bahas sejarah

Sejarah Candi Borobudur Dalam Bahasa Inggris

Sejarah Candi Borobudur Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya
Sejarah Candi Borobudur Dalam Bahasa Inggris Dan Artinya from artinya.isgkc.net

Mengenal Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan diakui sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1991. Candi Borobudur diperkirakan dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Syailendra. Candi ini menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia.

Sejarah Candi Borobudur

Meskipun tidak ada catatan tertulis yang menyebutkan tentang sejarah Candi Borobudur, diduga kuat bahwa candi ini dibangun oleh Raja Samaratungga dari dinasti Syailendra pada abad ke-8. Candi ini dibangun untuk menghormati agama Buddha Mahayana. Konon, pembangunan Candi Borobudur memakan waktu sekitar 75 tahun dengan melibatkan ribuan pekerja.

Candi Borobudur sendiri terdiri dari 10 tingkat yang masing-masing tingkatnya mewakili tahapan dalam mencapai kebijaksanaan Buddha. Tingkat teratas, yang merupakan stupa besar, melambangkan Nirwana atau keadaan sempurna yang bebas dari penderitaan. Candi Borobudur juga dihiasi oleh 2.672 panel relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha dan ajaran-ajaran agama Buddha.

Arsitektur Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki arsitektur yang sangat unik dan menakjubkan. Candi ini terdiri dari 504 arca Buddha dan 72 stupa yang tersebar di sekitar candi. Arca-arca Buddha tersebut menggambarkan berbagai posisi meditasi dan mudra yang berbeda. Selain itu, candi ini juga memiliki relief yang sangat detail dan indah yang menggambarkan kehidupan sehari-hari pada masa itu.

Salah satu keunikan dari Candi Borobudur adalah adanya stupa kosong di tengahnya. Stupa ini melambangkan kesempurnaan dan ketiadaan, serta mengajarkan kepada manusia untuk melepaskan diri dari keduniawian.

Pengakuan Internasional

Candi Borobudur mendapatkan pengakuan internasional sebagai salah satu keajaiban dunia dan Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991. Pengakuan ini menjadikan Candi Borobudur semakin terkenal di dunia dan menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu, Candi Borobudur juga menjadi salah satu destinasi favorit para pelancong yang tertarik dengan sejarah dan budaya Indonesia.

Pentingnya Melestarikan Candi Borobudur

Melestarikan Candi Borobudur menjadi tugas penting bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia. Candi ini merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang sangat berharga dan menjadi saksi bisu dari kejayaan peradaban masa lampau. Dengan menjaga dan merawat Candi Borobudur, kita dapat memastikan bahwa generasi mendatang juga dapat menikmati keindahan dan keajaiban candi ini.

Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan bersejarah yang sangat berharga bagi Indonesia. Sejarah candi ini mencakup pembangunan yang megah, keunikan arsitektur, dan pengakuan internasional. Dengan menjaga dan melestarikan Candi Borobudur, kita dapat memastikan bahwa warisan budaya ini tetap abadi dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Sumber: https://www.indonesia.travel/gb/en/destinations/java/borobudur-temple

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button