bahas sejarah

Sejarah Candi Borobudur Dalam Bahasa Sunda

borobudur temple indonesia candi borobudur indonesia Schleun
borobudur temple indonesia candi borobudur indonesia Schleun from www.quinden.co

Candi Borobudur: Hiasan Budaya Jawa Barat

Candi Borobudur adalah salah satu candi Buddha terbesar di dunia dan merupakan warisan budaya yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Terletak di Magelang, Jawa Tengah, candi ini telah menjadi salah satu objek wisata yang paling populer di Indonesia. Meski begitu, tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya ada banyak cerita dan legenda menarik di balik keberadaan Candi Borobudur. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah Candi Borobudur dalam bahasa Sunda.

Asal Usul Candi Borobudur

Menurut legenda, Candi Borobudur dibangun oleh seorang raja bernama Samaratungga dari Kerajaan Sailendra pada abad ke-8. Raja Samaratungga ingin membangun sebuah candi yang besar sebagai penghormatan kepada ibunya yang telah meninggal. Dengan dibantu oleh seorang arsitek yang cerdik bernama Gunadharma, Candi Borobudur akhirnya selesai dibangun setelah puluhan tahun.

Arsitektur Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki arsitektur yang sangat kompleks dan terdiri dari tiga tingkat. Tingkat terendah mewakili dunia manusia, tingkat tengah mewakili dunia dewa, dan tingkat teratas mewakili dunia para dewa atau nirwana. Setiap tingkat memiliki relief-relief yang menggambarkan ajaran Buddha dan cerita-cerita dari kitab-kitab suci Buddha.

Penghancuran dan Pemulihan Candi Borobudur

Pada abad ke-14, Candi Borobudur mengalami serangkaian bencana alam dan serangan dari suku-suku pemberontak. Candi ini kemudian terlupakan dan tertutup oleh abu vulkanik dari Gunung Merapi. Barulah pada tahun 1814, Candi Borobudur ditemukan kembali oleh seorang Belanda bernama Sir Thomas Stamford Raffles. Proses pemulihan dan restorasi Candi Borobudur berlangsung selama beberapa dekade hingga candi ini kembali menjadi salah satu keajaiban dunia.

Pentingnya Candi Borobudur

Candi Borobudur bukan hanya sebuah monumen bersejarah, tetapi juga merupakan simbol kemegahan dan kebesaran peradaban Jawa kuno. Candi ini mencerminkan kearifan budaya dan spiritualitas masyarakat Jawa pada masa lalu. Selain itu, Candi Borobudur juga menjadi tempat ziarah dan meditasi bagi umat Buddha dari seluruh dunia. Setiap tahun, ribuan wisatawan datang untuk mengagumi keindahan dan keagungan Candi Borobudur.

Pariwisata di Sekitar Candi Borobudur

Selain Candi Borobudur itu sendiri, ada banyak tempat menarik lainnya di sekitar area candi. Misalnya, Anda dapat mengunjungi Museum Karmawibhangga yang berisi koleksi arca-arca dan benda-benda bersejarah dari masa kejayaan Kerajaan Sailendra. Anda juga dapat mengunjungi Candi Mendut dan Candi Pawon yang berada tidak jauh dari Candi Borobudur.

Candi Borobudur adalah salah satu keajaiban dunia yang wajib dikunjungi bagi setiap wisatawan yang datang ke Indonesia. Dengan sejarah dan legenda yang kaya, Candi Borobudur tidak hanya memikat hati para pengagum seni dan budaya, tetapi juga para pencari kedamaian dan pencerahan spiritual. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Borobudur dan menikmati pesonanya yang tiada duanya.

Sumber:

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Borobudur

2. https://www.kompas.com/

3. https://www.detik.com/

Related Articles

Back to top button