Sejarah Kerajaan

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti – Pada abad ke-5 Kerajaan Kutai atau Masehi. Diperkirakan didirikan pada tahun 400 M, dan ditemukannya sisa-sisa tujuh Yupa atau prasasti pilar batu dari Kerajaan Kutai menjadi buktinya.

Yupa memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai prasasti, kemudian sebagai tiang pengikat hewan untuk upacara kurban, dan sebagai simbol kebesaran raja.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Selain Yupa, benda-benda lain dari Kerajaan Kutai bersaksi tentang kejayaan Kerajaan Lama sebelumnya.

Sumber Sejarah Peninggalan Kerajaan Kediri Yang Berupa Prasasti

Beberapa peninggalan Kerajaan Kutai masih bisa dilihat di Museum Mulavarman di Kota Tengarang, Kutai, Lordegara.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Ketopang Sultan adalah mahkota raja Kerajaan Kutai, terbuat dari emas seberat 1,98 kg, yang masih tersimpan rapi di Museum Nasional Jakarta.

Mahkota Sultan Ketopang ditemukan sekitar tahun 1890 di daerah Muwara Kaman Kutai Lordegara. Replika helm Sultan juga ada di Museum Mulavarman.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Powerpoint Kerajaan Kutai Dan Tarumanegara

Salah satu ciri khas kerajaan Kutai, kalung paman yang dikenakan oleh Sultan Kutai Lordgara mampu menjajah dan menaklukkan Martadipur.

Peninggalan Kerajaan Kutai lainnya, Kalung Siwa, yang berasal dari masa pemerintahan Sultan Azi Muhammad Sulaiman, ditemukan pada tahun 1890 oleh penduduk Danau Muwara Kaman Lipan.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sampai sekarang kalung Siwa ini digunakan sebagai perhiasan kerajaan, dipakai oleh raja ketika ada pesta pengangkatan raja baru.

Sumber Sejarah Yang Membuktikan Keberadaan Kerajaan Kutai Adalah…. A. Prasasti Canggal B.prasasti

Pedang ini terbuat dari bahan emas murni. Ujung pedangnya memiliki ukiran harimau yang bersiap menyerang musuh. Ujung kasing dihiasi dengan ukiran buaya.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Benda berukuran setengah kepalan ini merupakan salah satu hadiah dari Kerajaan Cina kepada Putri Sultai Kutai dari Pangeran Aji Bidara Putih.

Yupa ditulis menggunakan aksara Pallava dan bahasa Sanskerta berbentuk 3 tiang batu yang konon digunakan untuk mengikat kurban untuk memberikan persembahan kepada Tuhan.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Inilah Sumber Sejarah Kerajaan Kalingga Atau Ho Ling: Lokasi, Raja, Peninggalan, Dan Keruntuhan

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang pedoman gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langganan majalah saja. Klik di atasnya

Kuping kiri panas menurut islam #militer #cara mengetahui weton berdasarkan tanggal dan tahun lahir #anjing vs pria #kalender jawara #Elisabeth Fritzl #10 trik wanita naik motor sampai klimaks main hanya dengan jari #weton lahiJAKARTA – Kapan Apakah Kerajaan Kutai Dibangun?Meskipun tidak ada catatan yang menunjukkannya, sumber sejarah menggambarkan kerajaan ini sebagai kerajaan tertua di Indonesia. Negara bagian ini terletak di kawasan Sungai Mahakam, di Kalimantan Timur, dekat kota Tengora.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sejarawan mengaitkan nama Kerajaan Kutai dengan penemuan sisa-sisa tulisan pada pilar batu Yupa di dekat Kutai.

Pemberian Nama Suku Kutai Akibat Politik Kepentingan

Nama resmi kerajaan ini masih belum diketahui karena tidak ada sumber sejarah yang jelas untuk membuktikan asal usul sejarah kerajaan Kutai. Dahulu, kawasan Sungai Mahakam dapat dilayari hingga Murakaman sehingga cocok untuk jalur perdagangan.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Yupa adalah sumber sejarah utama Kerajaan Kutai. Itu terlihat seperti monumen Yupa, tetapi dengan tulisan di atasnya. Prasasti Yupa ini berasal dari zaman Raja Mulawarman Masehi. Sekitar abad ke-5.

Prasasti Yupa ini diukir dengan aksara Pallava dan bahasa Sansekerta. Salah satunya menceritakan silsilah keluarga Raja Mulavarman dari Yupa.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Tokoh Sejarah Pada Masa Hindu Budha Dan Islam Di Indonesia 1 1

Kakeknya, Kudunga, dan ayahnya, Ashwavarman, dianggap sebagai Deva Ansuman atau Deva Surya. Raja Mulavarman adalah seorang Hindu yang taat yang menyembah Siwa dan sangat dermawan.

Menurut riwayat, Raja Mulavarman juga mengorbankan 20 ribu lembu dan emas untuk para brahmana. Sebagai tanda terima kasih, para brahmana melakukan Yupa khusus kepada Raja Mulawarman.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Benar, katanya, pada masa pemerintahan Raja Mulawarman, Kerajaan Kutai menikmati masa-masa indah. Pertaniannya subur dan dilintasi jalur perdagangan.

Sejarah Runtuhnya Kerajaan Kalingga, Peninggalan, Daftar Raja Ratu

Mengenai asal-usul sejarah Kerajaan Kutai, informasi tentang kondisi politik kerajaan tidak begitu jelas. Sedikit yang diketahui tentang kehidupan politik kerajaan Kutai.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Prasasti tersebut dapat menggambarkan raja-raja yang memerintah kerajaan tersebut. Nama resmi raja pertama di Indonesia adalah Raja Kunduga.

Ia memiliki seorang putra bernama Ashwawarman, yang dianggap sebagai pendiri dinasti yang membentuk keluarga tersebut. Nama anak Kunduga di atas menjelaskan bahwa agama Hindu yang kita kenal masuk ke dalam Kerajaan Kutai.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Artikel Tentang Kerajaan Kutai (berbagai Sumber)

Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa Ashwavarman memiliki tiga orang putra. Salah satu dari ketiga putranya memiliki nama yang terkenal, meski bukan Mulavarman. Kedua nama keluarga menggunakan bahasa Sansekerta.

Dengan demikian raja-raja yang memerintah Kutai dapat dibuktikan sebagai orang Indonesia sejati yang memeluk agama Hindu. Masyarakat Kerajaan Kutai memiliki kekhasan yaitu pertanian sampai saat ini menjadi ciri khas Indonesia, sehingga menjadi cikal bakal sejarah Kerajaan Kutai.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Di awal tahun 2020 sempat beredar kabar bahwa ada perkumpulan yang bernama “Maharaja Kutai Mulavarman”. Sangha ini mengaku sebagai pewaris tahta Raja Mulawarman.

Kerajaan Kerajaan Hindu Buddha Di Indonesia

Namun, pernyataan ini tidak didasarkan pada fakta sejarah. Kerajaan Kutai yang dulu berpusat di Mura Kama belum juga dihidupkan kembali.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sebab, keberadaan kerajaan ini melebur menjadi kerajaan Kutai Kirtanegar. Alasan lainnya adalah tidak adanya sumber sejarah yang valid mengenai silsilah raja terakhir kerajaan Kutai Marthapur yaitu Raja Dharmasatiya.

* Seiring dengan sumber sejarah Kerajaan Kutai, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya sambil merevolusi pelaporan!

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Arsitektur Kerajaan Kutai

Sentil Ernest Prakash menyebutnya ‘Permata Nusantara’, Janda Abu: Ini adalah hasil dari kemalasan dalam membaca sejarah, jadi saya tidak tahu kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan agama Kerajaan Kutai – Hindu Kutai Martadipur. Sebuah kerajaan bercorak dulu ada di Nusantara, yaitu Mura Kaman, Kalimantan Timur. Berdasarkan catatan sejarah dan bukti-bukti sejarah yang ditemukan, kerajaan ini dapat ditelusuri hingga ke IV. Berdiri sekitar satu abad, atau bisa dikatakan sebagai kerajaan tertua di Indonesia. Bukti sejarah berupa peninggalan yang disebutkan di atas adalah 7 fragmen Yupa. Dari Yupati kita juga bisa belajar tentang kehidupan politik, kehidupan ekonomi, kehidupan sosial, budaya dan agama (kepercayaan) kerajaan Kutai.

Kerajaan Kutai Martadirupa berbeda dengan kerajaan Kutai Kirtanega. Kerajaan Kutai Martadipur bercorak Hindu dan Kutai Kertanegar bercorak Islam setelah berakhirnya Kerajaan Kutai Martadipur. Oleh karena itu, dalam pembahasan kali ini akan ditelaah tentang kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan agama kerajaan Kutai Martadipur. Nah, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sumber sejarah kerajaan Kutai adalah penggalan 7 Yupa yang mengungkap kehidupan politik kerajaan ini. Yupa adalah prasasti yang dipahat pada tiang batu. Yupa ini diberikan pada masa pemerintahan Raja Mulavarman. Prasasti ini juga menyebutkan silsilah Mulavarman, raja besar kerajaan Kutai.

Biografi Raja Mulawarman, Sang Raja Yang Terkenal Di Borneo

Dalam isi Yupa, Mulavarman digambarkan sebagai cucu dari Kudunga, Yupa ini menggambarkan Kudunga memiliki seorang putra yang terkenal bernama Sang Asvawarman. Putranya Ansuman (Dewa Matahari) juga sama. Ashwavarman memiliki 3 putra. Putra yang paling menonjol bernama Sang Mulavarman adalah seorang raja yang kuat dan sakti yang berpendidikan tinggi.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Isi Yupa ini merujuk pada Ashwavarman sebagai pendiri keluarga kerajaan dan bukan Kudunga yang dianggap sebagai pendiri kerajaan. Namun, para ahli mengatakan bahwa keluarga yang disebutkan dalam konteks ini sudah menjadi keluarga bau India. Ini jelas dibuktikan dengan namanya, Kudunga bukanlah nama India. Meskipun ia disebutkan sebagai ayah Ashwavarma, dan otomatis menjadi penguasa atau raja, ia tidak dianggap sebagai pendiri keluarga kerajaan.

Kehidupan ekonomi Kerajaan Kutai didukung oleh letaknya yang paling strategis, tepatnya di Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Letak Kerajaan Kutai yang strategis membuat kegiatan ekonomi bertumpu pada perdagangan dan pelayaran di sepanjang sungai.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Kerajaan Kutai Interactive Worksheet

Selain itu, perekonomian Kerajaan Kutai berasal dari sektor pertanian dan peternakan. Itu mendukung kegiatan komersial dari sektor pertanian, tetapi di sektor peternakan, penjelasan yang diberikan dalam teks Yupa membuktikan bahwa raja memberikan 20 ribu ternak sebagai sedekah kepada para brahmana. Ini berarti pembiakan sapi benar-benar maju selama periode ini. Analisis kehidupan ekonomi Kerajaan Kutai ini didasarkan pada bukti dan fakta yang ada.

Kehidupan sosial masyarakat Kerajaan Kutai dapat kita pelajari dari isi prasasti yang ditulis pada tiang batu atau dikenal dengan Yupa. Dari informasi yang didapat, masyarakat Kutai dipengaruhi oleh peradaban India, kepercayaan Hindu dengan cepat diperkenalkan dan berkembang.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sebagian besar masyarakat mengikuti raja yang mendapat unsur budaya dari India. Tetapi banyak yang masih berpegang teguh pada kepercayaan leluhur mereka. Unsur budaya yang menyesuaikan dengan tradisi yang ada, terjadi samskara.

Kehidupan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya Dan Agama Kerajaan Kutai

Prasasti yang ditulis pada pilar batu merupakan ciri budaya Kerajaan Kutai. Yupa ditulis menggunakan aksara Pallava, yang menunjukkan adanya pengaruh India Selatan melalui prasasti ini. Tiang Batu atau Yupa merupakan kelanjutan dari budaya leluhur bangsa Indonesia pada masa Megalitikum (Zaman Batu Besar).

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Jika kita cek, bentuk Yupa menyerupai menhir yang digunakan sebagai tempat pemujaan arwah leluhur. Pada masa Kerajaan Kutai, Yupa digunakan sebagai tempat persembahan korban (sapi) kepada para dewa.

Berdasarkan 7 buah Yupa tersebut, kita juga bisa belajar tentang kehidupan religi kerajaan Kutai. Sebelum adanya pengaruh dari India, yaitu pada masa Raja Kudunga, masyarakatnya masih memiliki kepercayaan leluhur yang benar dan tidak mengenal sistem kasta. Namun, setelah pengaruh agama Hindu pada masa Ashwawarman, banyak orang yang memeluk agama Hindu dan menjadi sadar akan sistem kasta.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sejarah Kerajaan Kutai Pages 1 7

Sistem kasta Hindu di kerajaan Kutai terlihat dalam urusan Yupa dimana raja mempersembahkan 20 ribu ekor sapi kepada para Brahmana, kasta tertinggi dalam agama Hindu. Yupa Monumen ini dibangun oleh para Brahmana dan dihadiahkan kepada raja atas kebaikan para Brahmana.

Ini adalah deskripsi dan analisis tentang kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan agama kerajaan Kutai. Semoga informasi diatas berguna dan bermanfaat bagi pembaca sekalian dan baca juga artikel menarik dan informatif lainnya tentang Kerajaan Hindu-Buddha dan Islam Nusantara.Kerajaan Kutai terletak di tepi Sungai Muwara Kaman.

Sumber Sejarah Kerajaan Kutai Adalah Prasasti

Sumber sejarah kerajaan kutai, nama prasasti kerajaan kutai, buku sejarah kerajaan kutai, sejarah kerajaan kutai, kerajaan kutai adalah, gambar prasasti kerajaan kutai, bukti sejarah kerajaan kutai, prasasti kerajaan kutai kartanegara, sejarah berdirinya kerajaan kutai, prasasti yupa kerajaan kutai, prasasti prasasti kerajaan kutai, peninggalan prasasti kerajaan kutai

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button