Soal Matematika

Sifat Bangun Layang Layang

Sifat Bangun Layang Layang – Layang-layang (Sifat, Prinsip, dan Contoh Soal) – Tahukah Anda bahwa permainan layang-layang kotak yang sering dimainkan anak-anak adalah contoh bentuk persegi panjang? Ya, bentuk ini awalnya disebut layang-layang. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini mengenai pengertian layang-layang, ciri-ciri layang-layang, rumus layang-layang dan contoh soal pembahasan.

Layang-layang dalam bahasa Inggris adalah layang-layang, yaitu segiempat dengan dua pasang sisi yang sama dan sepasang sudut yang berlawanan dengan ukuran yang sama.

Sifat Bangun Layang Layang

Layang-layang memiliki dua garis diagonal yang saling tegak lurus, tetapi garis diagonal layang-layang tidak sama panjangnya dengan persegi.

Mengenal Bangun Datar

Bentuk layang-layang memiliki sepasang sudut yang sama. Silakan lihat ciri-ciri layang-layang berikut dengan gambar untuk memperjelas seperti apa layang-layang itu.

Untuk memahami bentuk layang-layang dengan mudah, silahkan simak gambar layang-layang ABCD di atas dan lihat beberapa ciri burung elang di bawah ini.

Dua pasang sisi yang sama panjang dilambangkan dengan garis AB = BC dan CD = DA.

Perhatikan sudut antara A dan C pada gambar layang-layang di atas. Kedua sudut memiliki besar yang sama.

Rumus Layang Layang

Jika Anda menggambar garis dari titik A ke titik C dan dari titik B ke titik D, Anda mendapatkan dua garis diagonal yang bertemu pada sudut siku-siku dan membentuk sudut siku-siku. Salah satu garis diagonalnya adalah sumbu simetri lipatan layang-layang, yaitu diagonal BD.

Berikut adalah rumus matematika yang digunakan untuk menghitung luas layang-layang, keliling layang-layang, sisi dan diagonal layang-layang.

Sebuah layang-layang memiliki sisi pendek (a) = 5 cm dan panjang sisi (b) = 7 cm. Hitung keliling layang-layang!

Keliling layang-layang tersebut adalah 20 cm. Jika panjang sisi pendek (a) layang-layang adalah 4 cm, hitung berapa panjang sisi (c) layang-layang tersebut!

Jenis Jenis Bangun Datar, Lengkap Dengan Rumus Menghitung Keliling Dan Luasnya

Layang-layang 20 cm. Jika diagonal 1 layang-layang adalah 5 cm, tentukan diagonal 2 layang-layang!

Demikianlah pembahasan tentang layang-layang (atribut, rumus dan contoh soal). Semoga pembelajaran matematika tentang rumus bangun datar bermanfaat. Butuh buku saku dan segitiga = untuk muridku = “Matematika itu menyenangkan dan mudah” Dibuat oleh: Reza Al Fazri, S.Kom

Persegi panjang adalah segiempat dengan dua pasang sisi sejajar dan empat sudut siku-siku. Sifat-sifat persegi panjang: Sisi-sisi yang berlawanan dari persegi panjang sama dan sejajar (AB dan DC, AD dan BC) Setiap sudut persegi panjang sama dan sudut siku-siku (<A= <B= <C=<D=900 ). Diagonal persegi panjang sama (AC = BD) dan membagi dua sudut (<ABO=<CBO, <BCO=<DCO, <ADO=<CDO, <DAO=<BAO). Diagonal-diagonal suatu persegi panjang bertemu di titik O dan membagi dua diagonalnya sama rata. (AO=OC, DO=OB) . A B O D C

3 2. Persegi adalah segiempat dengan empat sisi yang sama panjang dan empat sudut siku-siku. Properti Persegi: Semua properti persegi panjang adalah properti persegi. Semua sisi persegi memiliki panjang yang sama (AB=BC=CD=DA). Setiap sudut persegi panjang sama dan merupakan sudut siku-siku (<A= <B= <C= <D=900). Sudut-sudut persegi dibagi dua oleh diagonal (<ABO=<CBO, <BCO=<DCO, <ADO=<CDO, <DAO=<BAO). Diagonal-diagonal persegi membentuk sudut siku-siku. A B O D C

Ciri Ciri Layang Layang Dan Gambar Penjelasannya

6 3. Jajaran genjang 1). Dalam jajaran genjang mana pun, sisi-sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar (AB=DC dan AD=BC, AB//DC, dan AD//BC). 2) Dalam jajaran genjang mana pun, sudut yang berlawanan adalah sama (<A=<C dan <B=<D). 3) Jumlah pasangan sudut yang berdekatan pada setiap jajaran genjang (<A + <B = ) dan (<C + <D = 1800 ) 4). Di setiap jajaran genjang, dua diagonal berpotongan dengan panjang yang sama (AO = OC, dan BO = OD).

Keliling jajaran genjang KLMN = KL + LM + MN + KN = KL + LM + KL + LM = 2(KL + LM) Dengan menjadikan garis bantu DE sebagai ketinggian jajaran genjang, terbentuklah segitiga DAE. Potong segitiga DAE kemudian hubungkan dengan sisi BC sehingga AD sama dengan BC dan terbentuk persegi panjang DECE, maka luas jajargenjang = luas persegi panjang. Luas = alas x tinggi = a x t

8 4. Belah Ketupat Belah ketupat adalah segiempat yang dibentuk oleh gabungan segitiga sama kaki dan bayangannya setelah dipantulkan terhadap alasnya. Sifat belah ketupat: Semua sisi belah ketupat sama panjang (AB = BC = CD = DA). Dua diagonal belah ketupat adalah sumbu simetri (AC dan DB). Dua diagonal belah ketupat membagi dua dan bertemu di titik tegak lurus AO=OC, BO=OD, tegak lurus titik O. 4. Dalam setiap belah ketupat sudut yang berlawanan adalah sama (<A=<B=<C=<D) dan dibagi dua dengan diagonal (<ABO=<OBC, <BCO=<OCD, <CDO =<ODA, <DAO = <OAB)

Jika belah ketupat mempunyai panjang sisi s, keliling belah ketupat adalah K = AB + BC + CD + DA K = s + s + s + s K = 4 s B. Luas belah ketupat ABCD = Luas ∆ ABC + Luas ∆ ADC =(½ x AC x OB) + (½ x AC x OD) = ½ x AC x (OB+OD) = ½ x AC x BD = ½ x Diagonal x Diagonal Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan sebagai berikut, Luas dari belah ketupat yang diagonalnya d1 dan d2 Belah ketupat ABCD = ½ x d1 x d2

Macam Bangun Datar

10 5. Layang-layang adalah segiempat yang dibentuk oleh gabungan dua segitiga sama kaki yang alasnya sama panjang dan kongruen. Sifat Layang-Layang: Pada setiap layang-layang, panjang setiap pasang sisinya sama (AD=DC=y dan AB=BC=x). 2. Pada setiap layang-layang, terdapat sepasang sudut yang berhadapan sama besar (<A=<C dan <B=<D). 3. Salah satu diagonal layang-layang adalah sumbu simetri (diagonal DB). 4. Salah satu diagonal layang-layang membagi dua diagonal yang lain menjadi dua bagian yang sama besar dan kedua diagonal tersebut saling tegak lurus, diagonal DB membagi AC sama rata.

12 6. Trapesium adalah segi empat yang memiliki tepat sepasang sisi yang berhadapan sejajar. Jenis-jenis Trapesium (Umumnya ada tiga jenis trapesium) (i) Trapesium sewenang-wenang adalah trapesium yang keempat sisinya tidak sama panjang. Pada gambar di sebelahnya, AB // DC, tetapi setiap sisi yang membentuk AB, BC, CD, dan AD tidak sama panjang. (ii) Trapesium sama kaki adalah trapesium yang tidak hanya memiliki sepasang sisi yang sejajar tetapi juga memiliki sepasang sisi yang sama panjang. Pada gambar di bawah ini, AB // DC dan AD = BC. (iii) Trapesium siku-siku adalah trapesium yang salah satu sudutnya siku-siku (900). Pada gambar di sebelahnya, selain AB // DC, Anda juga dapat melihat bahwa dimensi < DAB = 900 (sudut siku-siku).

B. Sifat-sifat Trapesium 1. Jumlah sudut-sudut yang bersisian antara dua sisi sejajar suatu trapesium adalah 1800. Trapesium sama kaki mempunyai sifat-sifat sebagai berikut: 1. Diagonal-diagonalnya sama panjang; 2. Sudut alasnya sama; 3. Kotaknya dapat ditempati dengan dua cara. C. Keliling dan Luas Trapesium Keliling trapesium ditentukan dengan cara yang sama seperti keliling bentuk lainnya, yaitu dengan menjumlahkan panjang sisi pembatas trapesium.

Besar sudut suatu segitiga siku-siku adalah 900 B. Segitiga Sama Kaki 1. Segitiga sama kaki terbentuk dari dua segitiga siku-siku yang sama panjang. 2. Segitiga sama kaki memiliki dua sisi yang sama dan dua sudut yang sama. 3. Segitiga sama kaki memiliki sumbu simetri.

Sebutkan Sifat Sifat Bangun Datar Segi Empat Yang Kalian Ketahui Baik Persegi Panjang Persegi

22c. Segitiga sama sisi Segitiga sama sisi memiliki tiga sisi yang sama dan tiga sudut yang sama (AB=BC=CA). Setiap segitiga sama sisi memiliki tiga sumbu simetri.

Jumlah tiga sudut suatu segitiga adalah 1800. Jika dua sudut lainnya diketahui, hitunglah besar sudut segitiga tersebut.

1. Keliling segitiga ABC = AB + BC+AC = c + a + b = a + b + c Karena keliling segitiga ABC, keliling segitiga ABC adalah a + b + c. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan sebagai berikut. Sebuah segitiga dengan panjang sisi a, b dan c, maka kelilingnya adalah K = a + b + c. 2. Luas segitiga adalah t a

Agar situs web ini berfungsi, kami merekam data pengguna dan membaginya dengan pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menerima kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie.

Sifat Sifat Bangun Datar Worksheet

Rumus bangun datar layang layang, sifat bangun datar layang layang, luas bangun datar layang layang, bangun datar dan sifat-sifatnya, sifat sifat bangun layang layang, gambar bangun datar layang layang, sifat bangun, sifat sifat bangun datar persegi, sifat sifat bangun datar, sifat bangun jajaran genjang, sifat layang, bangun layang

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button