Pendidikan

Pecahan Sederhana Adalah

Pecahan Sederhana Adalah – Kalimat Sederhana: Gambar dan Contoh – Materi matematika tidak hanya membahas bilangan bulat, tetapi juga bilangan pecahan. Nah, kali ini kita akan membahas materi matematika kelas 3 bagian mudah, disertai gambar dan contoh soal.

Pecahan sederhana adalah bentuk pecahan terkecil. Bagian itu sendiri merupakan bagian dari satu kesatuan yang utuh. Bagian ditulis dalam bentuk a/b. di mana a adalah pembilang dan b adalah penyebut.

Pecahan Sederhana Adalah

Pengertian bagian juga dapat diartikan sebagai satu bagian atau keseluruhan. Bilangan pecahan dapat digunakan untuk mewakili bagian dari keseluruhan objek atau bagian dari suatu objek.

Kelas06_gemar Matematika_sumanto Heny Nur By S. Van Selagan

Misalnya, kue pizza dibagi menjadi dua bagian yang sama, maka kue pizza dibagi menjadi dua bagian yang sama. Setiap irisan pai pizza disebut setengah (1/2: baca satu dengan dua atau setengah atau setengah).

Rincian umumnya dibagi menjadi pecahan biasa, pecahan campuran, desimal dan persentase. Bagian dengan nilai besar dapat disederhanakan menjadi bentuk yang lebih kecil.

Saat membahas besaran, penyederhanaan dapat dicapai dengan membagi pembilang dan penyebut yang berurutan dengan angka yang sama atau dengan menggunakan metode FPB.

Agar lebih mudah memahami pecahan, simak beberapa contoh gambar pecahan berikut ini: setengah, pertiga, perempat, perlima, perenam, dan perdelapan.

Pecahan Sederhana Ii Matematika Dasar

Jika seluruh objek dibagi menjadi dua bagian yang sama, setiap bagian disebut 1/2 (setengah atau setengah atau setengah).

Jika seluruh objek dibagi menjadi tiga bagian yang sama, maka setiap bagian disebut 1/3 (bagian ketiga atau ketiga).

Jika seluruh objek dibagi menjadi empat bagian yang sama, maka setiap bagian disebut 1/4 (seperempat atau seperempat).

Jika seluruh objek dibagi menjadi lima bagian yang sama, maka setiap bagian disebut 1/5 (seperlima atau seperlima).

Ejercicio Online De Pecahan Sederhana

Jika seluruh objek dibagi menjadi enam bagian yang sama, maka setiap bagian disebut 1/6 (seperenam atau seperenam).

Jika seluruh objek dibagi menjadi delapan bagian yang sama, maka setiap bagian disebut 1/8 (seperdelapan atau satu oktaf).

Jadi diskusikan bagian yang mudah beserta gambar dan contoh. Semoga bermanfaat untuk memulai belajar matematika tentang pecahan. Pada gambar selanjutnya dan gambar dibawah ada 2 potong, 4 potong dan 5 potong pizza. Angka 2, 4, dan 5 mewakili bilangan bulat atau bulat dan disebut bilangan bulat. Ada beberapa benda dalam kehidupan sehari-hari yang selalu bulat atau melingkar, misalnya jumlah orang, jumlah perahu, jumlah anjing, dll. Kita tidak bisa mengatakan: “Ada dua setengah orang”, “Ada tujuh pertiga kapal”, atau “Lima dua pertiga adalah anjing”.

Tapi kita masih bisa mengatakan: “Dua setengah potong pizza”, “Ini lima, dua perempat mil”, “Tingginya satu, tiga perempat kaki”, dan seterusnya.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 4 Halaman 19 Tentukan 3 Pecahan Yang Senilai

2 1/2, 5 2/3, dan 1 3/4 disebut bilangan bulat, tepatnya pecahan campuran. Ada juga genuine part yang akan kita pelajari hari ini.

Jika pembilangnya lebih kecil dari penyebutnya, maka pembilangnya kurang dari 1. Lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya!

Sebaliknya, jika pembilangnya lebih besar dari penyebutnya, maka pembilangnya memiliki nilai lebih besar dari satu dan dapat dijumlahkan.

Pada gambar di atas, 1 potong pizza dibagi menjadi 2 bagian yang sama besar, sehingga setiap bagian bernilai 1/2. Demikian pula, jika 1 potong pizza dibagi menjadi empat bagian yang sama, maka setiap bagian bernilai 1/4.

Sederhanakan Pecahan Berikut Menjadi Pecahan Paling Sederhana 8/56

Sekarang, jika 1 potong pizza dibagi menjadi 8 bagian yang sama, maka setiap bagian bernilai 1/8.

Kalau kita lihat 1/2, 1/4, 1/8, dan 1/16 nilainya kurang dari 1 pecahan. Ukurannya kurang dari ukuran 1 bagian utuh atau bulat.

Perhatikan bahwa 1/2, 1/4, 1/8, dan 1/16 disebut pecahan murni, yang semuanya memiliki pangkat kurang dari 1. /4 lebih besar dari 1/8, 1/8 lebih besar dari 1/16. Nilai empat terbesar adalah 1/2, sedangkan nilai terkecil adalah 1/16. Jadi jika beberapa pecahan memiliki pembilang yang sama, maka pecahan terbesar adalah pecahan dengan penyebut terkecil. Sebaliknya, pecahan terkecil adalah pecahan dengan penyebut terbesar.

Sekarang kita akan mengambil setengah dari pizza dengan cara berbeda dan memotongnya menjadi irisan. Pertama kita bagi 1 bagian pizza menjadi 2 bagian.

Ejercicio De Latihan Matematika Pecahan

Kita juga bisa membaginya menjadi 4 bagian, kemudian kita mendapatkan 2 bagian yang sama yaitu 1/4 dan 1/4 menjadi 2/4.

Selanjutnya kita bisa membaginya menjadi 8 bagian yang sama, lalu kita mendapatkan 4 bagian yang sama. Jadi 1/8+1/8+1/8+1/8 menjadi 4/8.

Sebenarnya kita bisa membaginya menjadi 16 bagian yang sama, lalu kita ambil 8 bagian sehingga nilainya menjadi 1/16+1/16+1/16+1/16+1/16+1/16+1/16+1/16 atau 8 kali 1/16 sehingga nilainya menjadi 8/16.

Kita dapat melihat bahwa potongan pizza berukuran sama dengan nilai 1/2, 1/4, 4/8, 8/16. Angka-angka ini disebut bagian yang sama.

Docx) 2. Latihan Soal Matematika Pecahan Smp Terbaru

Kita tidak perlu menggambar atau mempraktikkannya untuk menentukan apakah dua pecahan sama atau tidak.

Untuk menentukan pembilangnya sama dengan 1/2, kita dapat mengalikan pembilang dan penyebutnya dengan 2 untuk mendapatkan 2/4. Pembilang dan penyebut 1/2 juga bisa kita kalikan dengan bilangan yang sama, yaitu 4, sehingga diperoleh 4/8. Atau kita mengalikan hasil bagi 1/2 dan penyebutnya dengan 8 untuk mendapatkan 8/16.

Kita juga bisa melihat nilai penyesuaian bertahap. Pertama, kita kalikan setiap jumlah dengan 1/2 dan setiap jumlah dengan 2 untuk mendapatkan 2/4. Kemudian untuk mendapatkan pecahan lainnya, kita mengalikan setiap penjumlahan dengan 2/4 dan setiap penjumlahan dengan 2 untuk mendapatkan 4/8. Bisakah kita terus mendapatkan pecahan lain dari 4/8, kalikan setiap pembilang dan penyebutnya dengan 2 untuk mendapatkan 8/16 dan seterusnya.

Kita dapat mengalikan pembilang dan penyebut dengan angka apa saja kecuali 0 dan 1 untuk menghasilkan pembagian yang sama. Karena kita bisa menemukan banyak bagian yang sama, atau bahkan tidak banyak bagian.

Bentuk Pecahan Sederhana Dari 280/112 Adalah A.

Tapi hati-hati, kita tidak bisa mengalikan dengan 0 karena hasilnya 0. Demikian juga, kita tidak bisa mengalikan dengan 1 karena hasilnya adalah pecahan yang sama, bukan pecahan setara yang kita harapkan.

Menemukan pecahan sama dengan 4/7 terlalu banyak. Tapi 35 hanya sebagian. Jika kita perhatikan setiap penjumlahan, 7 menjadi 35, yaitu hasil kali 7 dengan 5, maka bilangan 4 itu harus dikalikan 5, sehingga hasilnya adalah 20. Jadi pecahannya sama dengan 4/. 7 adalah 20/35.

Dari angka 3/11 kita menemukan banyak angka yang mirip. Tetapi hanya 1 angka yang merupakan kelipatan dari 27. Kita perhatikan bahwa angka 3 menjadi 27 yang merupakan hasil kali 3 dengan 9, jadi 11 dinamit juga harus dikalikan dengan 9, yaitu 99. Jadi kita mendapatkan sama dengan 3/11. 27/99

Untuk mendapatkan pecahan sederhana, disarankan untuk membagi pembilang dan penyebut dengan angka yang sama, tetapi bukan 1 dan 0. Perlu diperhatikan bahwa pembilang harus merupakan faktor (pembagi) hasil bagi dan penyebut.

Ejercicio De Menyederhanakan Pecahan

Pada contoh di atas, 8/16, pembilang dan penyebutnya dibagi 8 menghasilkan 1/2, dan demikian pula 4/8, pembilang dan penyebutnya dibagi 4 menghasilkan pecahan 1/2. Bilangan rasional 2/4 membagi pembilang dan penyebutnya dengan 2 menghasilkan 1/2. 1/2 Bilangan pecahan tidak dapat direduksi lagi, jadi 1/2 adalah bentuk paling sederhana dari pecahan lain yang setara dengan 1/2.

Cara lain untuk menentukan bentuk sederhana suatu bagian adalah dengan langkah-langkah. Misalnya 8/16, pembilang dan penyebutnya dibagi 2 menjadi 4/8. Kemudian pembilang dan penyebut dari 4/8 dibagi 2 sehingga menghasilkan 2/4. Kami kemudian melanjutkan membagi pembilang dan penyebut dengan 2 untuk menghasilkan 1/2. 1/2 adalah pecahan paling sederhana karena tidak dapat dibagi dengan pembagi yang sama.

Bentuk sederhana dari pecahan bisa kita temukan secara langsung atau langkah demi langkah, yang penting kita tahu bahwa bilangan yang kita pilih sebagai pembagi harus merupakan faktor persekutuan hasil kali dan penyebutnya.

Pada contoh di atas angka 18/28 dibagi sama rata dengan 2 sehingga menghasilkan 9/14. Angka pecahan 9/14 adalah bentuk paling sederhana karena kita tidak dapat menemukan satu angka pun yang merupakan faktor persekutuan dari 9 dan 14.

Latihan Soal Mengenal Pecahan Dengan Gambar

Dari analisis kami sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa jika a/b adalah pecahan, maka untuk mendapatkan bentuk paling sederhana adalah dengan membagi a atau b dengan bilangan bulat tunggal c, karena c adalah faktor persekutuan terbesar dari a dan b. .

Angka 30/36 dapat disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebutnya dengan 2 untuk menghasilkan 15/18. Namun, 15/18 bukanlah pecahan termudah karena 15 dan 18 masih bisa dibagi dengan angka yang sama, 3, untuk menghasilkan 5/6. Perhatikan bahwa tidak ada bilangan lain yang habis dibagi 5 dan 6, jadi 5/6 adalah bentuk sederhana dari 15/18 atau 30/36.

Jika kita mengetahui faktor persekutuan terbesar dari pembilang dan penyebut, kita akan segera mendapatkan bentuk yang paling sederhana. Misalnya, angka 30/36. Faktor persekutuan terbesar dari 30 dan 36 adalah 6 karena hanya 6 merupakan bilangan terbesar yang membagi 30 dan 36. Hasilnya adalah 5/6. Jadi 5/6 adalah bentuk paling sederhana dari 30/36.

Mengenal pecahan sederhana, contoh pecahan sederhana, contoh soal pecahan sederhana, materi pecahan sederhana, pecahan sederhana, pengertian pecahan sederhana, pecahan sederhana kelas 3, pecahan adalah, pecahan campuran adalah, cara menghitung pecahan sederhana, pecahan, media pecahan sederhana

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button