Pendidikan

Motif Fauna Dekoratif

Motif Fauna Dekoratif – A. Pengertian ragam hias Setiap karya seni memiliki keunikan dan keindahan yang dapat dinikmati. Seperti halnya karya seni berupa kerajinan tangan. Handicraft atau kerajinan tangan biasanya merupakan hiasan yang indah. Ornamen-ornamen ini dibuat untuk memperindah karya-karya seperti baju, topeng, perabot rumah tangga, candi dan dekorasi ruangan. Hiasan suatu karya seni dikenal dengan ragam hias atau ornamen. Hiasan atau hiasan berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata ornare yang berarti hiasan atau permata. Ornamen adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya disusun menurut pola tertentu yang diterapkan berulang kali pada karya seni/kerajinan.

Ornamen mulai berkembang sejak zaman prasejarah. Hiasan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dapat dengan mudah ditemukan pada kain, kulit, motif batik, keramik, kain, atau ukiran pada kayu dan batu. Meskipun bentuk dasar ragam hiasnya mirip satu sama lain, namun masing-masing memiliki ciri khas yang secara simbolis memiliki makna yang berbeda.

Motif Fauna Dekoratif

Motif Fauna Dekoratif

Ragam hias flora dan fauna Ragam hias flora dan fauna adalah jenis motif hias yang berkembang dari objek flora dan fauna. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan keunikan flora dan fauna yang sangat berbeda. Keberadaan flora dan fauna ini dapat menjadi sumber inspirasi dalam proses penciptaan motif hias di suatu daerah. Misalnya, perajin batik Papua menggunakan burung cendrawasih sebagai ciri motif hiasnya. Selain itu, ada batik Bengkulu yang menggunakan objek bunga yaitu bunga Rafflesia Arnoldi sebagai motif hiasnya. Dan masih banyak daerah lain yang menjadikan objek flora dan fauna daerahnya sebagai sumber inspirasi dalam penciptaan motif hias. Kemudian muncul pemahaman tentang jenis-jenis motif hias yang dikembangkan dari objek flora, fauna, geometris dan figuratif.

Menggambar Motif Ragam Hias

Di bawah ini adalah contoh motif hias bunga dan hewan, dari yang mudah digambar hingga yang cukup rumit, namun indah dan menarik.

Motif Fauna Dekoratif

B. Jenis-jenis motif hias Kekayaan flora, fauna dan alam nusantara sangat mempengaruhi karya-karya seniman Indonesia. Ada banyak sebutan untuk motif hias, namun umumnya motif hias dikelompokkan menjadi empat yaitu motif bunga, hewan, figuratif dan geometris.

1. Ragam hias flora Ragam hias flora adalah jenis ragam hias yang menggunakan bentuk flora/sayuran sebagai objek motif hiasnya. Representasi flora hias dalam seni hias dilakukan dengan berbagai cara, seperti stilisasi, deformasi atau kombinasinya sesuai dengan keinginan senimannya. Begitu pula dengan jenis tumbuhan yang digunakan sebagai objek/inspirasi juga berbeda berdasarkan lingkungan alam, sosial dan religi pada waktu dan tempat asal motif tertentu. Flora hias dapat ditemukan di hampir setiap daerah. Motif bunga dekoratif mudah ditemukan pada seni dan kerajinan daerah, seperti tekstil batik, kain, dan patung.

Motif Fauna Dekoratif

Pendidikan Seni Rupa Dan Kerajinan Pgsd Stkip Pgri Tulungagung 3f: 2015

Bentuk susunan motif tumbuhan biasanya jarang dikenali dari jenis tumbuhan yang mana, karena sudah bisa dimodifikasi/digayakan sedemikian rupa sehingga berbeda dengan bentuk aslinya. Objek tanaman diambil dari komposisi pada akar, daun, bunga, kuncup, biji, cabang, buah dan pohon. Misalnya motif hias pohon kehidupan (kalpataru) yang diterapkan pada gunungan wayang. Motif ini memiliki nilai simbolis, artinya dunia yang didiami manusia saat ini terbagi menjadi dunia atas tempat bersemayam para dewa dan dunia bawah tempat hidup makhluk biasa.

2. Variasi Hiasan Fauna Hiasan Fauna adalah jenis hiasan yang menggunakan bentuk fauna/binatang sebagai objek motif hiasnya. Ragam hias fauna merupakan bentuk motif ragam hias yang diambil dari bagian-bagian bentuk tubuh hewan. Penggambaran fauna dalam motif hias kebanyakan bersifat rekaan/stilasi, jarang dalam bentuk alam/binatang asli, namun umumnya bentuk aslinya selalu mudah dikenali. Dalam visualisasinya, bentuk-bentuk binatang bersifat mutlak hanya pada beberapa bagian (tidak seluruhnya) dan dipadukan dengan motif lain. Jenis hewan yang sering disuling dan dijadikan hiasan antara lain burung, ular, gajah, singa, monyet dan lain-lain.

Motif Fauna Dekoratif

Ragam hias fauna dapat dipadukan dengan bentuk motif lain seperti motif bunga, motif fauna dan motif geometris yang hasilnya sering disebut motif ragam hias campuran. Motif hewan hias dapat dijumpai pada berbagai kerajinan daerah, seperti batik, ukiran, kepang, sulam, kain dan kain bordir. Bentuk motif hias fauna juga bisa dijadikan sarana untuk merepresentasikan kearifan lokal daerah di Indonesia, seperti komodo di Nusa Tenggara Timur, burung cendrawasih di Papua, dan gajah di Lampung.

Gambar Ragam Hias Flora Dan Fauna

3. Varian ragam hias geometris Hiasan geometris merupakan jenis ragam hias yang berkembang dari bentuk-bentuk geometris yang distilisasi sesuai selera dan imajinasi pembuatnya. Ornamen geometris merupakan bentuk ornamen tertua. Hiasan ini dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris seperti titik, garis atau bidang (persegi, lingkaran, segitiga, dll) yang disusun berulang-ulang membentuk model tertentu dari yang sederhana sampai yang kompleks. Motif geometris dapat ditemukan di hampir seluruh wilayah nusantara, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Motif Fauna Dekoratif

Ornamen geometris dibuat dengan menggabungkan bentuk geometris dalam pola dekoratif dengan pola tertentu. Motif ini lebih banyak menggunakan unsur geometri seperti titik, garis, lingkaran, segitiga, persegi panjang, meander, swastika, bentuk spiral dan lain-lain. Pada awalnya ragam hias ini dibuat dengan garis-garis yang mengikuti bentuk objek yang dihias, dan dalam perkembangannya motif ini dapat diterapkan di berbagai tempat dan teknik (menggambar, mengukir, mencetak).

4. Ragam ragam hias figuratif Hiasan figuratif adalah jenis ragam hias yang menggunakan benda manusia sebagai motif hiasnya. Manusia sebagai salah satu objek dalam penciptaan motif hias memiliki banyak unsur, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri. Contoh motif figuratif tersendiri adalah topeng, sedangkan keseluruhannya adalah bentuk-bentuk dalam wayang.

Motif Fauna Dekoratif

Ragam Hias Flora Dan Fauna, Geometris, Figuratif, Beserta Contoh Gambarnya

C. Pola Hias Penataan motif hias biasanya dilakukan dengan menggabungkan atau memasukkan lebih dari satu jenis motif. Untuk membuat hiasan yang bagus, perlu merangkai motif yang dikenal sebagai model. Model hias merupakan hasil penataan motif-motif menurut prinsip komposisi dan kaidah-kaidah tertentu. Beberapa bentuk pola hias lebih sering berupa pola dan motif yang berulang. Di bawah ini adalah tujuh jenis pola dekoratif:

Pola pada suatu ragam hias yang dihasilkan dari susunan motif ragam hias yang memiliki keseimbangan dan bentuk yang sama pada setiap susunan antara sisi kanan dan sisi kiri.

Motif Fauna Dekoratif

Pola dekoratif yang mengulangi bentuk sebelumnya dan digunakan untuk menghiasi tepi potongan individu

Gambar Dekoratif Adalah Bercorak Dekor, Ketahui Fungsi Dan Tips Membuatnya

Pola dekoratif yang membentuk pola segitiga. Biasanya bentuk ragam hiasnya berbeda dan disesuaikan dengan bentuk ragam hias yang ada

Motif Fauna Dekoratif

D. Cara menggambar flora hias yang berbeda Seperti namanya, dekorasi itu dekoratif, karena semua bentuk pada umumnya indah. Motif dekoratif dibuat dengan teknik realistik/alami, stilisasi dan deformasi. Realistis/alami adalah teknik menggambar ornamen yang membuat objek mirip dengan objek aslinya tanpa banyak perubahan. Teknik ini sering digunakan untuk ukiran batu dan kayu, tetapi tidak sering digunakan untuk dekorasi tekstil. Stilasi adalah stilisasi atau pengembangan suatu bentuk untuk memperindah bentuk sebelumnya. Deformasi adalah teknik mengubah, menyederhanakan atau memisahkan bagian-bagian yang berbeda dari suatu bentuk.

Cara membuat hiasan melalui beberapa tahapan. Secara umum, langkah-langkah menggambar ornamen bunga, hewan, geometris, dan figuratif adalah sebagai berikut:

Motif Fauna Dekoratif

Gambar Fauna Dekoratif

Sebagai referensi saat menggambar ornamen berikut kami sajikan beberapa contoh ornamen yang cukup mudah untuk digambar, sangat bagus dan menarik.

Demikian panorama “Ragam ragam hias, geometris, figuratif flora dan fauna, beserta contoh-contoh bergambar” yang dapat kami sampaikan. Baca artikel dekoratif menarik lainnya hanya di situs .1. Menggambar untuk bercerita 2. Menggambar untuk bermain 3. Menggambar untuk kreativitas 4. Menggambar dapat melatih ingatan 1. Pola geometris 2. Pola hewan 3. Pola tumbuhan 4. Pola figuratif 5. Pola benda alam 6. Pola kreatif 1. Motif geometris 2. Motif binatang 3. Motif tumbuhan 4. Motif figuratif 5. Motif benda alam 6. Motif kreasi 1. Siapkan bahan dan alat 2. Tentukan jenis motif hias 3. Buat sketsa 4. Sempurnakan gambar

Motif Fauna Dekoratif

Seni dibagi menjadi seni dua dimensi dan tiga dimensi menurut bentuk dan bentuknya. Contoh seni rupa dua dimensi adalah lukisan motif hias. Desain dekoratif sering digunakan sebagai pekerjaan rumah untuk anak-anak sekolah dasar di kelas budaya dan budaya. Selain menyenangkan, membuat lukisan dekoratif bisa melatih kreativitas.

Contoh Motif Hias Gambar Dekoratif Dari Berbagai Jenisnya Lengkap

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun bisa berkreasi dengan menggambar motif hias hias. Jenis motif hias hias tidak hanya satu, namun bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kreatifitas Anda.

Motif Fauna Dekoratif

Ingin tahu jenis motif hias apa saja yang ada dan bagaimana cara membuatnya? Lihat saja artikel ini. Ada contoh alasan yang bisa dijadikan inspirasi, lho!

Seperti disebutkan dalam buku “Belajar Seni Rupa di Sekolah Dasar” karangan Yunisrul, lukisan dekoratif adalah lukisan yang lebih ditekankan fungsi dekoratifnya. Sedangkan motif dekoratif dekoratif merupakan kombinasi bentuk untuk gambar yang indah.

Motif Fauna Dekoratif

Ornamen Masjid Bekasi

Tujuan menggambar motif dekoratif dekoratif adalah untuk membuat permukaan gambar polos lebih enak dipandang, tanpa meninggalkan kesan ruang, bayangan, dan pencahayaan. Desain dekoratif berfokus pada pola dekoratif dan permainan warna.

Pola hias yang sering digunakan adalah kotak, lingkaran, segitiga atau bisa juga hewan, tumbuhan dan bentuk-bentuk abstrak. Motif hias dekoratif lebih fleksibel untuk digunakan pada banyak produk yang membutuhkan desain motif. Biasanya hasil dari gambar ini akan dijadikan sebagai tampilan.

Motif Fauna Dekoratif

Waktu SD kita sudah bisa membuat gambar motif hias di kelas seni. Ternyata, gambar motif hias memiliki tujuan dan manfaat bagi anak. Manfaat ini meliputi:

Perhatikan Gambar Berikut!!! Gambar Di Atas Merupakan Ragam Hias

Anak-anak dapat mengekspresikan perasaan mereka dengan menggambar. Mulai dari pola motif hias hingga warnanya juga menggambarkan perasaan sang anak saat itu.

Motif Fauna Dekoratif

Menggambar tidak harus selalu dianggap serius. Bayangkan itu

Motif hias dekoratif, motif batik dekoratif, gambar dekoratif motif abstrak, motif dekoratif, contoh motif dekoratif, motif dekoratif hewan, macam motif dekoratif, gambar dekoratif motif, gambar dekoratif motif hias, motif fauna, motif dekoratif adalah, gambar dekoratif fauna

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button