bahas sejarah

Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo

Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo
Pengertian Sejarah Menurut Sartono Kartodirdjo from www.kingsmpls.com

Sejarah adalah ilmu yang mempelajari peristiwa-peristiwa masa lalu yang berpengaruh terhadap perkembangan manusia dan masyarakat. Salah satu tokoh penting dalam kajian sejarah Indonesia adalah Sartono Kartodirdjo. Dalam tulisan ini, kami akan membahas pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo dan bagaimana kontribusinya dalam pengembangan ilmu sejarah di Indonesia.

Pengertian Sejarah

Menurut Sartono Kartodirdjo, sejarah adalah ilmu yang mempelajari perubahan sosial dalam masyarakat. Ilmu sejarah tidak hanya mempelajari kehidupan manusia pada masa lampau, tetapi juga menganalisis dampak perubahan tersebut terhadap masyarakat di masa sekarang dan masa depan. Sejarah juga melibatkan pemahaman terhadap berbagai faktor seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan agama yang mempengaruhi perjalanan sejarah suatu bangsa.

Kontribusi Sartono Kartodirdjo

Sartono Kartodirdjo merupakan sejarawan Indonesia yang sangat berpengaruh dalam pengembangan ilmu sejarah di Indonesia. Salah satu kontribusinya adalah pengembangan metode sejarah yang lebih berorientasi pada analisis sosial. Ia mengajarkan bahwa sejarah tidak hanya sekedar narasi peristiwa, tetapi juga harus mampu menganalisis struktur sosial, konflik, dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

Sartono Kartodirdjo juga menekankan pentingnya sumber-sumber sejarah dalam melakukan penelitian sejarah. Ia mengajarkan bahwa seorang sejarawan harus mampu mengkritisi dan menafsirkan sumber-sumber sejarah yang ada, baik itu dokumen tertulis, arsip, maupun lisan. Hal ini penting untuk membentuk pemahaman yang lebih akurat terhadap peristiwa masa lalu.

Peran Sejarah dalam Masyarakat

Menurut Sartono Kartodirdjo, sejarah memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat. Sejarah dapat menjadi cermin bagi masyarakat untuk melihat perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan mereka. Dengan mempelajari sejarah, masyarakat dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari peristiwa masa lalu, sehingga dapat menghindari kesalahan yang sama di masa depan.

Sejarah juga berperan dalam membangun identitas suatu bangsa. Dengan mengetahui sejarahnya, masyarakat dapat merasa lebih bangga dan memiliki rasa nasionalisme yang kuat. Mereka juga akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai dan budaya yang telah diwariskan oleh nenek moyang mereka.

Kritik terhadap Sartono Kartodirdjo

Meskipun Sartono Kartodirdjo adalah seorang sejarawan yang sangat dihormati, namun ada juga kritik terhadap pendekatannya dalam kajian sejarah. Beberapa kritikus berpendapat bahwa pendekatan sosial yang dikembangkan oleh Sartono Kartodirdjo terlalu dominan, sehingga mengabaikan aspek-aspek politik dan ekonomi yang juga berperan penting dalam perjalanan sejarah suatu bangsa.

Ada juga kritik terhadap pemahaman sejarah Sartono Kartodirdjo yang terlalu Jawa Sentris. Beberapa kritikus menilai bahwa pandangannya cenderung memandang sejarah Indonesia dari sudut pandang Jawa, sehingga mengabaikan kontribusi dan peran dari daerah-daerah lain di Indonesia.

Pengertian sejarah menurut Sartono Kartodirdjo adalah ilmu yang mempelajari perubahan sosial dalam masyarakat. Kontribusinya dalam pengembangan ilmu sejarah di Indonesia sangat besar, terutama dalam pengembangan metode sejarah yang berorientasi pada analisis sosial. Meskipun ada kritik terhadap pendekatannya, namun kontribusinya dalam memperkaya kajian sejarah di Indonesia tetap diakui dan dihormati.

Related Articles

Back to top button