Pendidikan

Rumus Volume Bola Berongga

Rumus Volume Bola Berongga – Hukum Gauss dapat digunakan untuk menentukan kekuatan medan listrik yang disebabkan oleh muatan yang terdistribusi secara simetris. Dalam buku pelajaran Fisika kelas 12 SMA, hukum Gauss diterapkan untuk menganalisis medan listrik dan beda potensial pada bola konduktif. Bola konduktif dicirikan oleh muatan yang terdistribusi secara merata di seluruh permukaannya. Syarat-syarat yang harus dipahami untuk melakukan analisis konduktivitas bola adalah letak titik uji, yaitu di dalam bola, di permukaan bola, dan di luar bola.

Hukum Gauss menyatakan bahwa besarnya arus pada permukaan tertutup $left(qright)$ sebanding dengan jumlah muatan (dikelilingi) oleh permukaan tersebut. Secara umum, hubungan antara persamaan hukum Gauss diberikan dalam persamaan 1 di bawah ini.

Rumus Volume Bola Berongga

Rumus Volume Bola Berongga

Untuk menentukan besarnya medan listrik yang disebabkan oleh daerah konduktif (jari-jari R), pertama-tama perlu ditentukan titik uji, baik di dalam bola, di permukaan bola, atau di luar bola. Kami kemudian membangun permukaan Gaussian dengan radius r di setiap pos pemeriksaan ini. Gambar di atas menunjukkan permukaan Gaussian di setiap daerah lingkaran konduktor.

Berapa Gram Masa Tembaga Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Sebuah Bola Berongga Tipis Dengan Radius

Gambar A adalah permukaan Gaussian di dalam pita konduksi. Ini berarti bahwa tidak ada muatan yang diapit (dibungkus) di permukaan Gaussian $left (Q=0 right). Ingatlah bahwa muatan bola konduktif hanya merambat di permukaan bola, jadi tidak ada muatan di dalam bola konduktif. Jika nilai $Q=0$ dan agar persamaan 1 konsisten, nilai medan listrik harus nol $left(E=0 right)$.

Rumus Volume Bola Berongga

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa untuk titik di dalam konduktor melingkar, kuat medan listrik $left( r<R right)$ harus nol $left( E=0 right)$.

Berdasarkan persamaan 2, nilai dari $E=0$ adalah $_}=_}$. Maka nilai beda potensial pada pita konduksi adalah :

Rumus Volume Bola Berongga

Cara Menghitung Volume Bola: 5 Langkah (dengan Gambar)

Pada Gambar B, permukaan Gaussian langsung pada permukaan pita konduksi. Ini berarti muatan yang dilingkupi (dibungkus) oleh permukaan Gaussian adalah $Q$. Ingatlah bahwa muatan bola konduktif hanya meluas melintasi permukaan bola, jadi konduktor ini justru dikelilingi oleh bola. Berdasarkan kondisi fisik tersebut, Persamaan 1 dapat dianalisis sebagai berikut.

Pada gambar c, permukaan Gaussian lebih lebar dari permukaan lingkaran konduktor. Ini berarti bahwa seluruh pita konduksi ditutupi oleh permukaan Gaussian. Oleh karena itu, muatan yang dilingkupi (ditutup) oleh permukaan Gaussian adalah $Q$. Berdasarkan kondisi fisik tersebut, Persamaan 1 dapat dianalisis dengan cara yang sama seperti kondisi di permukaan bola. Satu-satunya perbedaan adalah nilai rbukan R, tetapi r>R. Jadi persamaan untuk menentukan medan listrik di titik r dari pusat bola adalah:

Rumus Volume Bola Berongga

Berdasarkan integral Persamaan 2, potensial pada suatu titik di luar pita konduksi adalah potensial yang dihasilkan oleh suatu muatan titik. Jadi dengan asumsi bola membawa muatan titik, persamaan potensial di luar pita konduksi adalah:

Cara Menghitung Massa Bola: 13 Langkah (dengan Gambar)

Untuk memudahkan pemahaman, gambar di bawah mengilustrasikan medan listrik dan nilai beda potensial untuk setiap daerah pita konduksi. Gambar a adalah grafik kekuatan medan listrik relatif terhadap jarak dari pusat bola, sedangkan gambar b adalah plot potensial.

Rumus Volume Bola Berongga

(Pertama). Sebuah bola konduktif memiliki jari-jari 5 cm dengan total muatan yang terdistribusi merata sebesar 20 μC. Tentukan medan listrik dan potensial di setiap titik: (a) $2,5,cm$, (b) $5,cm$, dan (c) $10,cm$ dari pusat bola.

Berdasarkan syarat awal $_}=30, cm dari pusat bola (titik P berada di luar bola), nilai muatan total dapat ditentukan terlebih dahulu: Rumus volume dan luas permukaan K dengan contoh soal Bola – Soal Volume Kerucut beserta contoh soal Pembahasan lengkap rumus dan luas kerucut.

Rumus Volume Bola Berongga

Rumus Bola Dan Contoh Soalnya: Volume Dan Luas Permukaan

Bola adalah geometri tiga dimensi yang seluruh permukaannya berupa lingkaran dengan kelengkungan dan jari-jari yang sama dan berpusat pada satu titik.

Ditinjau dari segi spasial, bola padat berarti bola yang padat atau keras, sehingga udara di dalam bola tidak terisi dan memiliki kerapatan. Beberapa contoh bola padat adalah jeruk, semangka, dan bola Becicle.

Rumus Volume Bola Berongga

Sedangkan bola sebenarnya bukan bola yang tidak ada isi atau kerapatan di dalamnya, jadi hanya berisi udara, jadi berongga. Contoh bola lembam adalah semangka, bola sepak, bola voli, dan bola basket.

Kumpulan Rumus Fisika Sma

Walaupun menggunakan rumus volume dan luas permukaan kedua jenis bola tersebut, volume kedua bola tersebut adalah sama, perbedaannya terletak pada luas permukaan bola tersebut.

Rumus Volume Bola Berongga

Lp = 3/4 × bayangan lp = 3/4 × 4 × × r² = 3 × × r²

LP = 3/4 × bola LP + La bola = 3/4 × 4 × π × r² + π × r² = 3 × π × r² + π × r² = 4 × π × r²

Rumus Volume Bola Berongga

Ciri Ciri Bola Dalam Bangun Ruang, Lengkap Dengan Rumus Dan Contoh Soalnya

Lp = 1/2 × bola lp = 1/2 × 4 × × r² = 2 × × r²

LP = 1/2 × bola LP + La bola = 1/2 × 4 × × r² + × r² = 2 × × r² + × r² = 3 × × r²

Rumus Volume Bola Berongga

Lp = 1/4 × bola lp = 1/4 × 4 × × r² = × r²

Contoh Soal Dan Pembahasan Balok: Bangun Ruang

LP = 1/4 × bola LP + La bola = 1/4 × 4 × × r² + × r² = × r² + × r² = 2 × × r²

Rumus Volume Bola Berongga

R = ((3 × V) / (4 × π)) × 2 atau r = ((V/π) × 3/4) × 2

Contoh soal menciptakan ruang untuk bola 1. Diameter bola basket adalah 21 cm. Hitung volume bola basket!

Rumus Volume Bola Berongga

Simak Ui Paket A

4. Jika jari-jari semangka 14 cm, maka semangka yang berbentuk bulat dibagi menjadi 4 bagian yang sama besar. Berapa massa masing-masing semangka?

Demikian artikel terkait rumus dan contoh soal volume dan luas bangun datar, walaupun pembahasannya agak panjang, tapi semoga mudah dipahami dan dapat bermanfaat untuk anda. Jika bola dibagi menjadi dua bagian yang sama, maka bentuknya akan seperti belahan. Lalu bagaimana cara menghitung volume dan luas permukaan belahan bumi?

Rumus Volume Bola Berongga

Volume dan luas permukaan setengah bola dapat ditentukan dengan menggunakan rumus belahan, yaitu volume dan luas permukaan seluruh bola dibagi dua. Jadi, sebelum mempelajari cara menghitung setengah bola, kita perlu mengetahui rumus bola penuh.

Pdf) Bab 7 Fluida Statis

Nah, bagi yang ingin mengetahui seperti apa rumus yang digunakan untuk menghitung volume dan luas permukaan suatu belahan, simak pembahasan berikut ini.

Rumus Volume Bola Berongga

Massa adalah jumlah materi atau kapasitas yang dapat divisualisasikan dengan bentuk geometris. Volume setengah bola dapat dihitung dengan membagi volume seluruh bola dengan dua. Rumus massa bola sempurna adalah:

Rumus di atas dapat digunakan untuk mencari volume setengah bola. Rumus belahan bumi untuk menghitung volumenya adalah sebagai berikut:

Rumus Volume Bola Berongga

Pemuaian 1. Muai Panjang

Luas permukaan bola adalah luas sisi-sisi bola. Untuk menghitung luas permukaan bola ditentukan dengan rumus :

Rumus di atas dapat digunakan untuk mencari luas permukaan setengah bola. Untuk menghitung luas belahan bumi, kita membaginya menjadi dua bagian, yaitu rumus luas permukaan belahan bumi padat (bola tertutup) dan luas belahan bumi kosong (bola tanpa penutup). Rumus belahan bumi untuk menghitung luas permukaannya adalah sebagai berikut: 1. Sebuah konduktor bola berongga memiliki diameter 12 cm. Bola bermuatan hingga -50 µC. Kuat medan listrik di suatu titik 9 cm dari pusat bola adalah … N/C 2. Luas pelat kapasitor yang sejajar masing-masing 200 cm². Kapasitas kapasitor semacam itu adalah 40 μF. Saat dihubungkan ke sumber tegangan 20 V, kerapatan muatan setiap keping adalah … C/m² Jawab

Rumus Volume Bola Berongga

Ini adalah masalah elektrostatik. Dia diminta untuk menghitung kekuatan medan listrik dalam konduktor melingkar berongga dan kerapatan muatan dalam pelat kapasitor paralel.

Rumus Volume Dan Luas Permukaan Setengah Bola

Dalam soal ini, karena jari-jari bola adalah R = 6 cm dan r = 9 cm, kuat medan listrik berada di luar permukaan bola.

Rumus Volume Bola Berongga

Kata kunci: konduktor, bola, rongga, diameter, jari-jari, muatan, microcoulomb, kuat, luas, jarak, pusat, n/c, kapasitor, chip, paralel, luas, mikrofarad, tersambung, sumber, tegangan, respons, c/m²

Soal Fisika Baru Brenda menempuh jarak dari kota A ke kota B dengan sepeda. Jarak yang ditempuh dalam 5 menit pertama adalah 200 m, 5 menit berikutnya adalah 300 m dan 20 menit berikutnya adalah 500 m. Hitung kecepatan rata-rata Brenda … (m/s) m/s Hitung percepatan sepeda! Kereta berhenti di stasiun pertama. Jika kecepatan mencapai 20 m/s dalam waktu 1,5 menit. Temukan jarak yang ditempuh oleh kereta api! Sebuah benda bergerak dengan kecepatan 15 m/s memiliki percepatan konstan 7 m/s². Jika waktu yang diperlukan benda untuk menempuhnya adalah 2 sekon, hitunglah kecepatan akhir benda tersebut! Mobil tersebut bergerak dengan kecepatan 30 m/s. Jika mobil direm terus menerus dengan percepatan 5 m/s², setelah berapa lama… mobil berhenti! Sebuah bola padat bermassa 900 g memiliki jari-jari 30 cm, hitung momen inersia bola Rumus dan contoh soal – Sebagian besar kegiatan olahraga membutuhkan bola. Misalnya sepak bola, basket, tenis, golf, dll. Setiap bola memiliki nomornya sendiri. Sehingga saat digunakan nyaman dan bisa tepat sasaran.

Rumus Volume Bola Berongga

Rumus Volume Tabung + Contoh Soal Dan Penjelasan Lengkap

Bola adalah bagian dari bentuk geometris. Jumlah dan permukaan mana yang dapat mempengaruhi akurasi bola. Sudut bola tidak terbatas. Karena bentuknya benar-benar bulat.

Itu menyerupai tulang rusuk dan diagonal. Lalu bagaimana cara menghitung volume dan luas permukaan bola? Grammed akan mendengar tentang keduanya dalam presentasi di bawah ini.

Rumus Volume Bola Berongga

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kerucut diartikan sebagai benda (ruang)

Kumpulan Contoh Soal Bangun Ruang

Rumus volume ekspedisi, rumus menghitung volume bola, rumus volume, rumus volume bola, rumus volume silinder berongga, penurunan rumus momen inersia silinder berongga, rumus volume balok, pembuktian rumus volume bola, rumus volume prisma, rumus volume setengah bola, rumus volume bola pejal, rumus mencari volume bola

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button