Pendidikan

Pecahan Tambahan

Pecahan Tambahan – Penjumlahan dan pengurangan pecahan – ada berbagai macam bilangan dalam pelajaran matematika. Salah satunya adalah bilangan pecahan. Saat menghitung pecahan, ada operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pada artikel ini kita akan membahas cara menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Bilangan pecahan adalah bilangan yang terdiri dari pembilang dan penyebut (a/b). di mana a disebut pembilang dan b disebut penyebut. Nah untuk menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan, rumusnya adalah mencelupkan penyebutnya.

Pecahan Tambahan

Secara umum, patah tulang dibagi menjadi patah tulang abnormal dan patah tulang campuran. Untuk menghitung penjumlahan dan pengurangan dua jenis pecahan, caranya sedikit berbeda. Dalam pecahan campuran, pertama-tama kita harus mengubahnya menjadi pecahan biasa. Simak pembahasan berikut untuk lebih jelasnya.

Perkalian Dan Pembagian Berbagai Bentuk Pecahan Kelas 6 Sd

Penjumlahan adalah penjumlahan dua bilangan atau lebih. Sedangkan pengurangan mengambil suatu bilangan sampai nilainya berkurang. Penjumlahan dan pengurangan pecahan berbeda dengan bilangan bulat. Berikut cara menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan beserta contohnya.

Ingatlah bahwa pecahan memiliki pembilang dan penyebut. Untuk menghitung penjumlahan pecahan biasa dengan penyebut yang sama, Anda cukup menjumlahkan pembilangnya. Perhatikan contoh berikut.

Namun, jika pecahan yang dijumlahkan memiliki penyebut yang berbeda, pertama-tama kita harus mencocokkan penyebutnya dan kemudian menjumlahkan pembilangnya. Perhatikan contoh berikut.

Langkah pertama adalah membandingkan penyebutnya. Kita akan menggunakan KPK penyebutnya, yaitu 3 dan 4. KPK dari 3 dan 4 = 12

Rumus Pecahan: Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan

Dalam hal ini, rumus KPK digunakan untuk membandingkan dua besaran yang penyebutnya berbeda. Pada contoh di atas, KPK dari 3 dan 4 adalah 12. Jadi penyebut dan hasil bagi keduanya harus dikalikan dengan angka yang sama agar penyebutnya 12. Perubahan ini berlaku untuk operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang penyebutnya berbeda.

Jika Anda menemukan penjumlahan pecahan campuran (di mana pecahan terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa), maka menjumlahkan pecahan ini berarti mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Perhatikan contoh berikut.

Cara mengurangkan pecahan biasa pada dasarnya sama dengan menjumlahkan pecahan, yaitu pembilangnya hanya dikurangkan jika penyebutnya sama atau telah dibandingkan. Perhatikan contoh di bawah ini.

Namun, jika pecahan yang akan dikurangkan memiliki penyebut yang berbeda, kita harus membandingkannya terlebih dahulu agar setiap pecahan memiliki penyebut yang sama.

Cara Menghitung Pecahan Campuran Dengan Mudah!

Langkah pertama adalah membandingkan penyebutnya. Kita akan menggunakan KPK penyebutnya, yaitu 2 dan 3. KPK dari 2 dan 3 = 6

Seperti menjumlahkan pecahan, cara membandingkan dua pembilang yang penyebutnya berbeda bilangan adalah dengan menggunakan rumus KPK. Pada contoh di atas, KPK dari 2 dan 3 adalah 6. Jadi penyebut dan hasil bagi keduanya harus dikalikan dengan angka yang sama agar penyebutnya menjadi 6.

Untuk menghitung operasi pengurangan pada pecahan campuran (jika pecahan terdiri dari pecahan utuh dan pecahan biasa), langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Perhatikan contoh berikut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button