Pendidikan

Teks Iklan Bahasa Jawa

Teks Iklan Bahasa Jawa – Contoh reklame dan gambar dalam bahasa jawa – Reklame adalah kegiatan mengiklankan barang/jasa kepada masyarakat. Propertinya menggunakan bahasa yang menarik. Tentu saja yang menarik di sini adalah banyak makna yang berbeda, salah satunya adalah penggunaan bahasa Jawa. Apa pendapat Anda tentang iklan dalam bahasa Jawa?

Penggunaan bahasa Jawa dalam iklan memiliki daya tarik tersendiri. Kita tahu bahwa di antara pulau-pulau di Indonesia, pulau Jawa memiliki kepadatan penduduk yang paling tinggi. Oleh karena itu, pengiklan sengaja menggunakan bahasa Jawa untuk menarik konsumen di Pulau Jawa.

Teks Iklan Bahasa Jawa

Teks Iklan Bahasa Jawa

Alasan lain pemasangan iklan dalam bahasa Jawa adalah karena perusahaan produksi berlokasi di pulau Jawa. Oleh karena itu, pemilik perusahaan ingin memperluas pemasaran produknya di Pulau Jawa. Salah satu contohnya adalah Antangin JRG, sebuah perusahaan obat flu yang didirikan di Wonogiri, Jawa Tengah, yang slogan Jawanya adalah “Wes… ew… ewes, paplas angin”.

Ph Basa Jawa Worksheet

Selain untuk mempromosikan suatu produk atau jasa, iklan yang menggunakan bahasa jawa banyak digunakan dalam bentuk iklan lainnya, seperti iklan pendidikan dan layanan masyarakat. Bagaimana dengan contohnya? Simak beberapa contoh iklan yang menggunakan bahasa jawa di bawah ini beserta gambar dan keterangannya.

Teks Iklan Bahasa Jawa

Banyak iklan yang sengaja menggunakan bahasa Jawa. Karena bahasa jawa terkenal dengan keunikan dan keindahannya. Beberapa contohnya adalah:

Gambar di atas adalah contoh iklan produk makanan Indomie. Iklan tersebut bertuliskan “Nggawe nonton bal pakhir gungah” dalam bahasa Jawa yang artinya membuat sepak bola lebih menyenangkan.

Teks Iklan Bahasa Jawa

Contoh Teks Iklan Produk Singkat Yang Kreatif Dan Kompetitif

Foto di atas adalah iklan Jawa untuk minuman susu coklat Nestlé Milo Energy. Iklan itu berbunyi teks Jawa: “Milo, kekuatan mengalahkan semua dinosaurus!” Maksud saya Milo, energi menang setiap hari!

Gambar diatas merupakan iklan jasa yang menggunakan bahasa jawa untuk laundry atau jasa laundry. Iklan tersebut ditulis dengan kalimat dalam bahasa Jawa: “Dapatkan ijenan sekilo, bersih, harum, layanan halus” yaitu satu potong baju dan satu kilogram, Anda akan mendapatkan layanan laundry yang bersih, harum, dan elegan.

Teks Iklan Bahasa Jawa

Gambar di atas adalah iklan pendidikan bahasa Jawa. Iklan itu berbunyi dalam bahasa Jawa: “Pendidikan itu penting untuk masa depan anak!” Artinya, pendidikan sangat penting bagi masa depan anak.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Berbahasa Jawa

Gambar di atas adalah contoh iklan layanan masyarakat yang berkaitan dengan perlindungan lingkungan. Iklan tersebut ditulis dalam bahasa Jawa dan berbunyi “Ijogna mane kango masa depan bumi kita”, yang berarti kita menghijaukan kembali masa depan bumi kita.

Teks Iklan Bahasa Jawa

Gambar di atas adalah contoh iklan yang memuat informasi kesehatan. Iklan tersebut menggunakan bahasa Jawa: “ankalan ing savigining bangonan trash” yang artinya sampah harus dibuang pada tempatnya.

Struktur teks pidato bahasa jawa, teks misa bahasa jawa, teks pidato bahasa jawa, teks cerita rakyat bahasa jawa, teks percakapan bahasa jawa, contoh teks iklan bahasa jawa, teks geguritan bahasa jawa, teks wawancara bahasa jawa, contoh teks mc bahasa jawa, teks sandiwara bahasa jawa, teks bahasa jawa, teks berita bahasa jawa

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button