Pendidikan

Penambahan Pecahan Campuran

Penambahan Pecahan Campuran – Menghitung Pecahan Campuran – Saat Anda belajar matematika, Anda perlu mendiskusikan pecahan. Bilangan pecahan terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satu faksi campuran. Pada artikel ini, kita membahas cara menghitung pecahan campuran, beserta contoh soalnya.

Menghitung pecahan campuran sering muncul pada ujian tengah semester dan ujian negara. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara menghitung pecahan campuran. Operasi aritmatika untuk bilangan campuran meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Penambahan Pecahan Campuran

Penambahan Pecahan Campuran

Sebelum kita mulai menghitung pecahan campuran, ada baiknya kita mengulas materi tentang pecahan terlebih dahulu. Apa itu pecahan biasa dan campuran? Simak penjelasan berikut ini.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 5 Sd Mi Halaman 10 Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Campuran

Pecahan adalah bilangan matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut, biasanya ditulis a/b. Dimana a adalah hasil bagi, yaitu bilangan yang dibagi penyebut atau bilangan di atas penyebut. Sedangkan b adalah penyebutnya, yaitu angka di bawah pembilang atau angka yang membagi penyebut. Lihat contoh di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Penambahan Pecahan Campuran

Contoh di atas adalah pecahan biasa. Lalu apa yang dimaksud dengan pecahan campuran? Pecahan campuran adalah pecahan yang terdiri dari keseluruhan dan pecahan biasa. Perhatikan contoh pecahan campuran berikut ini:

Sekian penjelasan singkat tentang perbedaan pecahan biasa dan campuran. Dilanjutkan dengan pembahasan pokok menghitung pecahan campuran.

Penambahan Pecahan Campuran

Kumpulan Soal Penjumlahan Pecahan Desimal

Sebelum kita menjelaskan cara menghitung pecahan campuran, kita perlu memahami cara mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Karena ini sangat penting untuk melakukan operasi aritmatika pada pecahan campuran.

Sangat mudah untuk mengacaukan pecahan campuran dengan pecahan biasa. Yang harus kita lakukan adalah mengalikan bilangan bulat dengan penyebut pecahan, lalu menjumlahkan hasilnya dengan penyebut. Sedangkan penyebutnya tetap sama seperti sebelumnya. Lihat contoh berikut untuk lebih jelasnya:

Penambahan Pecahan Campuran

Setelah Anda mempelajari cara mengubah pecahan campuran menjadi bentuk umum, langkah selanjutnya adalah melakukan operasi hitung pada pecahan campuran. Ada beberapa faktor penting yang perlu diperhatikan saat menghitung pecahan campuran, antara lain:

Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal Dan Sebalikny

Penjumlahan pecahan campuran adalah proses penambahan dua atau lebih pecahan campuran. Untuk menghitung, kita perlu mengubah pecahan campuran menjadi umum dan penyebutnya sama. Lihat contoh pertanyaan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Penambahan Pecahan Campuran

Langkah-langkah menghitung pengurangan bilangan campuran hampir sama dengan cara menjumlahkan pecahan, yaitu terlebih dahulu ubah bilangan campuran menjadi pecahan biasa dan pastikan penyebutnya sama. Lihat contoh pertanyaan di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Untuk menghitung perkalian pecahan campuran, langkah pertama adalah mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Kemudian kalikan pembilang dengan pembilang dan kalikan penyebut dengan penyebut. Lihat contoh di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Penambahan Pecahan Campuran

Kumpulan Contoh Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Pecahan Campuran

Untuk menghitung pembagian pecahan campuran langkah awalnya masih sama yaitu pecahan campuran harus diganti dengan pecahan biasa. Namun, untuk melakukan pembagian campuran, kita perlu membalikkan pecahan yang digunakan sebagai pembagi. Dimana posisi pembilang digunakan sebagai penyebut dan penyebut digunakan sebagai pembilang. Kemudian ubah operasi pembagian menjadi perkalian. Lihat contoh di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Langkah kedua adalah membalikkan pecahan yang digunakan sebagai pembagi. Penghitung menjadi penyebut dan penyebut menjadi pembilang. Kemudian ubah operasi pembagian menjadi perkalian,

Penambahan Pecahan Campuran

Bagaimana tidak begitu sulit? Demikian pembahasan tentang cara menghitung pecahan campuran. Pada dasarnya, saat menjumlahkan dan mengurangkan pecahan campuran, penyebutnya harus disamakan terlebih dahulu. Untuk perkalian, Anda dapat mengalikan secara langsung. Namun, untuk membagi, kita harus membalik posisi pecahan yang digunakan sebagai pembagi. Semoga bermanfaat.

Rumus Pecahan: Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan

Mencari pecahan campuran, pecahan campuran kls 5, pecahan campuran pengurangan pecahan, cara menjawab pecahan campuran, cara menjumlahkan pecahan campuran, cara penambahan pecahan campuran, kalkulator pecahan campuran, contoh soal pecahan campuran, pecahan campuran penjumlahan, cara penambahan pecahan, penambahan pecahan, menjumlahkan pecahan campuran

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button