Pengertian Sejarah Menurut Kuntowijoyo Dan Sartono Kartodirdjo

Posted on
Jelaskan Dua Pengertian Hakikat Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo
Jelaskan Dua Pengertian Hakikat Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo from thisguruedukasi.blogspot.com

Pengertian Sejarah Menurut Kuntowijoyo dan Sartono Kartodirdjo

Sejarah adalah ilmu sosial yang mempelajari peristiwa masa lalu dan pengaruhnya terhadap perkembangan manusia. Dalam memahami sejarah, terdapat berbagai pendekatan yang dapat digunakan. Dua tokoh yang memiliki pemahaman yang berbeda mengenai sejarah adalah Kuntowijoyo dan Sartono Kartodirdjo.

Pengertian Sejarah menurut Kuntowijoyo

Kuntowijoyo adalah seorang sejarawan dan tokoh intelektual Indonesia. Menurutnya, sejarah adalah ilmu yang mempelajari perjalanan hidup manusia dalam konteks ruang dan waktu. Sejarah tidak hanya mempelajari peristiwa-peristiwa besar yang terjadi, tetapi juga peristiwa-peristiwa kecil yang dapat memberikan gambaran tentang kehidupan manusia pada masa lalu. Kuntowijoyo juga menekankan pentingnya memahami sejarah sebagai refleksi dari masa kini untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Pengertian Sejarah menurut Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo adalah seorang sejarawan Indonesia yang juga merupakan salah satu pendiri Asosiasi Sejarah Indonesia. Menurutnya, sejarah adalah ilmu yang mempelajari perubahan sosial dalam masyarakat. Dalam pandangan Sartono Kartodirdjo, sejarah tidak hanya mempelajari peristiwa-peristiwa politik atau ekonomi, tetapi juga aspek-aspek budaya, agama, dan sosial yang menjadi bagian penting dalam perkembangan masyarakat. Sejarah juga berfungsi sebagai alat untuk memahami perubahan yang terjadi dalam masyarakat dan mengidentifikasi pola-pola yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan di masa depan.

Secara keseluruhan, pengertian sejarah menurut Kuntowijoyo dan Sartono Kartodirdjo memiliki perbedaan dalam pendekatannya. Kuntowijoyo lebih menekankan pemahaman sejarah sebagai perjalanan hidup manusia dan refleksi dari masa kini untuk masa depan yang lebih baik. Sementara itu, Sartono Kartodirdjo melihat sejarah sebagai ilmu yang mempelajari perubahan sosial dalam masyarakat dan memahami pola-pola yang dapat membantu pengambilan keputusan di masa depan. Kedua pandangan ini memberikan wawasan yang berharga dalam memahami sejarah dan implikasinya dalam kehidupan kita saat ini.

Sumber Referensi:

  • Kuntowijoyo. 2005. Sejarah & Ilmu Sejarah: Suatu . Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.
  • Kartodirdjo, Sartono. 1992. Sejarah Indonesia Baru. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *