bahas sejarah

Sejarah Candi Borobudur Dan Fakta-Fakta Unik

23+ Candi Borobudur Stupa jodas40
23+ Candi Borobudur Stupa jodas40 from jodas40.blogspot.com

Candi Borobudur adalah salah satu situs sejarah yang paling terkenal di Indonesia. Terletak di Jawa Tengah, candi ini merupakan keajaiban arsitektur dan keagungan budaya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah candi Borobudur dan juga beberapa fakta unik yang menarik tentangnya.

Asal Usul

Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra yang berkuasa di Pulau Jawa. Pembangunan candi ini memakan waktu sekitar 75 tahun dan melibatkan ribuan pekerja. Tujuan utama pembangunan candi Borobudur adalah untuk menjadi tempat ibadah Buddha dan pusat pembelajaran agama.

Arsitektur

Candi Borobudur memiliki bentuk stupa yang megah. Stupa adalah struktur bangunan berbentuk kubah yang merupakan tempat penyimpanan relik Buddha. Candi ini terdiri dari sembilan tingkat, dengan tingkat teratas berbentuk stupa besar yang dikelilingi oleh 72 stupa kecil. Totalnya, terdapat 504 stupa di candi Borobudur.

Relief Dinding

Salah satu hal yang membuat candi Borobudur begitu istimewa adalah relief dindingnya. Relief ini menggambarkan kisah kehidupan Buddha dan ajaran-ajarannya. Terdapat sekitar 2.672 panel relief yang membentang sepanjang 5 kilometer di dinding candi. Relief ini menjadi sumber penting dalam mempelajari sejarah dan budaya Indonesia pada masa lalu.

Keunikan Candi Borobudur

1. Karya Terbesar

Candi Borobudur diakui sebagai salah satu karya arsitektur terbesar di dunia. Kesenangan dan ketelitian dalam pembangunan candi ini merupakan bukti keterampilan tingkat tinggi yang dimiliki oleh para ahli bangunan pada masa itu.

2. Tanpa Menggunakan Semen

Salah satu hal yang mengejutkan tentang candi Borobudur adalah bahwa bangunan ini tidak menggunakan semen untuk mempertahankan struktur. Batu-batu candi ini saling terkait dan saling mengunci satu sama lain, menjadikannya sangat kuat dan tahan lama.

3. Peninggalan Purbakala

Candi Borobudur telah menjadi bagian dari Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991. Ini menunjukkan pentingnya situs ini dalam sejarah dan budaya Indonesia.

4. Festival Waisak

Setiap tahun, pada bulan Mei, candi Borobudur menjadi tempat perayaan Festival Waisak. Festival ini adalah peringatan penting bagi umat Buddha di seluruh dunia, yang mengenang kelahiran, pencerahan, dan kematian Buddha Gautama.

5. Wisata Populer

Candi Borobudur adalah salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia. Setiap tahun, ribuan wisatawan dari seluruh dunia datang untuk mengagumi keindahan dan keunikan candi ini.

Candi Borobudur adalah sebuah keajaiban sejarah yang tak tertandingi di Indonesia. Dengan sejarahnya yang kaya dan fakta-fakta uniknya, candi ini tidak hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga merupakan saksi bisu dari masa lalu yang patut dihargai dan dilestarikan.

Related Articles

Back to top button