Pendidikan

Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama

Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama – Menjumlahkan Pecahan dengan Penyebut Sama dan Penyebut Berbeda – Dalam kehidupan sehari-hari, kita terkadang menemui masalah dengan pecahan. Misalnya, adik saya sarapan pagi ini.

Ini adalah contoh soal pecahan. Jika Anda menghitung banyaknya potongan kue yang dimakan saudara Anda, secara tidak langsung Anda menjumlahkan pecahan berupa potongan kue yang dimakan saudara Anda.

Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama

Pecahan berpenyebut sama adalah 4. Jadi, bagaimana Anda menjumlahkan pecahan dengan penyebut yang sama? Dan bisakah Anda menjumlahkan pecahan dengan penyebut berbeda? Lihat pembahasan berikut untuk jawabannya.

Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan

Hasilnya dapat disederhanakan dengan membagi pembilang dan penyebut dengan angka yang sama yang membagi keduanya. Di sini kami memberikan contoh di mana pembaginya adalah 2.

Dari contoh di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa operasi penjumlahan pada pecahan dengan penyebut yang sama menghasilkan pecahan yang pembilangnya adalah jumlah dari pembilang pecahan yang ditambahkan dengan penyebut tetap.

Bagaimana, sangat mudah? Cara menjumlahkan pecahan berpenyebut sama. Lalu bagaimana dengan pecahan dengan penyebut berbeda? Berikut penjelasannya.

Untuk melakukan operasi penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda, caranya berbeda dengan pecahan dengan penyebut yang sama. Saat menjumlahkan pecahan dengan penyebut berbeda, penyebut pecahan yang dijumlahkan harus sama. Penyebut selain Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dapat ditentukan. Sebagai contoh, perhatikan masalah berikut.

Kerjakanlah Latihan Soal Berikut Tentang Pengurangan Pecahan Berpenyebut Sama Tema 5 Kelas 3 Halaman 217

Kemudian ganti setiap pecahan dengan penyebut 12. Caranya adalah dengan mengalikan pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Perhatikan cara berikut ini.

Penjumlahan pecahan campuran, penjumlahan pecahan campuran penyebut sama, alat peraga penjumlahan pecahan, penjumlahan pecahan online, cara penjumlahan pecahan berpenyebut sama, penjumlahan pengurangan perkalian pembagian pecahan, menyamakan penyebut pecahan berpenyebut berbeda, penjumlahan pecahan penyebut sama, contoh soal penjumlahan pecahan berpenyebut tidak sama, pengurangan dan penjumlahan pecahan, pecahan penjumlahan, penjumlahan pecahan berpenyebut berbeda

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button