederhana, namun ada juga yang membutuhkan alat teknologi yang lebih maju. Tingkat kesulitan alat yang digunakan tergantung dari cara penggunaan dan komponen yang ada di dalam alat tersebut. Berdasarkan modelnya, alat ukur tanah dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu alat ukur sederhana, alat ukur optik dan alat ukur elektronik.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Alat ukur sederhana dapat digunakan untuk mengukur berbagai dimensi, alat ukur optik menggunakan lensa optik untuk memperoleh hasil pengukuran, sedangkan alat ukur elektronik digunakan untuk mengukur tanah. Ini adalah alat. yang memiliki akurasi tertinggi karena komponennya. Untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang instrumen survei inframerah, berikut nama-nama instrumen survei dan cara menggunakannya.

Jenis Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya Yang Wajib Kamu Ketahui

Disebut sederhana karena alat ini sangat sederhana dan mudah digunakan serta alat ukur ini digunakan untuk mengukur satu jenis ukuran saja. Alat-alat ini meliputi:

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Meteran atau pita pengukur biasanya terlihat seperti pita dengan panjang tertentu. Meteran juga dapat disebut meteran gulungan, karena meteran digulung atau dibuka gulungannya saat disimpan atau tidak digunakan. Ada 3 jenis meteran:

Fungsi meter adalah untuk mengukur panjang dan jarak. Umumnya digunakan 2 satuan ukuran, yaitu satuan ukuran metrik (mm, centimeter, meter) dan satuan Inggris (inch, foot, yard). Beberapa bacaan 0 dibaca di sebelah kanan ujung meteran sementara yang lain ditampilkan agak jauh dari ujung meteran.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Jenis Alat Berat Beserta Fungsinya Untuk Proyek Bangunan

Cara menggunakan meteran cukup dengan mengukur meteran dari satu titik ke titik lain dalam luasan suatu benda. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, sebaiknya dilakukan oleh dua orang, satu di titik awal atau angka 0 dan satu lagi bergerak ke titik akhir perhitungan sambil membaca angka pada meteran di titik tersebut.

Komponen utama alat ukur jarum dan lingkaran ini diukur, dimana kepala jarum terbuat dari magnet atau besi besi, bagian tengah jarum dipasang pada sumbu sehingga jarum dapat bergerak bebas secara horizontal. Arah yang sesuai dengan arah medan magnet bumi adalah Utara, Selatan, dan Selatan. Cara terbaik adalah menggunakan kompas dengan cairan Nivo untuk menstabilkan pergerakan jarum, serta perangkat atau pelindung yang membidik.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Fungsi kompas adalah untuk menentukan titik dan arah mata angin, khususnya utara dan selatan. Selain itu, kompas dapat menentukan arah dari satu titik ke titik lainnya dengan menggunakan azimuth (sudut dimulai dari utara ke selatan), membuat siku, dan mengukur sudut horizontal.

Jenis Jenis Alat Ukur Panjang, Dari Penggaris Hingga Meteran

Cara menggunakan kompas adalah dengan memegangnya di tangan Anda dan mengaturnya agar kompas mendatar sehingga jarum dapat bergerak bebas. Jika cairan di kompas adalah nuevo, usahakan agar gelembung tetap berada di tengah.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Salah satu alat ukur sederhana seperti itu digunakan untuk mengukur sudut elevasi antara garis horizontal dan garis yang menghubungkan suatu titik pada garis lurus dengan vertikal suatu benda. Klinometer untuk mengukur tinggi atau panjang suatu benda, biasanya menggunakan sudut elevasi.

Cara menggunakan alat ini sebaiknya dilakukan oleh 2 orang. Orang yang memegang dan mengamati atau menunjuk ke suatu objek. Sedangkan yang lain membaca sudut dan mencatat hasil pengamatan.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Pelajari Cara Untuk Merawat Alat Ukur Dengan Bahan Stainless Steel

Alat ini dilengkapi dengan alat optik sehingga alat ukur dapat memperoleh hasil perhitungan yang lebih akurat dan presisi dibandingkan alat ukur sederhana. Alat ukur optik ini biasanya memiliki beberapa alat yang disusun dalam satu alat, sehingga dapat mengukur lebih dari satu kali pengukuran.

Alat ukur optik ini dirancang untuk menentukan ketinggian sudut ukur tanah berupa sudut vertikal (vertical angle) dan sudut horizontal (horizontal angle). Ada 3 jenis theodolit:

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Fungsi teodolit adalah untuk mengukur poligon, memetakan posisi dan mengamati matahari. Tidak hanya itu, theodolite juga dapat bertindak sebagai PPD jika sudut vertikalnya diubah menjadi 90.

Jenis Jenis Ph Meter Beserta Gambarnya

. Teleskop pada teodolit memungkinkan membidik ke segala arah. Dalam konstruksi bangunan, teodolit dapat digunakan untuk menentukan sudut siku-siku pondasi dan untuk mengukur ketinggian bangunan bertingkat.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Untuk menggunakan theodolite, pastikan untuk meletakkan tripod atau tripod pada permukaan yang rata dan pegang setinggi dada. Kencangkan sekrup pengunci pada alas penyangga yang panjang. Usahakan bidang tribar (untuk menahan teodolit) tetap rata. Posisikan theodolite lalu tutup sekrup pengunci. Setel nivo hingga sumbu I vertikal dan atur juga nivo pada tabung agar sumbu II mendatar, setel teodolit hingga berada di posisi tengah titik ikat (BM).

Waterpas kini banyak digunakan dalam alat ukur optik yang berfungsi untuk mengukur perbedaan ketinggian pada satu titik atau lebih. Ada istilah yang berbeda untuk leveling yang digunakan, yaitu: persyaratan dinamis (sumbu vertikal 1) dan persyaratan statis (garis horizontal pada bagian apertur sejajar dengan sumbu 1, garis nave sejajar dengan sumbu 1, garis target di teleskop. garis paralel.garis adalah arah nuevo).

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Jenis & Bagian Bagian Pita Ukur

Cara menggunakan layer ini, anda perlu menggunakan tripod atau kaki tiga sebagai alas dan letakkan pada titik koordinat yang telah ditentukan. Pastikan tripod dalam posisi stabil dan pelat pemasangan waterpas tidak bengkok. Tempatkan permukaan spiritus di atas piring, jangan gerakkan atau tahan permukaan spiritus. Sesuaikan sumbu vertikal I dan sumbu horizontal II menggunakan sekrup leveling Nivo. Pastikan gelembung nuevo berada di tengah lingkaran.

Seperti namanya, perangkat ini menggunakan sistem elektronik berupa gelombang infra merah. Sehingga pengukuran dengan menggunakan alat ini dapat sampai pada hasil perhitungan yang akurat, tepat dan akurat.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

GPS adalah suatu sistem yang terdiri dari kumpulan satelit navigasi radio serta ground control unit yang mengatur pengoperasian satelit dan menyediakan persyaratan posisi menggunakan data satelit dengan penerima tertentu. Hasil yang diberikan berupa gambar permukaan bumi dalam bentuk 3D (3D).

Ilmu Ukur Tanah 2 Revisi 3. 14 Feb

Fungsi GPS hanya untuk keperluan militer, pemetaan atau penelitian geofisika (geodinamika, studi atmosfer, meteorologi, dll). Di balik kelebihan GPS, alat ini juga memiliki beberapa kekurangan, yaitu tidak dapat digunakan di tempat-tempat yang sinyal GPS-nya dapat diterima oleh penerima antena di dalam ruangan, di terowongan atau di bawah air.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Cara menggunakan GPS Pertama, hidupkan perangkat GPS dan tunggu sinyal tersambung. Sesuaikan untuk menambahkan halaman hingga muncul halaman Perhitungan Area, lalu tekan tombol Start lalu tekan Enter. Jika tombol start berubah menjadi tombol stop, berarti GPS sudah bisa digunakan.

Ini adalah alat ukur elektronik yang berasal dari pengembangan teodolit. Namun alat ini dilengkapi alat pengukur jarak dan sudut elektronik dengan bantuan reflektor sebagai alternatif indikator target dan pengukuran. Untuk kemudahan penggunaan, seluruh stasiun harus terhubung ke komputer. Fungsi dari total station adalah dapat digunakan secara elektronik untuk menghitung jarak, arah, titik koordinat serta selisih elevasi.

Macam-macam Alat Ukur Tanah Dan Fungsinya

Alat Ukur Tanah

Untuk menggunakan total station, pastikan posisi tripod stabil dan cukup kuat menopang total station serta berada pada titik koordinat yang telah ditentukan. Sesuaikan Nivo pada kedua sumbu sehingga berada di tengah lingkaran dan sejajar dengan posisi Anda saat berdiri. Jika sudah pas dan semuanya sudah pada posisi yang benar (gelembung baru ada di tengah), total station siap digunakan.

Alat ukur mekanik dan fungsinya, alat ukur hidrolik dan fungsinya, gambar alat ukur dan fungsinya, alat ukur otomotif dan fungsinya, macam macam alat ukur panjang dan fungsinya, alat ukur dan fungsinya, alat ukur listrik dan fungsinya, jenis alat ukur dan fungsinya, alat ukur elektrik dan fungsinya, nama alat ukur dan fungsinya, macam macam alat ukur mekanik dan fungsinya, alat ukur berat dan fungsinya

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button