bahas sejarah

Sejarah Candi Borobudur Dan Candi Prambanan

Httpspokokbelajargithubioperbedaan Candi Borobudur Dan Candi Prambanan
Httpspokokbelajargithubioperbedaan Candi Borobudur Dan Candi Prambanan from nirmala.alwaysdata.net

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra. Candi ini terdiri dari 9 tingkat dan memiliki 2.672 panel relief serta 504 arca Buddha. Candi Borobudur menjadi simbol kebesaran agama Buddha di Indonesia.

Asal Usul Candi Borobudur

Candi Borobudur didirikan oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra sebagai tanda penghormatan kepada leluhurnya yang beragama Buddha. Pembangunan candi ini memakan waktu sekitar 75 tahun dan melibatkan ribuan pekerja. Candi Borobudur ditemukan kembali pada tahun 1814 oleh Sir Thomas Stamford Raffles setelah tertimbun tanah selama berabad-abad.

Arsitektur Candi Borobudur

Candi Borobudur memiliki arsitektur unik yang menggabungkan unsur Buddha, Hindu, dan Jawa. Candi ini dibangun dengan menggunakan batu vulkanik tanpa menggunakan semen. Setiap tingkat candi memiliki bentuk stupa yang melambangkan langkah-langkah menuju pencerahan. Relief di dinding candi menggambarkan cerita kehidupan Buddha dan ajaran-ajaran agama Buddha.

Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Terletak di Sleman, Yogyakarta, candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh kerajaan Sanjaya. Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama yang didedikasikan untuk Trimurti, yaitu Brahma, Wisnu, dan Siwa.

Asal Usul Candi Prambanan

Candi Prambanan dibangun sebagai penghormatan kepada Dewa Siwa, salah satu dewa utama dalam agama Hindu. Legenda mengatakan bahwa Raja Balitung Maha Sambu membangun candi ini untuk memperoleh berkah dari Dewa Siwa. Namun, pembangunan candi ini tidak selesai karena terjadi serangan dari Kerajaan Mataram.

Arsitektur Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki arsitektur yang sangat indah dan kompleks. Candi utama yang didedikasikan untuk Dewa Siwa memiliki tinggi mencapai 47 meter. Candi ini dikelilingi oleh candi-candi lain yang didedikasikan untuk Dewa Brahma dan Dewa Wisnu, serta candi perwara yang dihuni oleh makhluk mitologi seperti kinnara dan apsara.

Keunikan Candi Borobudur dan Candi Prambanan

Candi Borobudur dan Candi Prambanan memiliki keunikan masing-masing. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia dan memiliki relief yang menceritakan kehidupan Buddha. Sementara itu, Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan memiliki arsitektur yang sangat indah.

Kepentingan Sejarah dan Pariwisata

Baik Candi Borobudur maupun Candi Prambanan memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi. Kedua candi ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia dan menjadi saksi bisu peradaban masa lampau. Wisatawan dapat mengunjungi kedua candi ini untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarah dan keindahan arsitektur candi-candi kuno.

Peningkatan Pariwisata

Pemerintah Indonesia terus berupaya meningkatkan pariwisata di sekitar Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Banyak fasilitas penunjang pariwisata telah dibangun, seperti hotel, restoran, dan pusat informasi. Selain itu, acara-acara budaya dan festival juga diadakan di sekitar kedua candi ini untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Candi Borobudur dan Candi Prambanan adalah dua keajaiban arsitektur kuno yang harus dikunjungi ketika berada di Indonesia. Kedua candi ini memiliki sejarah dan nilai kebudayaan yang tinggi. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan di masa liburan Anda!

Related Articles

Back to top button