Pendidikan

Persen Ke Desimal

Persen Ke Desimal – Cara Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Desimal dan Persentase – Di kelas matematika ada beberapa jenis pecahan seperti pecahan biasa, bilangan campuran, desimal dan persentase. Kami akan menggunakan kesempatan ini untuk menjelaskan cara mengubah pecahan menjadi desimal dan persentase dan sebaliknya.

Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang mengubah bentuk pecahan, mari kita bahas sedikit tentang pengertian pecahan sederhana, bilangan campuran, desimal, dan persentase.

Persen Ke Desimal

Pecahan biasa adalah bilangan matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pecahan jenis ini ditulis dalam bentuk a/b. di mana a adalah pembilang dan b adalah penyebut. Contoh pecahan biasa adalah 1/2. Angka 1 adalah pembilangnya dan angka 2 adalah penyebutnya.

Mengubah Pecahan Biasa Ke Desimal Dan Persen

Bilangan campuran adalah jenis pecahan yang terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Contohnya adalah 2 1/4. di mana 2 adalah bilangan bulat dan 1/4 adalah pecahan biasa.

Desimal adalah pecahan dengan penyebut seperti per 10, per 100, per 1000, per 10.000. Pecahan ditandai dengan koma sebagai pembatas. Contoh desimal adalah 0,5 dan 0,25.

Persen adalah pecahan dengan penyebut lebih besar dari seratus. Pecahan jenis ini ditunjukkan dengan simbol % (persen) setelah angka. Contohnya termasuk 2,5%, 50%, 100%.

Untuk mengubah pecahan biasa menjadi desimal, ada cara untuk mengubah pecahan menjadi pecahan dengan nama 10, 100, 1000, dst. Jika pecahan yang ingin diubah menjadi desimal adalah pecahan campuran, Anda harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi pecahan biasa pecahan. Perhatikan contoh di bawah ini.

Cara Mengubah Desimal Ke Persen Lengkap Contoh

Persentasenya adalah persen (1/100). Oleh karena itu, untuk mengubah pecahan sederhana menjadi persentase, Anda harus mengubah penyebutnya menjadi 100. Jika pecahan yang ingin Anda ubah menjadi persen adalah pecahan campuran, Anda harus mengubahnya terlebih dahulu menjadi pecahan biasa. Perhatikan contoh di bawah ini.

Perhatikan bahwa persentase adalah pecahan dengan penyebut 100. Untuk mengubah angka desimal menjadi persentase, Anda harus terlebih dahulu mengubah angka desimal menjadi pecahan sederhana, lalu mengubahnya menjadi pecahan dengan penyebut 100.

Perhatikan lagi bahwa persentase adalah pecahan dengan penyebut 100. Jadi untuk mengubah persentase menjadi desimal, pindahkan koma dua langkah ke kiri. Pecahan dengan penyebut 100 mudah diubah menjadi bentuk desimal.

Persen adalah pecahan dengan penyebut 100. Jadi, untuk mengubah persen menjadi pecahan sederhana atau campuran, cukup ubah persen menjadi seperseratus lalu sederhanakan ke bentuk paling sederhana.

Kunci Jawaban Matematika Kelas 4 Halaman 82 Ayo Berlatih, Kurikulum Merdeka, Ubah Desimal Ke Persen

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button