Sejarah Kerajaan

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu – Kerajaan tertua di Indonesia berasal dari tahun 4 Masehi. Kerajaan tertua yang dapat ditelusuri hingga abad ini adalah kerajaan yang berada di wilayah Kalimantan. Apa nama kerajaan ini?

Menurut catatan sejarah, terdapat beberapa kerajaan tertua di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan peninggalan yang ditemukan seperti prasasti dan candi.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan tertua bercorak Hindu di Nusantara yang didirikan pada abad ke-4 Masehi. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Raja Mulawarman dan menyaksikan kejatuhan Maharaja Dharma Setia, raja terakhir kerajaan tersebut.

Sejarah Kerajaan Sriwijaya

Masa kerajaan ini diketahui dari ditemukannya tujuh prasasti Yupa yang ditemukan di Bukit Brubus di Muara Kaman di tepi Sungai Mahakam di Kabupaten Kutai, Kalimantan Timur.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Kerajaan ini berdiri pada abad ke-4 dan runtuh pada abad ke-7 Masehi. Tarumanegara menjadi salah satu kerajaan Hindu terbesar yang pernah ada di Indonesia.

Berdasarkan bukti sejarah berupa prasasti, Kerajaan Tarumanegara terletak di wilayah Bogor Jawa Barat dan berkembang antara tahun 400 hingga 600 Masehi.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Mengenal Sejarah Situs Trowulan Peninggalan Kerajaan Majapahit

Kerajaan Tarumanegara sangat dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu India. Hal ini diketahui dari kepercayaan yang berlaku, bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa yang tertulis di kitab suci.

Kerajaan Sriwijaya adalah kerajaan Budha yang sebelumnya menjadi simbol kebesaran Sumatera. Kehebatannya konon mampu menggantikan Kerajaan Majapahit di timur.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Kerajaan kuno Mataram diketahui telah ada sejak abad ke-8 hingga ke-11. abad Masehi Kerajaan ini juga dikenal sebagai Bhumi Mataram.

Alat Komunikasi Zaman Dulu

Merujuk pada buku Sejarah SMA/MA Kelas XI IPS karya Ignaz Kingkin Teja Angkasa, J. Sumardianta, A. Ferry T. Indratno dan H. Purwanta, prasasti Canggal merupakan salah satu bukti sejarah kerajaan ini.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Aksara Canggal ditulis menggunakan aksara Pallawa dan bahasa Sanskerta. Prasasti ini juga menyebutkan lingga yang didirikan oleh Raja Sanjaya pada tahun 654 Masehi di atas bukit Sthirangga.

Kerajaan Majapahit menjadi kerajaan Hindu-Buddha terakhir di Nusantara. Kerajaan ini lahir pada hari Raden Wijaya dinobatkan sebagai raja pada tahun 1293.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Prajurit Gagah Perkasa Dari Berbagai Kerajaan Masa Lalu

Pada awalnya Majapahit berpusat di Mojokerto, Jawa Timur, namun pada zaman Jayanegara (1309-1328), ibu kota dipindahkan ke Trowulan karena Girindrawardhana berkuasa dan pusat Majapahit berpindah lagi ke Kediri.

Majapahit mencapai kejayaannya dengan bantuan perdana menterinya, yaitu di bawah Gajah Mada (1313-1364), yang menguasai sebagian besar wilayah timur Nusantara. Anak muda jangan lupa dan tahu sejarah Sarawak, yang sebagiannya adalah sejarah negara tersebut.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Kerajaan Lembah Bujang di Kedah, Kerajaan Melayu Melaka, Kerajaan Langkasuka dan masih banyak lagi yang lain, asal usul kerajaan-kerajaan kuno ini tentu sudah diketahui, namun untuk bab tentang kerajaan kuno Sarawak, jelas banyak orang kagum.

Guru Batik.blog: Sejarah Batik

Jawabannya YA tapi sayangnya tidak pernah diberitahukan ke publik dan lebih menyedihkan lagi apa yang sekarang kita kenal sebagai Sarawak hanya pada masa pemerintahan keluarga Brooke yang memerintah selama 100 tahun di tanah Sarawak yang dikenal sebagai Kerajaan Sarawak.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Namun pada dasarnya ada 5 kerajaan kuno Sarawak yang pernah menjadi peradaban dan Peradaban Bangsa Sarawak dulunya. Kerajaan-kerajaan kuno tersebut adalah Kerajaan Negeri Santubong, Kerajaan Tanah Samarahan-Sadong, Kerajaan Negeri Kalaka, Kerajaan Saribas dan Kerajaan Tanah Malano.

Kerajaan Negeri Santubong berdiri sejak abad ke-10 sampai abad ke-14, saat itu berada di bawah kekuasaan kerajaan Seriwijaya dan setelah kemundurannya di bawah kekuasaan kerajaan Majapahit.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno: Letak, Sumber Sejarah, Silsilah Raja, Dan Peninggalan

Letak kerajaan kuno ini berada di muara Sungai Sarawak, dimana letaknya yang strategis menghadap ke Laut Cina Selatan menjadikannya sebagai kota pelabuhan dan pergudangan terpenting di Nusantara saat itu.

Migrasi orang Melayu dari Sumatera ke wilayah Santubong menegaskan bahwa putra raja yang telah diusir oleh kakeknya Raden Merpati Dipati Jipang mendirikan kerajaan kuno ini. Dikisahkan bahwa Raden Merpati Dipati Jipang sempat tinggal di tanjung di muara Sungai Sarawak karena istrinya hendak melahirkan.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Dengan bantuan Datuk Kul atau Datuk Kual, rombongan Raden Merpati Dipati Jipang mengungsi di daerah yang dikenal dengan nama Pasir Kuning.

Baru Diketahui, Majapahit Tak Pernah Kuasai Nusantara

Karena perilaku baik Raden Merpati Dipati Jipang, kehadirannya sangat diapresiasi oleh masyarakat setempat dan akhirnya diangkat sebagai ketua Pasir Kuning, nama Santubong sebelumnya.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Dengan berkembangnya pengaruh Datu Merpat, Kerajaan Santubong pun menjadi salah satu pelabuhan laut yang penting dan terkenal, sehingga para pedagang dari negara bertembok Tionghoa juga singgah di Santubong untuk berbisnis.

Dari konteks peradaban, Santubong sebenarnya adalah sebuah kerajaan kuno. Rajah James Brooke, Rajah Sarawak yang baru diangkat, memeriksa artefak di sini.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Istana Kerajaan Dompu, Jejak Sejarah Yang Semakin Terkubur

Tanda-tanda pentingnya kawasan Santubong justru mendorong James Brooke untuk menemukan Nandi dan Yoni tak lama setelah ia menjadi “Raja” Sarawak, sebelum Pemberontakan Lombok Tiongkok tahun 1857.

Selain menemukan batu besar tersebut, James Brooke juga mengoleksi benda-benda emas. Penemuan benda-benda yang terbuat dari emas menunjukkan bahwa daerah ini menarik perhatian orang asing terutama orang India pada tahap awal.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Mungkin karena keberadaan emas, tidak hanya di cekungan Sungai Sarawak, tetapi juga di Kalimantan barat daya, wilayah yang mengandung lebih banyak emas daripada yang lain di Kepulauan Melayu, dikaitkan dengan nama tempat penduduk asli Amerika Survanabhumi (Tanah Emas). . dan juga sebagai Iabadiou-nya Ptolemeus pada tahun 150 M.

Sejarah Kerajaan Kediri Paling Lengkap Beserta Peninggalannya

Penemuan pertama ini mendorong Museum Sarawak untuk melakukan penyelidikan arkeologi. Pada tahun 1949, di bawah bimbingan Tom Harrisson, ia berhasil mengumpulkan ribuan keripik gerabah Cina dari Santubong.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Hasil penelitian tembikar dan artefak religi Hindu ini menunjukkan bahwa Santubong sebagai pemukiman sudah ada sejak abad ke-7 dan berlanjut hingga abad ke-10 atau ke-14.

Selain itu, perkiraan 40.000 ton terak besi memperkuat anggapan bahwa kawasan Santubong adalah kota pelabuhan yang besar dan penting.Setelah mempelajari kedua ahli ini, mereka mengklaim bahwa industri ini ada antara 900ES-1350ES.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Sejarah Kerajaan Sriwijaya (lengkap)

Namun, setelah O.W. Wolters, seorang sejarawan kuno Asia Tenggara, Cina, mungkin telah mengetahui badai besi ini sejak abad ke-4, menafsirkan kembali pulau Tan-lan yang disebutkan dalam laporan Cina sebagai terletak di bagian barat daya Sarawak.

Jika interpretasi sejarawan terkenal ini benar, mungkin Tan-lan yang menghasilkan besi ini adalah pulau Talang-Talang, tetapi para arkeolog atau Museum Sarawak tidak pernah menghubungkan pulau ini dengan penemuan bijih besi di daerah Santubong. padahal pulau ini tidak begitu jauh dari tempat itu.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Setelah itu, ada juga pusat investasi lain di sekitar Santubong seperti Bongkissam. Namun, konon kawasan ini juga berada di bawah kendali Santubong yang kemudian menjadi negara.

Pejeng Bedulu Pusat Kerajaan Zaman Bali Kuna Oleh: Anak Agung Gede Raka Universitas Warmadewa

Berdasarkan penelitian terhadap ribuan pecahan tembikar Tionghoa, tanah Santubong berlanjut hingga abad ke-14, dan anggapan ini selanjutnya ditegaskan oleh prasasti Tionghoa Nan-hai-chih, yang mencantumkan kerajaan-kerajaan kuno Kalimantan pada tahun 1304. Pada c. Saat itu, orang Tionghoa menulis Brunei sebagai Tung-yang Fo, yang jelas menguasai seluruh Kalimantan bagian utara.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Melalui teks sejarah Jawa kuno, Negarakartagama, yang ditulis pada tahun 1365, menunjukkan bahwa Brunei (Bo-ni) juga berada di bawah kekuasaan Majapahit. Ekspansi Majapahit ini diyakini telah dimulai pada tahun 1350-an, dan ini menyebabkan perdagangan dengan Cina terhenti di Santubong, terbukti dengan ditemukannya tembikar yang tidak menunjukkan tembikar Ming.

Santubong sebagai nama aslinya juga menghilang dan diganti dengan nama baru Sawaku (Sarawak) Negarakartagama. Kehadiran Majapahit mungkin telah menyebabkan perpindahan penduduk dari Kerajaan Santubong ke daerah lain seperti Sadong dan Gedong.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Kerajaan Yang Pernah Berkuasa Di Lombok

Tidak adanya peninggalan sejarah Kerajaan Santubong setelah abad ke-14 membuktikan bahwa negara Santubong telah menghilang pada saat itu.

Terjadi perbedaan pendapat tentang hilangnya Kerajaan Negeri Santubong. Mungkin persepsi bahwa ada perang lokal antara Puteri Santubong dan Puteri Sejinjang berperan penting dalam menekan Datu Merpati Jepang untuk mengungsi ke pedalaman Sarawak.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Cerita ini bisa dikonfirmasi dengan adanya sebuah tugu di Kampung Mawang Taup, Samarahan, yang disebut Batu Datu Merpati.

Jejak Sejarah Kerajaan Nek Riuh Di Sambas

Datu Merpat konon ikut memajukan kelangsungan peradaban di negeri Kerajaan Santubong di Samarahan kala itu. Dari sinilah dimulai perpindahan penduduk dari kerajaan Santubong ke daerah seperti Gedong dan Sadong, selain daerah Lidah Tanah.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Penemuan tembikar Cina abad ke-14 dan ke-15 di dua lokasi di Lembah Sungai Sadong menunjukkan kesinambungan dengan sejarah Kerajaan Negeri Santubong di pedalaman.

Di Gedong, 40 mil dari Santubong, ditemukan 79.754 keping tembikar dan ratusan barang lain seperti mutiara, koin, dan emas. Berdasarkan keberadaan pecahan tembikar dan artefak lainnya, besar kemungkinan Gedong ini merupakan salah satu kawasan yang cukup berperan penting dalam bisnis niaga di pedalaman Sarawak.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Kota Melaka: Kegemilangan Dan Kejatuhan

Penemuan beberapa artefak bersejarah di Bukit Sandong, sedalam 25 mil di Gedong, semakin memperkuat anggapan bahwa kawasan Samarahan pernah menjadi tempat peradaban besar.

30.000 tembikar dengan asal dan umur yang sama dengan yang ditemukan di Santubong dan Gedong ditemukan di Bukit Sandong. Tambalan emas yang ditemukan oleh masyarakat biasa di daerah Gumpey pada tahun 2008 juga menjadi bukti lebih lanjut bahwa Samarahan merupakan daerah penting pada zaman dahulu.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Dalam konteks Samarahan sebagai negara yang diperintah oleh Kesultanan Brunei yang memerintah Sarawak selama lebih dari 500 tahun, berasal dari Sultan pertama Kesultanan Brunei, Awang Alak Betatar.

Sensationalism Dan Media. (credit Belong To Original Author)

Dikisahkan Awang Alak Betatar yang masuk Islam dengan nama Sultan Muhammad menerima uft dari kerajaan Samarahan setiap tahun. Di bawah kekuasaan Kesultanan Brunei, Samarahan menjadi koloni penting. Lembah Sungai Sadong merupakan lahan subur yang cocok untuk pertanian, khususnya budidaya padi.

Sejarah Kerajaan Zaman Dulu

Terletak hampir di tengah sungai, Gedong menjadi pusat administrasi dengan membuat

Cerita sejarah zaman dulu, motor zaman dulu, zaman dulu, komputer zaman dulu, sejarah zaman dulu, gambar zaman dulu, mobil zaman dulu, sepeda zaman dulu, zaman kerajaan, uang indonesia zaman dulu, kereta api zaman dulu, gambar uang zaman dulu

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button