bahas sejarah

Sejarah Berdirinya Asean Dan Negara Pendiri

5 Negara Pemrakarsa Berdirinya Asean Dan Sejarahnya
5 Negara Pemrakarsa Berdirinya Asean Dan Sejarahnya from doflix.biz.id

Sejarah Berdirinya ASEAN dan Negara Pendiri

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) adalah sebuah organisasi regional yang terdiri dari sepuluh negara di Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. ASEAN bertujuan untuk mempromosikan kerjasama politik, ekonomi, sosial, dan kebudayaan di antara negara-negara anggotanya. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai sejarah berdirinya ASEAN beserta negara pendiri dan nama delegasi dari masing-masing negara.

Sejarah Berdirinya ASEAN

Pada awalnya, ASEAN didirikan oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Tujuan utama pendirian ASEAN adalah untuk memperkuat stabilitas politik dan keamanan di kawasan Asia Tenggara pasca perang dunia dan konflik regional yang terjadi. Negara-negara anggota ASEAN mengakui pentingnya kerjasama dalam menangani berbagai isu politik dan keamanan di kawasan.

Negara Pendiri ASEAN

1. Indonesia: Delegasi Indonesia dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Republik Indonesia” atau “Indonesian Delegation”.

2. Malaysia: Delegasi Malaysia dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Malaysia” atau “Malaysian Delegation”.

3. Filipina: Delegasi Filipina dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Filipina” atau “Philippine Delegation”.

4. Singapura: Delegasi Singapura dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Singapura” atau “Singapore Delegation”.

5. Thailand: Delegasi Thailand dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Thailand” atau “Thai Delegation”.

Pertumbuhan ASEAN

Setelah berdirinya, ASEAN berhasil menarik perhatian negara-negara lain di kawasan Asia Tenggara. Pada tahun 1984, Brunei Darussalam menjadi anggota keenam ASEAN. Lalu, pada tahun 1995, Vietnam menjadi negara ketujuh yang bergabung dengan ASEAN. Kemudian, pada tahun 1997, Laos dan Myanmar menjadi anggota kedelapan dan kesembilan ASEAN. Terakhir, Kamboja bergabung dengan ASEAN pada tahun 1999 sebagai anggota kesepuluh.

Nama Delegasi Negara-Negara Anggota ASEAN

6. Brunei Darussalam: Delegasi Brunei dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Brunei Darussalam” atau “Bruneian Delegation”.

7. Vietnam: Delegasi Vietnam dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Vietnam” atau “Vietnamese Delegation”.

8. Laos: Delegasi Laos dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Laos” atau “Lao Delegation”.

9. Myanmar: Delegasi Myanmar dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Myanmar” atau “Myanmar Delegation”.

10. Kamboja: Delegasi Kamboja dalam ASEAN dikenal dengan nama “Delegasi Kamboja” atau “Cambodian Delegation”.

ASEAN didirikan pada tahun 1967 oleh lima negara, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Seiring berjalannya waktu, ASEAN berhasil memperluas keanggotaannya dengan bergabungnya Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja. Masing-masing negara anggota memiliki delegasi dengan nama yang berbeda dalam setiap pertemuan ASEAN. Kerjasama di dalam ASEAN bertujuan untuk meningkatkan stabilitas politik, ekonomi, sosial, dan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.

Related Articles

Back to top button