tempat wisata

Tempat Wisata Batu Quran

Tempat Wisata Batu Quran – Tempat yang terkenal sebagai tempat wisata religi di Provinsi Banten ini selalu ramai dikunjungi pengunjung dari berbagai daerah seperti Jakarta, Tangerang dan Bagor, terutama di akhir pekan atau hari besar keagamaan.

Sebuah desa yang sejuk dan sunyi di lembah gunung Pulosari, mata air yang melimpah mengalir di nadi setiap kehidupan penduduknya.

Related Articles

Tempat Wisata Batu Quran

Tempat Wisata Batu Quran

Berada di Desa Kadubumbu, Kecamatan Chimnuk, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, tempat wisata ini sangat mudah diakses, sekitar 1 jam perjalanan dari Kantor Pusat Pemerintah Provinsi Banten dengan kendaraan roda 4 dan 2. .

Local Guides Connect

Menurut sejarah, konon lokasi Bati-Qur’an ini awalnya adalah kubu Sayach Mansur, seorang ulama terkenal pada masanya. Saat itu dia hendak pergi ke Mekkah, dan sekembalinya dari sana dia melihat bersamanya mata air yang terus mengalir dan hampir membanjiri tempat itu. Dia kemudian mengambil kitab Al-Qur’an dan menggunakannya untuk menghentikan mata air segera setelah air berhenti dan Al-Qur’an menjadi batu yang berada di kolam yang airnya dikatakan tidak pernah kering sampai hari ini.

Tempat Wisata Batu Quran

Secara fisik, batu-batu tersebut terlihat seperti tumpukan batu biasa yang terendam air. Konon, hanya mereka yang memiliki kemampuan dan telah melakukan ritual tertentu yang dapat melihat prasasti Alquran yang tercetak di atas batu.

Ada juga kepercayaan masyarakat bahwa mengelilingi batu tujuh kali akan mengabulkan keinginan, sehingga banyak orang yang berziarah ke sana dengan berbagai alasan, seperti sembahyang atau mandi di danau.

Tempat Wisata Batu Quran

Seru Banget, 7 Rekomendasi Tempat Wisata Di Pekanbaru Yang Asik

Benar atau tidaknya semua tergantung niat kita masing-masing, karena kebenaran hanya milik Tuhan, dan saat ini jelas tempat itu selalu ramai dikunjungi wisatawan, karena yang ingin berziarah atau sekedar berwisata. Provinsi ini memang terkenal dengan kuatnya nilai – nilai religi, khususnya perkembangan agama Islam yang dianggap sebagai basis pertama pembangunan provinsi tersebut. Kepadatan nilai-nilai keislaman tersebut merasuk dalam kehidupan sehari-hari, seperti adat-istiadat, dan juga menjadi tujuan wisata religi, bagian dari warisan sejarah Islamnya.

Salah satu wisata religi di Banten yang memiliki keunikan tersendiri adalah Wisata Batu Al Quran yang terletak di wilayah Pandeglang. Tempat wisata ini berupa danau di kaki Gunung Karang, berjarak lebih dari 300 meter dari Wisata Pemandian Alam Chikaromai, Kabupaten Pandeglang.

Tempat Wisata Batu Quran

Di tempat ini terdapat sebuah batu berukuran sekitar 2 x 2 meter dengan tulisan bacaan Al-Qur’an, sehingga tempat ini dinamakan Batu Al-Qur’an. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke sini setiap hari untuk melihat keunikan batu ini.

Destinasi Wisata Di Ujung Kulon Selain Pantai

Namun, tidak hanya bentuknya yang dianggap unik, banyak orang berduyun-duyun ke wisata ini karena legenda ini dianggap sangat tidak berdasar. Batu Quran konon mengandung mitos unik yang diyakini banyak orang bersumber dari pintu teleportasi langsung ke kota Mekkah, Arab Saudi.

Tempat Wisata Batu Quran

Sepintas memang terlihat aneh dan absurd, namun banyak yang percaya bahwa Batu Alquran ini pernah menjadi pintu gerbang para sesepuh Banten, dalam hal ini Sultan dan Syekh, untuk berziarah ke kota suci Mekkah untuk bersilaturahmi.

Karena lokasi dan kondisinya, Mata Air Batu Karang memiliki air yang bersih karena merupakan aliran air langsung dari Gunung Karang. Namun menurut legenda, nenek moyang Banten menutup mata air tersebut agar tidak ada yang menyalahgunakannya di kemudian hari, dan dibuatlah kolam air murni dengan tumpukan batu di tengahnya.

Tempat Wisata Batu Quran

Bukit Kandis! Salah Satu Tempat Wisata Bengkulu Yang Jarang Diketahui

Selain itu, ada mitos bahwa jika seseorang bisa berenang mengelilingi batu sebanyak 7 kali, semua keinginannya akan terkabul. Namun, banyak kontroversi mengenai mitos unik ini karena takut melanggar nilai-nilai Islam, namun tetap saja terkadang pengunjung mencoba berkeliling batu dengan berenang.

Selain wisata religi, pengunjung biasanya menikmati kejernihan air di sekitar Batu Quran karena kejernihan air di sekitar kolam memungkinkan tulisan di Batu Quran terlihat jelas.

Tempat Wisata Batu Quran

Untuk mengunjungi tempat ini, Anda harus mengunjungi Desa Tibulkan, Desa Kadu Bambang. Bertepatan dengan Lapangan Pandeglung yang berjarak sekitar 14 km, apakah Anda ingin berziarah ke tempat ini? Pulau Jawa memiliki banyak tempat wisata religi. Salah satunya di Banten. Pasalnya, provinsi ini dikenal sebagai wilayah yang sarat akan nilai-nilai agama Islam. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata religi di Banten yang bisa Anda kunjungi.

Wisata Religi Banten Yang Jarang Diketahui Orang Wisata Religi Banten

Masjid ini merupakan cagar budaya yang sangat populer di Banten. Banyak wisatawan yang ingin mempelajari seluk-beluk masjid bersejarah ini. Masjid Agung Banten dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin pada tahun 1552-1570.

Tempat Wisata Batu Quran

Salah satu masjid tertua di Banten, Masjid Agung Tanara bisa menjadi pilihan wisata religi. Masjid ini merupakan peninggalan Sultan Maulana Hasanuddin yang menjadi raja pertama Banten. Apalagi dakwah Islam di Banten dimulai dari masjid klasik ini.

Tempat ini berada di kaki Gunung Karang. Batu Alquran adalah tempat ziarah dengan sejarah yang unik. Batu Quran mengambil namanya dari batu besar di mana Alquran diukir. Namun, masyarakat percaya bahwa hanya mereka yang berilmu tinggi yang dapat melihat tulisan Alquran di batu tersebut.

Tempat Wisata Batu Quran

Tempat Wisata Religi Di Banten, Cocok Dikunjungi Jelang Ramadhan 2023 Untuk Berziarah!

Kunjungan ke Batu Qur’an tidak akan lengkap tanpa ziarah ke makam Syekh Maulana Mansuruddin. Banyak yang mengklaim bahwa Syekh Maulana sebenarnya berasal dari Jawa Timur. Namun, ia diakui sebagai orang yang berjasa besar dalam penyebaran ajaran Islam di Banten.

Tempat wisata religi lainnya yang bisa Anda kunjungi di Banten adalah Makam Syekh Abdul Jabbar. Ia merupakan salah satu ulama yang berperan dalam pembentukan Kabupaten Pandeglang bersama Sultan Sherif Hidayatullah.

Tempat Wisata Batu Quran

Jika ingin berziarah ke sini bersama rombongan, pengunjung disarankan untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban. Karena hanya ada 20 orang di kuburan.

Liburan Di Wisata Alam Cireong Ciamis, Ini Harga Tiket Dan Fasilitasnya

Di sebelah utara Masjid Agung Banten terdapat kompleks pemakaman Kesultanan Banten. Banyak keluarga tokoh besar seperti Sultan Maulana Hasanuddin dan istrinya, Sultan Ageng Tirthyasa, Sultan Abu Nasir Abdul Kohr dan Sultan Zainul Abidin dimakamkan di sana.

Tempat Wisata Batu Quran

Itulah beberapa wisata religi di Banten yang bisa Kaka Tete kunjungi. Semoga wabah ini segera berakhir dan kita bisa pindah ke tempat impian kita. Tiket masuk Batu Quran: Rp 10.000. Jam operasional: 24 jam. Nomor telepon:-. Alamat / Lokasi: Jl. Wisata Sikoromoy, Kadubungbang, Simanuk, Pandegalang, Banten, Indonesia, 42271.

Batu Kuran merupakan tempat wisata religi dan sejarah di Pandeglang, Banten. Situs tersebut berupa kolam dengan mata air yang bersih dan menyegarkan. Kawasannya masih cukup sederhana dengan nuansa pedesaan.

Tempat Wisata Batu Quran

Bhakti Brimob Untuk Masyarakat, Personel Brimob Tingkatkan Patroli Ke Tempat Wisata*

Namun, selalu ada banyak turis di sini. Mata air dari danau ini konon memiliki berbagai khasiat: mulai dari menyembuhkan penyakit hingga awet muda.

Untuk menikmati kesegaran mata air di Batu Karan Tour, setiap wisatawan akan dikenakan tiket masuk. Biaya masuk ke tempat ini sangat kecil. Setelah pembayaran mencukupi, wisatawan dapat menikmati berenang dan menggunakan fasilitas yang tersedia.

Tempat Wisata Batu Quran

Menariknya, tempat wisata ini buka 24 jam. Wisatawan bisa datang kapan saja untuk berenang di Danau Batu Karan. Waktu terbaik adalah pagi atau sore hari. Berendam di air dingin pasti sangat menyegarkan di hari yang panas. Namun banyak juga yang datang pada malam hari untuk mandi dan mencari berkah.

Tapak Tilas, Yuk Jelajahi 13 Wisata Religi Dan Tempat Ziarah Di Banten!

Provinsi Banten memang kaya akan nilai-nilai religi, terutama dalam penyebaran agama Islam. Di antara tempat wisata tersebut adalah Batu Quran yang dianggap sebagai peninggalan Syekh Maulana Mansur. Selain kolam dengan mata air murni, lingkungan sekitarnya juga sangat indah. Itu dinaungi oleh pohon beringin besar yang berdiri di tepi danau. Selain itu, udara terasa dingin di tempat ini. Tak lepas dari lokasinya yang berada di kaki Gunung Karang, 300 meter di atas permukaan laut.

Tempat Wisata Batu Quran

Sebagai masyarakat, pemandian batu Alquran ini dianggap keramat. Syekh Maulana Mansoor diyakini pernah berkemah di sini saat dalam perjalanan ke Mekkah. Di dasar kolam terdapat sebuah batu berukuran 2×2 meter dengan tulisan Al-Qur’an, sehingga disebut Batu Al-Qur’an.

Menurut para ahli sejarah, catatan tersebut dibuat oleh para pengikut Sultan Banten untuk menyebarkan agama Islam. Di tepi tebing terdapat beberapa mata air dengan mata air berbuih yang akhirnya membentuk sebuah danau.

Tempat Wisata Batu Quran

Cantiknya Air Terjun Sarang Walet Di Desa Wisata Terindah Dunia

Waduk ini tidak pernah padam dan tidak pernah kering meski di musim kemarau. Selain nilai sejarah yang kuat, kawasan ini sendiri menawarkan pedesaan yang sangat indah. Destinasi wisata ini bisa menjadi rekomendasi untuk menyegarkan jiwa dan raga. Mandi di air yang segar dan bersih pastinya sangat menyenangkan dan membuat betah. Selain itu, banyak yang percaya bahwa air di danau tersebut memiliki berbagai khasiat yang menarik banyak wisatawan yang penasaran.

Kegiatan utamanya tentu berenang atau sekedar berenang di kolam renang. Air danaunya jernih dan bersih. Saking jelasnya, sebuah batu bertuliskan Lafadz Alquran terlihat jelas di dasar danau. Kedalamannya kurang lebih 150 cm. Suasana di sekitar danau juga sangat gelap. Pohon beringin berumur ratusan tahun yang berdiri di tepi danau membuat suasana sangat teduh.

Tempat Wisata Batu Quran

Menariknya, ada mitos: jika seseorang bisa berenang 7 putaran mengelilingi Batu Karan, keinginannya akan terkabul. Banyak turis telah mencobanya. Dia benar-benar dapat menciptakan emosinya.

Wisata Religi Di Banten Yang Kental Nilai Nilai Agamis

Ciri khas lain dari fasilitas wisata ini adalah adanya kolam renang khusus wanita. Pria bisa berenang di kolam utama, yang memiliki batu bertuliskan Lafadz Quran. Untuk kolam renang wanita, lokasinya tidak terlalu jauh, melainkan dekat. Kedua jembatan dipisahkan oleh tembok tinggi. Ini, tentu saja, sangat masuk akal. Karena tempat ini dianggap keramat dan suci.

Tempat Wisata Batu Quran

Turis bisa

Tempat wisata dikota batu, tempat wisata di batu malang, tempat wisata terbaru di batu, tempat wisata alam di batu, tempat wisata kota batu, tempat wisata di batu, tempat wisata batu malang, tempat wisata baru di batu, tempat wisata murah di batu, tempat wisata batu yang murah, tempat wisata buah batu, tempat wisata batu

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button