Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Posted on

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah – Berdasarkan sumber sejarah, awal mula agama Hindu datang ke Indonesia dari pedagang Cina dan India, sehingga mendirikan kerajaan Hindu di Nusantara.

Menurut penelitian para ahli sejarah, kerajaan tradisional ini berdiri pada abad ke-6 dan ke-7 di pulau Jawa, sehingga bahasa yang digunakan masyarakat pada masa itu adalah bahasa Jawa Kuno, Melayu Kuno, dan Sanskerta.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Namun berdasarkan cerita para leluhur dan beberapa temuan tentang negara bagian ini menunjukkan bahwa kata Kalingga berasal dari nama sebuah negara di India yang didirikan oleh sekelompok orang India dari Orissa yang melarikan diri karena tempat tersebut dihancurkan oleh Maharaja Asoka. .

Kerajaan Kalingga (ho Ling)

Menurut Benudhar Patra (Guru dan Peneliti Sejarah di Universitas Chandigarh, Punjab, India), Orissa adalah salah satu daerah di India Utara dekat Kalkuta yang dikenal sebagai Kalingga pada lima ratus tahun pertama Masehi.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Kalingga menjelaskan dalam makalah Benudhar Patra berjudul Kontak Maritim Kalingga dengan Jawa, bahwa Kalingga adalah salah satu kerajaan India pra-Islam yang memiliki kontak luas dengan Nusantara.

Ada juga informasi bahwa masyarakat Kerajaan Kalingga pada masa itu umumnya beragama Buddha karena pada masa itu agama ini berkembang pesat dan ada juga yang mengikuti agama leluhur.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Tugas Ppt Sejarah Kerajaan Kalingga Kelompok 3 X Mipa 3

Kabupaten Jepara dianggap sebagai pusat pemerintahan atau ibu kota pertama saat itu karena terdapat tempat yang disebut Keling (sebelah utara Gunung Muria) sedangkan Pekalongan merupakan wilayah kerajaan ini karena Pekalongan merupakan pelabuhan kuno.

Nama Holing, seperti dijelaskan sebelumnya, merupakan terjemahan dari kata Tionghoa Kalingga. Keberadaan Kerajaan Kalingga juga didukung oleh sejarawan Belanda seperti N.J. Krom, George Coedes, W.F. Mayer dan W.J van der Meulen.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Jika diperhatikan dengan seksama, pantai utara Jawa Tengah sangat strategis bagi perkembangan sebuah kerajaan karena sejak abad pertama Masehi. Perairan Laut Jawa selama ini menjadi jalur perdagangan sehingga diduga perkembangan laut akan lebih mudah berkembang. simpan di Kalingga.

Desa Keling Bagian Dari Kerajaan Kalingga? Pemdes Kediri Gelar Diskusi Untuk Memperdalam Sejarah

Silsilah raja-raja Kerajaan Kalinga diperoleh berdasarkan catatan sejarah yang ada, meskipun catatan tersebut sangat sedikit dan tidak lengkap.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Phrabu Wasumurti dikatakan sebagai raja pertama Kerajaan Kalingga antara tahun 594 dan 605 Masehi. Phrabu Wasumurti memerintah selama 11 tahun, setelah menikah dan memiliki dua orang anak, Phrabu Wasugeni dan Dewi Wasundari.

Phrabu Wasugeni memiliki seorang saudara perempuan, Dewi Wasundari, namun pada saat itu hanya putra yang naik tahta.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Inilah Sumber Sejarah Kerajaan Kalingga Atau Ho Ling: Lokasi, Raja, Peninggalan, Dan Keruntuhan

Phrabu Wasugeni memerintah selama 27 tahun dan menikah dengan Dewi Paramita dari dinasti Pallawa dan memiliki dua orang anak Phrabu Wasudewa dan Dewi Wasuwari (Ratu Shima).

Menurut catatan sejarah, pemerintahan Phrabu Wasukawi tidak jelas, sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai pemerintahannya, namun berdasarkan catatan yang ada saat ini, Phrabu Wasukawi memerintah pada tahun 652 Masehi.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Berdasarkan sumber sejarah, Kerajaan Kalingga diperintah oleh Phrabu Wasukawi dan Phrabu Kirathasingha masih dipegang oleh Phrabu Wasudewa.

Sejarah Kerajaan Kalingga

Berdasarkan sumber sejarah, Phrabu Kartikeyasingha adalah istri dari putri Phrabu Wasugeni yang bernama Dewi Wasuwari atau lebih dikenal dengan Ratu Shima.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Phrabu Kartikeyasingha bertugas dari tahun 648 hingga 674 M. atau 26 tahun dan setelah kematiannya Ratu Shima mengambil alih.

Ratu Shima memerintah dari tahun 674 hingga 695 M dan memiliki dua anak Dewi Parwati dan Phrabu Iswarakesawalinga.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Kerajaan Medang: Sejarah Hingga Peninggalan Runtuhnya

Berbicara tentang Kerajaan Kalingga, pasti sudah tidak asing lagi dengan ratu yang satu ini. Ya! Ratu Shima.

Hingga tiga tahun kemudian, putra Ratu Shima secara tidak sengaja menyambar tas itu dengan kakinya, dan Ratu Shima dengan kasar menghukum mati putranya sendiri.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Ratu ini pun dicintai rakyat karena berkat Ratu Shima, kerajaan Kalingga menjadi kerajaan yang tenteram dan damai.

Sejarah Kerajaan Di Indonesia

Secara tidak langsung juga menunjukkan bahwa nusantara telah lama mempromosikan pembebasan perempuan, melalui kepemimpinan Ratu Shima!

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Setiap negara bagian pasti sudah menyiapkan kebijakan pemerintahan untuk masing-masing wilayahnya karena pada saat itu nusantara belum menjadi sebuah negara.

Sistem pemerintahan pada zaman prakolonial memiliki tujuan untuk mempertahankan suatu kerajaan dari serangan kerajaan lain, memperluas wilayah kekuasaan dan tentunya meningkatkan taraf hidup rakyat dan kerajaannya.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Sejarah Kelas X: Mengapa Rakyat Indonesia Mudah Menerima Ajaran Hindu Buddha?

Kerajaan-kerajaan prakolonial diketahui mengikuti geopolitik, terutama dari kesadaran bahwa mereka memiliki identitas yang sama, berada di tempat yang sama tetapi tidak dapat bersatu sebagai bangsa politik.

Ratu Shima dikenal mengatur pemerintahannya dengan mengimplementasikan ide-ide yang dia ciptakan seperti stabilitas, kejujuran dan kebijaksanaan sehingga dia dapat memimpin kerajaannya menuju kejayaan.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Sang Ratu tidak akan segan-segan menghukum siapapun yang melanggar peraturan karena Ratu Shima membenci kejahatan, pencurian dan ketidakadilan.

Slide Share Kelompok 2

Untuk lebih memahami seperti apa kehidupan di kerajaan ini, ikuti terus ulasan kehidupan di kerajaan Kalingga berikut ini dalam ranah sosial, politik, dan budaya.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Namun pada pembahasan kali ini, kami akan menguraikan tentang kehidupan di Holing Kingdom pada masa pemerintahan Ratu Shima, karena saat dia naik tahta, kerajaan ini menunjukkan perkembangan yang pesat.

Hubungan baik Kerajaan Kalingga dengan kerajaan lain juga terlihat ketika Ratu Shima menikahkan cucunya yang bernama Sahana dengan Putra Mahkota Kerajaan Galuh.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Kerajaan Kalingga, Sriwijaya, Dan Mataram Kuno

Perekonomian kerajaan dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti letak kerajaan yang strategis karena letaknya yang dekat dengan pantai utara Jawa Tengah dan berkat pemerintahan Ratu Shima.

Tanah subur dikembangkan untuk pertanian dan menghasilkan beras serta minuman manis dan beralkohol yang terbuat dari kelapa dan bunga lontar.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Pada masa pemerintahan Ratu Shima, dengan kebijaksanaannya, Kalingga berhasil menjadi pusat perdagangan bahkan menjadi tempat pertemuan berbagai negara.

Tugas Sejarah Indonesia

Sang Ratu juga berhasil menjalin hubungan baik dengan banyak orang asing di bidang keamanan dan perdagangan seperti Arab, Persia, Gujarat dan Cina.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Pada masa pemerintahannya, Ratu Shima juga mendirikan semacam organisasi kemasyarakatan sebagai kepeduliannya terhadap rakyatnya, dan dengan adanya organisasi ini memudahkan Ratu Shima untuk menegakkan peraturannya agar berjalan teratur.

Bahkan secara agama, keadaan ini menunjukkan persatuan karena agama Buddha berkembang di sana sehingga tempat itu disebut Di Hyang, yang berarti tempat dua kepercayaan, Hindu dan Budha, dapat bersatu.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Kerajaan Kalingga / Holing (sejarah, Peninggalan, Kejayaan)

Secara umum penampilan wayang dari Kerajaan Kalingga sangat mirip dengan wayang pada umumnya, namun terdapat perbedaan yaitu pada Wayang Keling bun yang tidak sampai ke ubun-ubun.

Sektor komersial dan pertanian berjalan dengan baik, terbukti dengan barang-barang dari Kalinga tiba di China.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Masa kemakmuran ini tentunya tidak akan terjadi tanpa kerjasama yang baik dari para pemimpin kerajaan dan rakyatnya.

Kliping Kerajaan Di Indonesia

Begitu pula Kerajaan Kalingga yang mengalami kemunduran sejak wafatnya Ratu Shima pada tahun 732 Masehi. yang kemudian dilanjutkan oleh keturunannya.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Karena itu, kerajaan Kalingga bergerak dan mengalami kemunduran karena perdagangan dan pertanian diambil alih oleh kerajaan lain.

Namun berdasarkan penelitian, seorang keturunan Ratu Shima bernama Sanjaya kembali menjadi penguasa besar di kerajaan yang didirikannya dan diberi nama Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Kerajaan Hindu Tersohor Di Indonesia

Bukti bahwa kerajaan Kalingga benar-benar ada adalah ditemukannya peninggalan berupa prasasti, seperti prasasti Tukmas, prasasti Sojomerto, Upit dan candi, seperti Templo ng Angin dan Templo Bubrah serta bukti lainnya berupa Sanga Likur. . kawasan puncak Gunung Muria.

Prasasti biasanya merupakan piagam atau dokumen tertulis yang ditulis di atas bahan yang sangat keras dan tahan lama seperti batu, tembok, keramik dan sebagainya. Salah satu bukti peninggalan kerajaan Kalingga adalah prasasti yang ditemukan di beberapa tempat di Jawa Tengah.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Tidak hanya tulisan, ada juga ukiran batu, antara lain gambar kendi, trisula, kapak, cakra, bahasa gaul dan bunga teratai.

Sumber Sejarah Kerajaan Kalingga (holing)

Hasil terjemahan peninggalan Kerajaan Holing ini menjelaskan adanya sebuah sungai di lereng Gunung Merapi yang airnya sejernih aliran Sungai Gangga di India.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Prasasti Sojomerto merupakan peninggalan Kerajaan Holing yang ditemukan di kawasan Desa Sojomerto, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Peninggalan Kerajaan Kalingga selanjutnya adalah Prasasti Upit yang ditemukan di daerah Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, khusus Desa Upit.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Pusat Peradaban Kerajaan Mataram Kuno

Desa ini merupakan daerah bebas pajak atau disebut juga daerah pedesaan karena Desa Upit memiliki daerah subur yang dibanggakan oleh Negara Bagian Kalingga.

Candi adalah bangunan kuno yang biasanya terbuat dari batu yang digunakan sebagai tempat pemujaan, untuk menampung abu raja atau pendeta Hindu-Buddha.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Candi Bubrah letaknya tidak jauh dari Candi Angin, tepatnya di Desa Tempur. Nama Candi Bubrah diambil dari bahasa Jawa yang artinya ‘berantakan’.

Makalah Kerajaan Kalingga

Selain arca, ditemukan enam tempat pemujaan dari bawah hingga puncak gunung yang diberi nama tokoh wayang, yakni Abiyoso, Bambang Sakri, Jonggring Saloko, Pandu Dewontoro, Sekutrem, dan Kamunoyoso.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Penulis Konten | Bergairah tentang perjalanan | “Masa depan adalah milik mereka yang percaya pada keindahan impian mereka.” – Eleanor Roosevelt Negara Kalingga atau Ho-ling (sebutan dari sumber Cina) diyakini telah berdiri pada abad ke-6, Hindu-Buddha. Kerajaan bercorak yang hidup di Jawa Tengah Letak wilayah tengah kerajaan ini tidak jelas, kemungkinan antara Kabupaten Pekalongan dan Jepara sekarang.

Sumber sejarah kerajaan ini sebagian besar berasal dari sumber Tionghoa, tradisi penceritaan lokal, dan manuskrip Carita Parahyangan, yang disusun berabad-abad kemudian pada abad ke-16, secara singkat merujuk pada Ratu Shima dan hubungannya dengan Kerajaan Galuh. Kalinga ada pada abad ke-6 Masehi. dan keberadaannya diketahui dari sumber Cina. Kerajaan ini dulunya diperintah oleh Ratu Shima yang dikenal memiliki aturan bahwa siapa pun yang mencuri akan dipotong tangannya.

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Situs Sejarah Candi Di Pasuruan, Jawa Timur Yang Elok Wajib Di Kunjungi Wisatawan Halaman 1

Catatan sejarah tentang keberadaan kerajaan Kalingga berasal dari dua sumber utama, yaitu dari sumber sejarah Cina, serta sumber sejarah manuskrip lokal, serta tradisi lisan setempat, yang menyebutkan seorang ratu legendaris bernama Ratu Shima.

Berdasarkan naskah Carita Parahyangan yang berasal dari abad ke-16, Parwati putri Maharani Shima menikah dengan putra mahkota Raja Galuh bernama Mandiminyak, yang kemudian menjadi raja kedua Raja Galuh. Maharani Shima memiliki seorang cucu bernama Sanaha yang menikah dengan raja ketiga dinasti Galuh, Bratasena. Sanaha dan Bratasena memiliki seorang putra bernama Sanjaya yang kemudian menjadi raja Kerajaan Sunda dan Kerajaan Galuh (723-732 M).

Sejarah Kerajaan Kalingga Adalah

Setelah Permaisuri Shima meninggal

Saat Hukum Berdaulat Di Tanah Jawa #2 Halaman 2

Sejarah kerajaan kalingga, cerita kerajaan kalingga, peta letak kerajaan kalingga, kerajaan kalingga, kerajaan kalingga dan sriwijaya, rangkuman sejarah kerajaan kalingga, prasasti peninggalan kerajaan kalingga, kerajaan kalingga lengkap, kerajaan kalingga ppt, sejarah lengkap kerajaan kalingga, sejarah berdirinya kerajaan kalingga, sumber sejarah kerajaan kalingga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *