bahas sejarah

Sejarah Kelahiran Pancasila Bab 1

LKPD Sejarah Lahirnya Pancasila Edukasi IPS
LKPD Sejarah Lahirnya Pancasila Edukasi IPS from www.edukasiips.com

Sejarah kelahiran Pancasila adalah kisah yang sangat penting untuk dipelajari oleh setiap warga negara Indonesia. Pancasila adalah ideologi dan dasar negara Indonesia, yang menjadi tonggak utama dalam pembentukan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam artikel ini, kita akan membahas bab 1 dari sejarah kelahiran Pancasila, yang meliputi latar belakang dan awal mula pembentukannya.

Latar Belakang

Pasca kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, negara baru ini perlu menetapkan landasan yang kuat untuk menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa. Pada saat itu, terdapat banyak perselisihan dan perbedaan pendapat antara para pemimpin politik mengenai bentuk negara dan ideologi yang akan diadopsi. Pemerintah membutuhkan sebuah kerangka yang dapat menjadi pijakan untuk membangun bangsa yang kuat dan berdaulat.

Awal Mula Pembentukan

Pada tanggal 1 Juni 1945, Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dibentuk dengan tujuan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. BPUPKI kemudian membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang bertugas untuk menyusun naskah dasar negara. Salah satu tokoh penting dalam pembentukan Pancasila adalah Bung Karno, yang kemudian menjadi presiden pertama Indonesia.

PPKI memulai diskusi dan perundingan yang intensif untuk menciptakan sebuah ideologi yang mampu mewakili kepentingan semua elemen masyarakat Indonesia. Mereka menyadari pentingnya memiliki sebuah dasar negara yang inklusif dan mengakomodasi seluruh keberagaman yang ada di Indonesia.

Pancasila sebagai Dasar Negara

Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI akhirnya menetapkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila terdiri dari lima sila yang meliputi Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pancasila dipilih sebagai dasar negara karena dianggap mampu mencerminkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia. Melalui Pancasila, diharapkan bangsa Indonesia dapat hidup dalam kerukunan, keadilan, dan persatuan.

Bab 1 dari sejarah kelahiran Pancasila merupakan awal mula pembentukan ideologi dan dasar negara Indonesia. Dalam prosesnya, melalui diskusi dan perundingan yang intensif, Pancasila dipilih sebagai dasar negara yang mampu mencerminkan nilai-nilai bangsa Indonesia. Dengan Pancasila sebagai panduan, diharapkan bangsa Indonesia dapat terus maju dan berkembang dalam kerukunan dan persatuan.

Referensi:

– https://www.setneg.go.id/baca/index/sejarah_kelahiran_pancasila

– https://www.kompas.com/

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button