Sejarah Kerajaan

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya – JAKARTA – Jauh sebelum Indonesia lahir, salah satu kerajaan yang pernah menguasai sebagian pulau Jawa adalah Kerajaan Kalingga. Kerajaan Kalingga merupakan kerajaan bercorak Hindu yang mulai berkembang pada abad ke-7 Masehi. Nama lain dari kerajaan ini adalah Ho-ling. Ada beberapa sumber sejarah tentang kerajaan Kalingga yang dijadikan referensi penelitian keberadaannya.

Menurut Agus Aris Munandar dalam Early History of the Calades Archipelago, pada periode awal hingga Masehi 700 Sumber utama sejarah Nusantara berasal dari Tiongkok atau Cina.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Prasasti berbentuk Pallawa dan Sanskerta ini ditemukan di lereng barat Gunung Merapi, lebih tepatnya di Desa Lebak, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Dia memuji mata air yang mengalir dari celah-celah batu, seperti Gangga, sebuah sungai di India.

Peninggalan Kerajaan Samudera Pasai Dan Gambarnya

Prasasti Sojomerto ditemukan di Desa Sojomerto, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Berbeda dengan prasasti Tuk Mas, prasasti ini menggunakan huruf tanah liat dan berbahasa Melayu Kuno. Isi prasasti ini adalah cerita tentang keluarga atau dinasti Dapunta Syailendra. Menurut prof. dr. Dapunta Syailendra dari Boechari adalah nenek moyang dari raja-raja dinasti Syailendra.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Pesan Cina ini menyebutkan adanya Kerajaan Holing yang terletak di Cho-Po (Jawa). Kerajaan Holing adalah nama lain dari Kerajaan Kalingga.

Diketahui dari berita Cina bahwa pada abad yang sama di mana kerajaan Tarumanegara muncul, ada kerajaan lain di Jawa. Sebutan Ho-ling sering disamakan dengan She-po (Cho-po) atau Jawa.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Kerajaan Medang Kamulan: Sejarah, Lokasi, Dan Peninggalannya

Menurut W.P. Kepulauan Groenveld Dalam catatan Cina, ada dua versi catatan Dinasti Tang yang menyebutkan Holling. Pertama, sejarah kuno Dinasti Tang (618-907), namun catatan ini dianggap tidak benar. Yang kedua adalah sejarah baru dinasti Tang, catatan ini berisi informasi yang dianggap lebih lengkap, khususnya mengenai Jawa.

Mengenai sumber sejarah, terdapat beberapa perbedaan pendapat mengenai letak kerajaan Kalingga. Berdasarkan berita Dinasti Tang Cina, Kalingga bernama She-o. Letaknya di pesisir utara pulau Jawa.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Pendapat berbeda disampaikan oleh J.L. moens. Katanya Kalingga ada di Semenanjung Melayu. Seperti berita dari Tiongkok, W.P. Meyer menyatakan bahwa Kerajaan Kalingga berada di Jawa Tengah.

Peninggalan Budha Di Indonesia: Candi, Prasasti, Arca Dan Karya Sastra

Bicara soal wilayah, Kerajaan Kalingga diperkirakan menguasai pesisir utara Jawa Tengah hingga pedalaman selatan. Pusat pemerintahan tersebut diyakini ada di beberapa daerah, yakni di pegunungan Jepar, Pekalongan atau Dieng.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Menurut prasasti Sojomerto, pendiri kerajaan Kalingga adalah Dapunta Syailendra. Raja pertama kerajaan Kalingga adalah Prabhu Vasumurti. Dia memerintah Kalinga dari 594-605.

Dia kemudian digantikan oleh Prabhu Vasugeni di AD. Dari tahun 605 sampai 632. Seorang raja wanita yang memimpin kerajaan Kalingga hingga mencapai puncak kejayaannya.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Urutan Zodiak & Cara Menentukannya [penjelasan Lengkap]

Ratu Shima memerintah pada tahun Masehi. Sejak tahun 674. Sebelum dia, Kerajaan Kalingga diperintah oleh beberapa raja, antara lain Prabhu Vasudeva, Prabhu Vasukavi dan Prabhu Kirathasinga.

Ratu Shima naik tahta menggantikan mendiang suaminya, Prabhu Kirathasingha. Ratu Shima telah berhasil membawa kerajaan Kalingga ke puncak kejayaannya.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Ia dikenal sebagai pemimpin yang sangat tegas. Karena parahnya, jika ada sesuatu yang tergeletak di jalan, tidak ada yang berani mengambilnya.

Bukti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Yang Masih Bisa Ditemukan Sekarang, Apa Saja?

Pernah ada seorang raja yang tertarik dengan hal ini. Dia adalah raja Da-zi. Untuk memuaskan rasa penasarannya, Raja Da-zi mengirim sekantong penuh uang.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Tas itu diletakkan begitu saja di perbatasan kerajaan Kalingga. Orang-orang yang melihat tas itu langsung melewatinya. Tidak ada yang berani menyentuhnya. Tas tetap di tempat yang sama hingga tiga tahun.

Suatu hari, pewaris takhta secara tidak sengaja menyentuh sekantong penuh uang. Ratu Sima sangat marah sehingga dia ingin membunuhnya meskipun dia adalah putranya sendiri.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Kisah Mengenai Kerajaan Bali: Sejarah, Raja Raja Yang Berkuasa, Dan Jejak Historisnya

Saat itu, para menteri mencegahnya. Ratu Shima kemudian ingin memotong kaki anak itu karena kakinya yang disalahkan. Para menteri menyela dia lagi.

Ratu Shima akhirnya memutuskan untuk memotong ibu jari putra mahkota. Sikap tegas Ratu Shima yang tidak diskriminatif menjadi contoh bagi rakyatnya. Kegigihan Ratu Shima akhirnya membuat Raja Da-zi takut untuk menyerang kerajaan Kalingga.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Seperti disebutkan sebelumnya, prasasti ini ditemukan di Kabupaten Magelang Jawa Tengah, tepatnya di lereng barat Gunung Merapi. Protokol Tuk Mas berisi informasi tentang sumber bersih dan murni.

Daftar Kerajaan Di Indonesia Dan Sejarah Singkatnya

Sungai yang mengalir dari mata air ini diibaratkan dengan Sungai Gangga, salah satu sungai suci bagi umat Hindu yang terletak di India. Di dalam prasasti juga terdapat gambar kerangka, kendi, trisula, bunga teratai, cakra dan kapak.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Prasasti Sojomerjo memiliki karakter shaivis. Prasasti ini memuat riwayat keluarga pahlawan Dapunta Syailendra, yaitu ayahnya Santanu, ibu Badravati dan istri Sampula.

Candi ini terletak di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Candi ini menunjukkan bahwa kerajaan Hindu Syaiva berkembang di pantai utara Jawa Tengah pada zaman dahulu.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Kerajaan Kutai Dan Tarumanegara: Sejarah, Masa Kejayaan, Dan Peninggalannya

Seperti halnya Candi Bubrah, candi ini juga berdesain Siwa dan juga terletak di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Konon kerajaan Kalingga mengalami masa kejayaannya saat diperintah oleh Ratu Shima. Lantas apa yang dimaksud dengan masa berbunga?

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Di bawah Ratu Shima, kerajaan Kalingga berkembang di berbagai bidang seperti militer, ekonomi, perdagangan, agama, dan pertanian.

Kerajaan Tarumanegara: Lokasi, Raja Raja, Dan Peninggalan

Kerajaan Kalingga saat itu bahkan memiliki hubungan dagang dengan Tiongkok. Salah satu penopang perkembangan sektor perdagangan adalah pelabuhan terbesar kerajaan Kalingga yang terletak di Pekalongan.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Kontinuitas dan perubahan. Tradisi Pemikiran Islam di Jawa (2006:36) menyatakan bahwa pelabuhan Pekalongan berperan sangat penting bagi kerajaan Kalingga dalam menundukkan hegemoni kerajaan Tarumanegara.

Pemerintahan Ratu Shima berlangsung selama 21 tahun. Di bawah kepemimpinan Ratu Shima, Kerajaan Kalingga menjadi satu-satunya kerajaan besar yang terletak di bagian tengah pulau Jawa dan menguasai pantai utara.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Melacak Jejak Sumber Sejarah Kerajaan Melayu Di Sumatra

Ratu Shima dikenal sebagai pemimpin yang kuat namun menghargai perbedaan. Kala itu, Kalinga merupakan kerajaan yang menaungi pemeluk agama lain, seperti Buddha dan Muslim dari Timur Tengah yang datang ke wilayah itu untuk berdagang.

Sepeninggal Ratu Shima pada tahun 695, kerajaan Kalingga mulai mengalami kemunduran. Pada 752 kerajaan itu jatuh. Berdasarkan Budaya dan Kerajaan Hindu Buddha di Indonesia (2018), salah satu penyebab jatuhnya Kerajaan Kalingga adalah serangan Kerajaan Sriwijaya di Pulau Sumatera.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Setelah jatuhnya Kerajaan Kalingga, muncullah Kerajaan Medang atau sering disebut Kerajaan Mataram Lama. Kerajaan yang pusat pemerintahannya dipindahkan ke Jawa bagian timur ini merupakan salah satu kerajaan yang mengambil alih tanah Jawa pada masa itu.

Sumber Sejarah Kerajaan Perlak Dan Islamisasi Nusantara

Selain informasi sumber sejarah Kerajaan Kalingga, ikuti juga berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di Saatnya Merevolusi Informasi. Kerajaan Kalingga adalah kerajaan Hindu-Buddha di Jawa Tengah. Sejarah kerajaan Kalingga diketahui dari jejak-jejak peninggalan yang ada.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Jawa Tengah. Petenis Spanyol Rafael Nadal menunjukkan dominasinya pada pekan pertama Prancis Terbuka 2021 dengan mengalahkan co-host Richard Gasquet 6-0, 7-5, 6-2 pada putaran kedua, Kamis (3). /6) sore waktu setempat. REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI – Masyarakat peduli sejarah telah memasang prasasti di makam pahlawan nasional Tan Malaki di lereng Gunung Willis di Desa Selopanggung, Kediri timur. Jawa, Rabu (2/06/2021)..JAKARTA – Trolan (dalam buku Paraton: Antaula) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Kecamatan ini terletak di bagian barat Kabupaten Mojokerto berbatasan dengan Kabupaten Jombang. Trolan terletak di jalan nasional Surabaya-Solon. Sub-kawasan ini memiliki puluhan situs seluas hampir 100 kilometer persegi berupa bangunan, arca galian, gerabah, dan pemakaman Kerajaan Majapahit. Dugaan kuat bahwa pusat kerajaan terletak di wilayah ini, seperti dilansir Mpu Prapanka dalam Kakawin Nagarakretagama dan sumber Cina abad ke-15. Ada legenda di Trolan tentang kabut yang menyelimuti daerah itu hampir setiap hari. “Kabut terkadang terlihat dari sore hingga keesokan paginya, berbeda dengan suhu yang selalu tinggi di Troulan. Menurut legenda, konon kabut tersebut dibawa oleh Pathih Gajah Mada untuk menyembunyikan kerajaan Majapahit. Dengan begitu, musuh akan tertipu dan tidak menyerang,” kata seorang warga yang menyaksikan kabut tersebut, Supari, Senin (4/6/2021). Kabut biasanya menghilang perlahan saat hari cerah, tetapi kabut berbeda di Troulan, semakin terang, semakin padat. “Padahal Troulan merupakan daerah yang kering dan jauh dari pegunungan,” ujarnya. Baca Juga: Mengungkap Mayat yang Terbakar dan Desa Yoni Batas Kotamadya Troulani Majapahit hancur pada 1478 saat Girindravardhana mengalahkan Kertabum, sejak itu ibu kota Majapahit pindah ke Daha. Sementara itu, Pangeran Kanjeng Norman Hadinegoro, seorang pemerhati budaya Adiluhung, menjelaskan prasasti Cina abad ke-15 menggambarkan Istana Majapahita sangat bersih dan terawat. Dikatakan bahwa istana itu dikelilingi oleh tembok bata merah setinggi lebih dari 10 meter dan lengkungan ganda. Bangunan kompleks keraton memiliki tiang kayu besar setinggi 10-13 meter, lantai kayunya dilapisi karpet halus tempat orang duduk. “Atap bangunan keraton terbuat dari sirap, sedangkan atap rumah manusia biasanya terbuat dari ijuk atau rumbia,” ujarnya. Dalam buku Majapahita tentang etiket dan tata krama istana, ibu kota digambarkan sebagai “Tempat di mana Anda tidak harus berjalan di sawah”. Baca juga: Benarkah Tradisi Mudik Sudah Ada Sejak Zaman Majapahit? Relief candi zaman Majapahit tidak menggambarkan suasana perkotaan, tetapi menggambarkan pemukiman penduduk yang dikelilingi tembok.

Sekitar abad ke-6. Sejarah Kerajaan Kalingga dapat dipelajari dari jejak-jejak peninggalan yang masih ada sampai sekarang.Pendiri kerajaan Kalingga adalah Dapunta Syailendra yang berasal dari dinasti Syailendra. Kerajaan Kalingga juga dikenal dengan nama lain: Kerajaan Holing, Kerajaan Heling, dan Kerajaan Keling. Nama ini juga menjadi pertanda bahwa Kerajaan Kalingga dekat dengan Cina dan India. Saya menghormatinya. Saya tahu betapa bagusnya Richard. Saya tahu bahwa setelah masa-masa sulit dia akan kembali bugar. Dan itu saja.

Sejarah Kerajaan Kalingga Dan Jejak Peninggalannya

Kerajaan Banten: Sejarah, Kejayaan, Keruntuhan & Peninggalan

Penyebab runtuhnya kerajaan kalingga, letak kerajaan kalingga, sejarah kerajaan kutai dan peninggalannya, kerajaan kalingga dan peninggalannya, sejarah kerajaan majapahit dan peninggalannya, nama raja kerajaan kalingga, peta letak kerajaan kalingga, prasasti peninggalan kerajaan kalingga, kehidupan politik kerajaan kalingga, sejarah kerajaan singasari dan peninggalannya, cerita kerajaan kalingga, raja kerajaan kalingga

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button