bahas sejarah

Sejarah Berdirinya Asean Dan Anggota Organisasi Asean

Latar Belakang Lahirnya Asean kabarmedia.github.io
Latar Belakang Lahirnya Asean kabarmedia.github.io from kabarmedia.github.io

ASEAN, singkatan dari Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, adalah sebuah organisasi politik dan ekonomi yang terdiri dari sepuluh negara di kawasan Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Tujuan utama ASEAN adalah meningkatkan kerjasama dan integrasi di antara negara-negara anggotanya melalui dialog politik, kerjasama ekonomi, dan upaya bersama dalam mengatasi isu-isu regional.

Sejarah Berdirinya ASEAN

ASEAN bermula dari Konferensi Menteri-Menteri Luar Negeri negara-negara Asia Tenggara pada tahun 1961. Konferensi ini bertujuan untuk membahas isu-isu keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Pada tahun 1963, organisasi ini diberi nama ASEAN dan terdiri dari lima negara anggota, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

Pada awalnya, ASEAN memiliki fokus utama dalam mempertahankan stabilitas politik di kawasan Asia Tenggara yang saat itu dilanda konflik dan ketegangan politik. Pada tahun 1967, ASEAN Resmi didirikan dan Brunei Darussalam bergabung sebagai anggota keenam. Konferensi ASEAN yang pertama diadakan di Bangkok pada tanggal 24-31 Juli 1967.

Anggota Organisasi ASEAN

Saat ini, ASEAN memiliki sepuluh negara anggota, yaitu:

  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Filipina
  4. Singapura
  5. Thailand
  6. Brunei Darussalam
  7. Myanmar
  8. Kamboja
  9. Laos
  10. Vietnam

Keanggotaan ASEAN terus berkembang sejak berdirinya. Myanmar, Kamboja, Laos, dan Vietnam bergabung sebagai anggota pada tahun 1995. Sejak saat itu, ASEAN telah menjadi sebuah organisasi yang memberikan keuntungan ekonomi, sosial, dan politik bagi negara-negara anggotanya.

Kerjasama di ASEAN

ASEAN memiliki beberapa bidang kerjasama yang menjadi fokus utama, antara lain:

  • Kerjasama politik dan keamanan
  • Kerjasama ekonomi
  • Kerjasama sosial dan budaya
  • Kerjasama dalam isu-isu lingkungan hidup

Melalui kerjasama ini, negara-negara anggota ASEAN bekerja sama untuk mencapai kepentingan bersama dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan Asia Tenggara.

ASEAN didirikan pada tahun 1967 dengan tujuan utama meningkatkan kerjasama dan integrasi di antara negara-negara Asia Tenggara. Organisasi ini terdiri dari sepuluh negara anggota dan memiliki fokus utama dalam kerjasama politik, ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup. Melalui ASEAN, negara-negara anggota dapat bekerja sama untuk meningkatkan stabilitas dan kesejahteraan di kawasan Asia Tenggara.

Related Articles

Back to top button