Pendidikan

Macam Macam Penyajian Data

Macam Macam Penyajian Data – Penyajian Data Statistik Berbentuk Tabel dan Bagan – Penyajian data adalah pembuatan laporan secara sistematis untuk tujuan analisis guna memberikan informasi yang bermakna dan mudah dipahami.

Untuk membuat deskripsi data yang komunikatif dan informatif, perlu dilakukan penelitian dan pengumpulan data untuk mencapai tujuan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Bentuk penyajian data statistik dibagi menjadi dua, berupa tabel dan diagram.

Macam Macam Penyajian Data

Macam Macam Penyajian Data

Penyajian data dengan menggunakan tabel banyak dijumpai di sekolah dan lembaga pendataan. Tujuan penyajian data dalam bentuk tabel adalah untuk memberikan informasi dan gambaran secara detail mengenai kuantitasnya, yang akan memudahkan dalam menganalisis data yang disajikan.

Pengumpulan Dan Pengolahan Data

Tabel baris-kolom adalah bentuk penyajian data yang terdiri dari baris dan kolom. Tabel baris dan kolom dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tabel satu arah, dua arah, dan tiga arah.

Macam Macam Penyajian Data

Adalah tabel yang berisi penyajian data untuk satu hal atau hanya satu karakteristik. Tabel ini merupakan bentuk tabel yang paling sederhana. Misalnya, tabel berikut untuk indeks merek smartphone terbaik.

Adalah tabel yang menyajikan data tentang hubungan antara dua hal atau dua karakteristik yang berbeda. Sebagai contoh, tabel data penjualan dan pangsa pasar perusahaan laptop berikut ini.

Macam Macam Penyajian Data

Lkpd Penyajian Data Activity For 7

Adalah tabel yang menyajikan data tentang hubungan antara tiga hal atau tiga karakteristik yang berbeda. Misalnya, tabel berikut berisi data penjualan ekspor-impor barang.

Tabel pivot adalah bagian dari tabel baris-kolom, tetapi tabel ini digunakan untuk menampilkan data yang memiliki lebih dari satu kategori atau pengelompokan. Misalnya, data yang mewakili dua faktor, satu faktor terdiri dari kategori A dan faktor lainnya terdiri dari kategori B. Untuk membuat tabel pivot, A menunjukkan baris dan B menunjukkan kolom.

Macam Macam Penyajian Data

Tab silang adalah salah satu bentuk penyajian data yang dapat memberikan informasi tentang dua atau lebih hal yang saling berkaitan. Misalnya, data survei berupa penghitungan frekuensi dan persentase pegawai.

Contoh Diagram Batang Dan Contoh Diagram Gambar Dalam Kehidupan Sehari Hari

Tab silang dapat berupa satu faktor atau dua faktor, bergantung pada data yang akan dijelaskan. Dengan cara ini, representasi data dalam tab silang adalah satu atau dua faktor bergantung pada data yang diterima.

Macam Macam Penyajian Data

Tabel distribusi frekuensi adalah bentuk tabel yang digunakan untuk menampilkan data yang dikelompokkan ke dalam interval. Setiap nilai interval memiliki frekuensi atau jumlah data. Tabel distribusi frekuensi dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

Selain dalam bentuk tabel, data juga dapat disajikan dalam bentuk diagram. Penyajian data dalam bentuk diagram merupakan hal yang lumrah dalam bidang ekonomi atau perbankan. Biasanya berisi perkembangan bisnis atau perbandingan nilai tukar.

Macam Macam Penyajian Data

Penyajian Data Dalam Tabel Dan Diagram

Bagan itu sendiri adalah gambar yang digunakan untuk merepresentasikan data secara visual. Bentuk grafik masih memiliki kelemahan dalam penyajiannya dan tidak dapat memberikan gambaran data secara detail. Akan tetapi, penyajian data dalam bentuk diagram biasanya lebih menarik daripada penyajian data dalam bentuk tabel. Bentuk bagan yang umum adalah bagan garis, bagan batang, dan bagan pai.

Grafik garis adalah representasi data dalam bentuk garis yang menggambarkan perkembangan dan perubahan suatu keadaan. Grafik garis biasanya digunakan untuk merepresentasikan data berdasarkan pengamatan terus menerus terhadap data dari waktu ke waktu.

Macam Macam Penyajian Data

Bagan batang adalah penyajian data dalam bentuk persegi panjang vertikal atau persegi panjang horizontal. Bagan batang sebagian besar digunakan untuk menggambarkan evolusi data dari objek tertentu yang dapat dikategorikan. Ada dua jenis diagram batang yaitu:

Pdf) Distribusi Frekuensi

Pie chart adalah bentuk representasi data berupa representasi grafis dari informasi kuantitatif dengan menggunakan lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian berdasarkan kebutuhan yang disajikan. Fungsi utama pie ini adalah untuk merepresentasikan perbandingan antara data dan total data, yang biasanya dinyatakan dalam persentase. diperoleh Rasio nilai tambah rantai pasok buah manggis yang tidak dikelola oleh anggota rantai pasok KBU Al-Ihsan Nilai tambah (Rp/kg) Rasio nilai tambah (%) Super 1 2 3 Petani lokal -237,37 – 0,09 -0,07 Pengepul 5.592,97 1.540, 63.197, 66 -1 236, 25 2, 07 0, 57 0, 07 -0, 40 grosir 2 374, 69 1 166, 25 62570, 25, 25 62570, 70 75 18 545, 00 13 291, 2 5 1 , 69 2 , 69 3, 03 Jumlah 29.411, 41 21.251, 88 14.280, 469 -2.181, 12.100, 00 (Sumber: ASTU)

Macam Macam Penyajian Data

Tabel distribusi frekuensi dibangun ketika jumlah data yang akan disajikan cukup besar  tabel biasa tidak efisien dan kurang efisien Tabel distribusi frekuensi memiliki jumlah kelas yang besar Di setiap kelas terdapat interval kelas  panjang kelas: jarak antara yang lebih rendah nilai terikat dan nilai batas atas kelas pada masing-masing kelas Setiap kelas interval memiliki frekuensi

Menghitung jumlah interval kelas Berdasarkan pengalaman Menyusun tabel distribusi frekuensi mulai dari 6 sampai 15 kelas Membaca grafik Garis vertikal mewakili jumlah interval kelas Garis horizontal mewakili jumlah data yang diamati

Macam Macam Penyajian Data

Statistika │matematika Kelas 7

5 Rumus Sturges K = log n K = jumlah kelas n = jumlah data yang diamati log = logaritma Perhitungan range data Perhitungan panjang kelas  range data dibagi jumlah interval kelas 5. Perhitungan frekuensi data individual

(∑ f)1 = jumlah frekuensi semua kelas di bawah mean kelas f med = frekuensi rata-rata kelas c = panjang kelas

Macam Macam Penyajian Data

1 = selisih frekuensi kelas modal dengan frekuensi kelas sebelumnya 2 = selisih frekuensi kelas modal dengan frekuensi kelas berikutnya c = panjang kelas

Statistika Kuliah 02 Penyajian Data

Pada grafik terdapat garis vertikal (atas) yang menunjukkan jumlah frekuensi dan garis horizontal (horizontal) menunjukkan variabel tertentu Contoh : Gambar Grafik perkembangan garis 3 jenis produk elektronik dalam 5 tahun terakhir

Macam Macam Penyajian Data

16 Histogram Grafik yang menunjukkan distribusi frekuensi dalam bentuk beberapa persegi panjang. Langkah-langkah membuat histogram: 1. Buat garis dan ordinatnya. absis: sumbu horizontal (X) merepresentasikan nilai ordinat: sumbu vertikal (Y) merepresentasikan frekuensi

17 2. Beri nama setiap sumbu sehingga sumbu absisnya disebut nilai dan ordinatnya disebut frekuensi. 3. Buat skala absis dan ordinat 4. Batasi kelas sebagai berikut: a) Bagian bawah interval kelas dipersingkat 0,5 b) Bagian atas interval kelas pertama ditambahkan ke bagian bawah interval kelas kedua dikalikan setengah . c) Yang teratas di kelas ditambah 0,5.

Macam Macam Penyajian Data

Statistik Bisnis 2 Penyajian Data

Agar data yang disajikan lebih informatif, data disajikan dalam bentuk ikon (gambar) Contoh: Perbandingan jumlah buku di perpustakaan

Distribusi adalah pola atau pola distribusi yang menggambarkan keadaan sekumpulan data. Ciri-ciri bentuk distribusi simetri : Mean = median = modus

Macam Macam Penyajian Data

Untuk mengukur skewness distribusi data: Rumus Pearson SK = skewness = rata-rata Mo = mode S = standar deviasi = SD

Data Kualitatif Dan Kuantitatif: Pengertian, Perbedaan, Serta Contohnya

SK = 0 atau mendekati nol  distribusi data simetris SK bertanda negatif  distribusi data miring ke kiri SK positif  distribusi data miring ke kanan

Macam Macam Penyajian Data

Agar situs web ini berfungsi, kami merekam data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie kami. Seperti yang telah kita ketahui, data dapat disajikan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah penyajian data dalam bentuk diagram.

Penyajian data berupa diagram ini sebagai alat bantu penyajian data statistik, berupa gambar atau simbol.

Macam Macam Penyajian Data

Teknik Penyajian Data

Dengan demikian, pengertian bagan itu sendiri adalah rangkaian gambar yang menyajikan data secara visual dan didasarkan pada nilai pengamatan asli dan tabel yang dibuat sebelumnya.

Penyajian data dalam bentuk diagram dimaksudkan untuk memberikan akses informasi yang dibutuhkan pengguna dengan mudah dan cepat.

Macam Macam Penyajian Data

Secara umum dapat dikatakan bahwa penyajian data dalam grafik yang paling umum adalah penyajian data dalam bentuk tabel kolom, pie, garis dan pohon.

Rangkuman Materi Matematika Kelas 7 Bab 9 Penyajian Data

Bagan batang atau disebut juga kolom adalah data visual berbentuk persegi panjang dengan lebar yang sama dan dilengkapi dengan skala atau ukuran.

Macam Macam Penyajian Data

Diagram lingkaran adalah data visual dalam bentuk lingkaran, yang dibagi menjadi beberapa bagian (sektor) yang berbeda sesuai dengan datanya.

Di setiap sektor, ini menggambarkan kategori data yang pertama kali diubah menjadi derajat menggunakan busur derajat yang dinyatakan dalam persentase.

Macam Macam Penyajian Data

Stastik Pages 1 3

Penyajian data dalam bentuk pie chart berdasarkan lingkaran yang dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah jam persiapan.

Penyajian data dalam diagram lingkaran sangat cocok untuk data dalam bentuk kategori atau atribut dalam persentase.

Macam Macam Penyajian Data

Bagan garis adalah data visual berupa garis-garis yang berasal dari beberapa ruas garis yang menghubungkan titik-titik yang berbeda dalam bidang numerik.

Materi Tentang Penyajian Data

Representasi grafik garis data biasanya digunakan untuk menunjukkan keadaan data yang kontinu atau terputus-putus.

Macam Macam Penyajian Data

Mirip dengan diagram batang, diagram garis memerlukan sumbu datar dan sumbu vertikal yang saling tegak lurus.

Diagram pohon dimulai dengan satu item bercabang menjadi dua atau lebih, setiap cabang kemudian bercabang kembali menjadi dua atau lebih, dan seterusnya, sehingga menyerupai pohon dengan banyak batang dan cabang.

Macam Macam Penyajian Data

Teknik Pengolahan Data Pada Distribusi Frekuensi

Presentasi data diagram pohon sering digunakan untuk memecah komponen menjadi sub-komponen atau untuk tingkat yang lebih rendah dan lebih rinci.

Singkatnya, sekilas tampilan data berupa ikon tampak sangat menarik. Namun, penggunaan ikon sangat terbatas.

Macam Macam Penyajian Data

% siswa dengan kegiatan ekstrakurikuler dramatis, khususnya = 100% – (12% + 20% + 30% + 10% + 13%)

Tolong Dari Jawab Guysyang No 6 Ga Dijawab​

Diketahui bahwa setiap bulan pada tahun 2006 terdapat data jumlah TV berwarna yang terjual di Toko Elektronik Setiawan Putra :

Macam Macam Penyajian Data

Demikian ulasan singkat yang dapat kami berikan kali ini. Semoga ikhtisar di atas dapat digunakan sebagai bahan belajar Anda. Beberapa waktu lalu saya diberi tugas membuat soal harian untuk ulangan

Penyajian data dalam bentuk tabel, penyajian data statistika, contoh soal penyajian data, penyajian data, penyajian data adalah, macam penyajian data, pengolahan dan penyajian data, macam macam penyajian data statistik, macam macam bentuk penyajian data, cara penyajian data statistika, mengapa penyajian data diperlukan, soal penyajian data kelas 5

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button