tempat wisata

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Tempat Wisata Di Banda Aceh – Maraknya pariwisata Banda-Aceh menjadi bukti bahwa Aceh telah bangkit dari kenangan pahit masa lalu. Ayo jelajahi!

Ketika mengingat Banda Aceh, ingatan kita sejenak tertuju pada tsunami yang meluluhlantahkan Teras Mekkah. Setelah 13 tahun, kabupaten itu dihidupkan kembali. Wisata Banda Aceh memang sudah menjadi favorit para wisatawan di “Tanah Rencong”.

Related Articles

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, wisata kota Banda Aceh bahkan kenangan kelam tsunami berhasil ditetapkan sebagai salah satu daya tarik wisata. Tak heran jika Banda Aceh diminati sebagai salah satu destinasi wisata favorit Sumatera Utara.

Kerkhof Peucut Tempat Wisata Sejarah Di Aceh

Di antara sekian banyak destinasi wisata populer, setidaknya ada tujuh wisata Banda Aceh yang populer di kalangan wisatawan:

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Museum Tsunami Aceh adalah bangunan yang didedikasikan untuk mengenang tsunami 2004 di Banda Aceh.

Bangunan rancangan Ridwan Kamil ini terletak di Jalan Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Baydurrahman, Banda Aceh. Museum Tsunami Aceh merupakan salah satu wisata di Banda Aceh yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Wisata Alam Banda Aceh, Keindahan Alam Yang Memukau

Di Museum Tsunami Aceh, wisatawan bisa merasakan betapa dahsyatnya gelombang tsunami di area koridor tsunami. Suara deburan ombak dan suara gemercik air membuat siapapun merasakan suasana sebelum tsunami. Di ruangan lain yang disebut Ruang Kenangan, wisatawan akan melihat sedikitnya 26 kurator memajang foto-foto korban bencana. Area lain dari Museum Tsunami Aceh adalah Sumur Doa, Gang Cerobong dan Jembatan Harapan.

Selain Museum Tsunami Aceh, wisata perahu nelayan atap menjadi salah satu wisata yang paling populer di Banda Aceh. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Banda Aceh tertarik dengan kisah kapal yang menyelamatkan 59 nyawa saat tsunami. Salah satunya ombak raksasa yang menghanyutkan kapal ini tersangkut di atap salah satu rumah warga.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Trip kapal nelayan ini berlokasi di Banda Aceh, Kampung Lambulo, Kecamatan Kuta Alam. Jika wisatawan bingung, mereka bisa menanyakan lokasi Puskesmas Lambulo kepada penduduk setempat. Rumah perahu nelayan ini terletak di dekat resor kesehatan ini.

Objek Wisata Lhok Seudu Layeun Di Leupung

Museum yang menyimpan sejarah Tanah Renkong ini terletak di Jalan Alauddin Mahmud Siya, Banda Aceh. Museum ini memiliki banyak koleksi benda bersejarah. Mulai dari pakaian tradisional hingga alat-alat kuno dan alat pertanian tempo dulu. Lebih istimewa lagi, di Museum Sejarah Aceh, wisatawan dapat melihat naskah-naskah kuno, berbagai dokumen fotografi sejarah masa lalu dan model-model perubahan masa Masjid Baidurrahman.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Salah satu koleksi tertua yang ada di Museum Sejarah Aceh adalah lonceng yang berusia sekitar 1.400 tahun. Memasuki museum ini seperti kembali ke masa ketika belum ada teknologi canggih.

Pantau Lampuuk adalah pantai pasir putih dengan pohon palem yang melambai tinggi dan pohon pinus di tepi pantai. Pantai ini jauh dari kota Banda Aceh, namun salah satu tempat wisata alam favorit. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pantai Lampuk harus bersiap menempuh jarak sekitar 15 kilometer. Tapi semua ini diimbangi dengan keindahan yang luar biasa.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Tebing Lamreh Inilah Surga Tersembunyi Di Aceh

Wisata Banda Aceh ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran, hotel dan fasilitas umum tambahan lainnya. Ada ayunan cantik di pinggir pantai yang sengaja didesain untuk berfoto bersama pasangan atau sahabat.

Selain Pantai Lampuk, ada Pantai Loknka di Banda Aceh. Meski jaraknya 20 kilometer, pantai ini merupakan proposisi wisata Banda Aceh dan tidak boleh dilewatkan. Daya tarik pantai Lokanga adalah warna hijau biru tosca.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di salah satu wisata Banda Aceh ini antara lain berjemur, bermain voli pantai, menyusuri pantai yang landai, kiteboarding, dan berselancar. Ombak tertinggi pantai Lokanga adalah 2 meter. Tak heran jika banyak wisatawan berduyun-duyun ke pantai selancar ini.

Tempat Wisata Di Aceh Paling Menarik Dan Wajib Dikunjungi

Jika Anda ingin menikmati suara air yang mengalir menembus ketenangan alam hutan, Air Terjun Kuta Malaka adalah tempat pelarian yang sempurna. Air terjun kuta malaka merupakan salah satu wisata di kota banda aceh dengan nuansa alam yang asri dan sejuk. Karena masih dilindungi di tengah hutan.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 20 menit dari pusat kota untuk mencapai air terjun ini. Di sini wisatawan bisa menikmati lingkungan alam, bersantai atau berenang di bawah air terjun. Air terjun ini memiliki delapan tingkat dan setiap tingkat tingginya sekitar 3 meter.

Berkunjung ke Aceh belum lengkap tanpa mencoba masakan khasnya. Ayam, Mie Aceh, Saus Beulongong, Gua Black Wu dan lainnya. Banda Aceh memiliki dua tempat favorit untuk wisata kuliner yaitu Kuta dan Simbang Mesra.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Destinasi Wisata Di Banda Aceh Yang Membuatmu Terpukau

Di kawasan wisata kuliner ini, wisatawan bisa mencicipi berbagai hidangan tradisional Aachen. Dari makanan berat hingga makanan ringan atau ringan. Harga yang ditawarkan juga sangat murah dan tidak menguras kantong.Banda Aceh adalah ibu kota provinsi Aceh, pintu gerbang menuju daratan Sumatera di utara. Kota Cherambi, yang dikenal sebagai Mekah, adalah pusat Islam pertama di Nusantara. Anda tahu bahwa Kesultanan Aceh adalah bagian dari Kerajaan Ottoman.

Selain wisata sejarah yang menakjubkan, Anda bisa menikmati pemandangan Banda Aceh yang menakjubkan. 14 tahun setelah tsunami dahsyat tahun 2004, Banda Aceh kini berdiri tegak dan indah. Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi disini.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Mulai dari penerbangan, bus, atau kapal pesiar hingga ke Banda Aceh, ada banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan budget Anda. Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda dan Pelabuhan Malahayati terletak jauh dari Banda Aceh sehingga memudahkan wisatawan yang ingin berkunjung ke Banda Aceh.

Tempat Wisata Di Lhokseumawe Paling Hits Yg Wajib Dikunjungi

Lantas apa saja tempat wisata yang bisa dilihat di Banda Aceh? Simak daftarnya di bawah ini!

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Sejarah adalah harta karun besar yang tidak bisa dilupakan meski itu adalah kebenaran yang pahit dan menyedihkan. Museum Tsunami di pusat kota Banda Aceh ini merupakan tugu peringatan dan penghormatan kepada orang-orang yang berjuang untuk selamat dari tsunami 26 Desember 2004. Museum ini gratis untuk umum, namun jika membawa mobil harus membayar biaya parkir.

Di museum dengan desain arsitektur melengkung yang unik ini, Anda bisa merasakan suasana tsunami dan melihat foto serta kisah para penyintas. Nama-nama orang mati ditulis dengan hati-hati di dinding museum. Meski bangunan museum terlihat seperti kapal raksasa dari luar, namun bentuknya menyerupai gelombang laut dari atas.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Bangunan tersebut tidak hanya berfungsi sebagai monumen bersejarah, tetapi juga sebagai tempat evakuasi jika terjadi tsunami. Berjalan kaki singkat di belakang museum adalah pemakaman militer Belanda di mana Pertempuran Aceh terjadi. Sekitar dua ribu orang India Timur asli dan Belanda dimakamkan di sini.

Jika India punya Taj Mahal, Banda Aceh punya Daman Sari Gunongan. Keduanya adalah simbol cinta raja untuk ratu mereka. Taman Sari Gunongan merupakan pemberian dari permaisuri Sultan Iskandar Muda, Putri Kamalia (Pudro Bong) di Pahang, Malaysia. Taman Sari Gunongan terletak di kompleks Taman Sari Bustanussalat Banda Aceh yang membentang di sepanjang Sungai Krung Daroi.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Tempat ini memang menjadi tempat yang spesial bagi sang permaisuri untuk menyendiri dan memuaskan kerinduannya akan kota tercinta, taman yang berbentuk pegunungan di Negeri Pahang. Bangunan Gunongan terdiri dari tiga tingkat yang serba putih. Tampak hebat, kamu!

Hits! Tempat Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Jika Lagi Di Banda Aceh

Di belakang Sari Bagh terdapat sebuah bangunan persegi yang disebut Kundu. Kora adalah makam Sultan Iskandar Tani. Di latar depan adalah istana batu yang menjadi tempat duduk Sultan Aceh. Tidak jauh dari bangunan utama Kunongan, Anda bisa menuju file pinto antara dayang dan putro saat Anda pergi ke kamar mandi. Cukup istimewa, ya?

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Lahan seluas delapan hektare yang dulunya merupakan gudang beras rakyat, kini telah disulap menjadi ruang terbuka hijau berisi berbagai peristiwa bersejarah di Banda Aceh. Di lapangan ini, Anda bisa melihat banyak prasasti ucapan terima kasih kepada negara-negara yang telah membantu pemulihan Aceh pascatsunami 2004.

Tak jauh dari titipan tersebut terdapat tugu peringatan Dakota DC-3 Seulawah RI-001, sumbangan rakyat Aceh untuk Indonesia. Pesawat ini kemudian menjadi pionir dalam industri dirgantara Indonesia. Karena letak Lapangan Palangpadang yang berada di tengah-tengah banyak monumen bersejarah seperti Rumoh Aceh, Pemakaman Gunongan dan Kerchoff, lapangan ini bisa menjadi titik awal untuk mengeksplorasi wisata sejarah Banda Aceh.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Tempat Wisata Di Aceh

Museum Aceh didirikan pada tahun 1915 pada masa rezim Hindia Belanda. Bangunan utamanya seperti Rumo Aceh (Rumah Adat Aceh) yang sarat dengan nilai filosofi Islam. Di museum ini Anda akan menemukan banyak monumen dan artefak prasejarah.

Salah satu lonceng paling terkenal di museum ini adalah Chakra Tonia Bell yang berusia 1.400 tahun. Lonceng itu adalah hadiah dari Kaisar Tiongkok kepada Sultan Basai dari Dinasti Ming selama misi niat baik Laksamana Muhammad Chen Ho di abad ke-15.

Tempat Wisata Di Banda Aceh

Bagi yang menyukai tempat wisata Instagramable, Taman Ratu Safiatuddin menawarkan banyak hal menarik untuk dijadikan foto menarik di Aceh, seperti rumah adat tradisional dan perabotan tradisional yang unik. Selain itu, taman ini sering dijadikan sebagai tempat penyelenggaraan acara seni dan budaya. Menciptakan ruang kosong

Tempat Wisata Keren Di Kota Sabang Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata banda aceh, destinasi wisata di banda aceh, tempat rekreasi di banda aceh, tempat liburan di banda aceh, lokasi wisata di banda aceh, wisata di banda aceh, objek wisata di banda aceh, tempat wisata di banda aceh terbaru, tempat fitnes di banda aceh, tempat bersejarah di banda aceh, wisata di kota banda aceh, tempat penginapan di banda aceh

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button