tempat wisata

Tempat Wisata Jawa Timur

Tempat Wisata Jawa Timur – Sebelum ke daftar tempat wisata di jawa timur mari kita bahas dulu gambaran keseluruhan yang ada di jawa timur. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang sarat dengan destinasi wisata. Kawasan ini menawarkan berbagai wisata alam, mulai dari pegunungan, pantai, goa hingga air terjun. Selain itu, wisatawan yang hobi bermain juga bisa datang ke beberapa tempat di kawasan Batu dan Lamongan.

Secara umum, hampir setiap kabupaten atau kota di Jawa Timur memiliki tujuan yang berbeda. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai 15 Tempat Wisata di Jawa Timur yang selalu diburu wisatawan untuk berlibur. Berikut ulasan lengkapnya.

Related Articles

Tempat Wisata Jawa Timur

Tempat Wisata Jawa Timur

Gunung Bromo adalah ikon Jawa Timur yang dikenal bahkan di luar negeri. Setiap tahun, ribuan wisatawan mancanegara asal Eropa datang ke tempat wisata di Jawa Timur ini, terutama di musim panas. Anda pasti ingin melihat sendiri betapa dahsyatnya Gunung Bromo yang berada di ketinggian 2.329 mdpl.

Desa Wisata Di Jawa Timur Yang Wajib Dikunjungi, Pemandangannya Menakjubkan

Berada di Probolinggo, gunung ini menawarkan 3 pesona yang tak mudah ditolak. Yang pertama adalah lautan pasir yang sangat besar. Berjalan dari tempat parkir ke puncak bukit akan membuat Anda merasa seperti berada di padang pasir. Yang kedua adalah pemandangan dari kejauhan yang bisa diposting di Instagram. Anda bisa melihat matahari terbit melalui kabut di kawasan Penanyakan.

Tempat Wisata Jawa Timur

Yang ketiga adalah perasaan menunggang kuda di padang pasir. Jika Anda tidak tahan menaikinya, sewalah kuda di kaki bukit lalu naiki tangga ke atas.

Kawah Ijen berhasil menjadi ikon kedua Jawa Timur yang popularitasnya tak kalah dengan Bali. Berada di wilayah Banyuwangi, kawah gunung yang terus mengeluarkan belerang ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin sedikit berpetualang sambil mengamati pemandangan yang indah.

Tempat Wisata Jawa Timur

Wisata Jawa Timur Paling Populer, Sudah Pernah?

Daya tarik wisata yang ditawarkan tempat wisata di Jawa Timur ini adalah operasi penambangan belerang yang unik. Ada puluhan orang yang menambang di pagi hari, membawa potongan belerang dari gunung. Selain itu, kawah Ijen juga memiliki api biru yang merupakan salah satu fenomena alam terindah di dunia.

Di pagi hari, kawasan kawah di gunung itu berpendar biru seperti api. Untuk melihatnya, wisatawan harus pergi pada pukul 01.00 atau 02.00 dini hari agar sinar matahari tidak menunda fenomena menakjubkan ini.

Tempat Wisata Jawa Timur

Jatim Park 1, Jatim Park 2 dan Jatim Park 3 adalah taman bermain yang ada di Kota Batu. Taman bermain ini menawarkan puluhan wahana unik yang cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Dengan harga tiket yang berbeda-beda tergantung paket yang Anda pilih, mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 170.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati suasana liburan yang menyenangkan.

Info Harga Tiket, Wahana Wisata Di Jatim Park 1 Terbaru

Di Jatim Park 1, Anda bisa bermain sepuasnya di berbagai wahana yang dipamerkan. Kemudian Anda bisa menikmati dua atraksi menarik di Jatim Park 2. Yang pertama adalah Batu Secret Zoo yang memiliki banyak hewan dari berbagai dunia, dan yang kedua adalah Museum Satwa yang memiliki koleksi hewan mati yang diawetkan untuk tujuan pendidikan. .

Tempat Wisata Jawa Timur

Bagi yang masih tertarik dengan Jatim Park 2, Anda bisa membaca ulasan lengkapnya: Jatim Park 2, Wisata Keluarga di Malang dan Aneka Wahana.

Sedangkan Jatim Park 3 merupakan objek wisata baru. Ini memiliki beberapa zona: Little Amsterdam, Desa Jepang, India, Korea, Kota Terlarang di Cina, Taman Dino, Dunia Zombie, dan lainnya. Selain fotografi, beberapa daerah memiliki atraksi permainan khusus.

Tempat Wisata Jawa Timur

Lima Destinasi Tempat Wisata Di Jawa Timur Terpopuler Paling Keren, Bikin Adem Dan Nyaman! Ada Goa Terbaik

Jika ingin datang ke tempat wisata di Jawa Timur ini, disarankan untuk datang hanya pada hari kerja saja. Saat liburan atau akhir pekan tiba, kawasan ini akan ramai sehingga Anda tidak akan bisa menikmati semua atraksinya.

Museum Angkut masih berada di kota Batu yang merupakan pusat wisata Jawa Timur. Tempat wisata di Jawa Timur ini menawarkan beragam koleksi kendaraan untuk transportasi dari dulu hingga sekarang. Aneka sepeda, sepeda motor, mobil bahkan miniatur pesawat terbang dipamerkan untuk menarik banyak wisatawan.

Tempat Wisata Jawa Timur

Museum seluas satu hektar ini tidak hanya memiliki beragam koleksi kendaraan, tetapi juga bagian bertema. Bagian dari museum dirancang sangat mirip dengan kawasan Hollywood di Eropa Kuno. Pawai di Karnaval juga telah diadakan beberapa kali.

Tempat Wisata Di Kediri, Liburan Di Kota Tertua Di Jawa Timur

Dengan koleksi lebih dari 300 kendaraan, kawasan Museum Angkut menjadi tempat yang tepat untuk fotografi. Setiap hari, ratusan orang mencari gambar di titik-titik menarik atau berfoto selfie bersama teman.

Tempat Wisata Jawa Timur

Kalau Bali punya Devil’s Tears, Pasitan punya Pantai Klayar yang menawarkan cipratan air di udara. Saat ombak menghantam bebatuan, air memercik ke udara sehingga siapapun yang berada di dekatnya bisa basah tanpa harus melompat ke laut.

Wisatawan yang datang ke Pantai Klayar dapat menikmati pemandangan pegunungan karang yang dipahat secara alami oleh air, serta ombak besar yang selalu menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi lingkungan alam di sekitarnya masih alami karena dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah.

Tempat Wisata Jawa Timur

Tempat Wisata Di Surabaya Yang Terkenal Dan Kekinian

Oh iya, karena Pantai Kalayar berada di Samudera Hindia, ombaknya sangat kencang. Bahkan setiap harinya ombak air selalu berubah sehingga tidak cocok untuk berenang atau aktivitas laut lainnya.

Setelah menginap di kawasan Pulau Utama, kita akan lanjut ke kawasan Madura yang juga menawarkan destinasi menarik. Di wilayah Sumenep terdapat sebuah pulau bernama Gili Labak yang keindahannya bisa bersaing dengan Gili Trawangan di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Timur.

Tempat Wisata Jawa Timur

Gili Labak dapat dicapai dengan speedboat dengan biaya Rp 350.000 untuk 15 orang. Setelah menempuh perjalanan dari kawasan Kalianget, wisatawan bisa melihat laut biru jernih dan juga pulau kecil dengan pasir putih yang lembut.

Wisata Malang Yang Seru Dikunjungi Bareng Keluarga

Di tempat wisata di Jawa Timur ini wisatawan bisa melakukan aktivitas menarik seperti berenang di air yang tenang, jalan-jalan keliling pulau kecil dan snorkeling menikmati keindahan terumbu karang. Gili Labak merupakan alternatif wisata pulau yang menarik dan tenang di Jawa Timur bahkan Indonesia.

Tempat Wisata Jawa Timur

Taman Nasional Baluran terletak di dua kota yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Dengan luas mencapai 25.000 hektar, kawasan ini terbagi menjadi beberapa kawasan berbeda. Pertama adalah kawasan pegunungan dengan Gunung Bauran sebagai puncak tertinggi. Lalu ada hutan musim, hutan bakau di dekat pantai dan savana.

Daya tarik wisata yang paling menarik di taman nasional ini adalah sabana yang sangat luas. Saat musim hujan tiba, kawasan ini akan menjadi hijau dan dipenuhi oleh banyak hewan liar. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Jawa Timur ini bisa melihat bison, kerbau liar, anjing hutan, kijang, kijang dan macan tutul.

Tempat Wisata Jawa Timur

Wisata Kediri Yang Paling Hits Dan Instagramable, Wajib Dikunjungi

Untuk menikmati keanekaragaman satwa dan pemandangan alam, wisatawan dapat mengunjungi beberapa titik pengamatan di Batangan, Becola yang banyak terdapat burung merak, ayam hutan dan rusa, Bama yang dekat dengan pantai, Manting dan Kalitopo.

Candi Penataran terletak di kecamatan Lebar, dekat Gunung Keluda. Kompleks candi yang dibangun oleh 3 generasi bangsawan ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur. Wisatawan dapat melihat altar utama, bangunan candi naga, candi angka tahun dan altar belakang.

Tempat Wisata Jawa Timur

Candi Penataran memiliki relief yang menarik. Penghormatan tersebut mencakup beberapa cerita tentang kehidupan Anoman Obong, zaman kerajaan, dan beberapa tab yang menggambarkan bangsa asing. Konon, dahulu kerajaan-kerajaan nusantara menjalin kerjasama dengan negara asing seperti Amerika.

Tempat Wisata Di Magetan Jawa Timur Lengkap

Tidak ada biaya masuk untuk memasuki kawasan wisata di Jawa Timur ini. Wisatawan dapat menyumbang dan mengisi buku tamu. Pada malam bulan purnama, setiap 4 bulan sering diadakan pertunjukan seni di tengah candi, yang diikuti oleh seniman dari seluruh negeri dan luar negeri.

Tempat Wisata Jawa Timur

Gong Gong merupakan goa terindah di Asia Tenggara, menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit serta ukiran alam. Wisatawan yang ingin menikmati tempat wisata di Jawa Timur harus membayar biaya sebesar Rp 5.000. Selain itu, karena di dalam gua sangat gelap, pengunjung dapat menyewa senter seharga Rp 5.000.

Begitu masuk ke dalam goa, wisatawan bisa melihat stalagmit dan stalagmit berukuran besar. Beberapa bebatuan yang terbentuk selama jutaan tahun diberi nama Jawa seperti Selor Giri, Selo Pakuan Buwono, dan Selo Bantara Angin agar lebih menarik dan menimbulkan kesan magis.

Tempat Wisata Jawa Timur

Tak Perlu Khawatir Berkunjung Ke Jatim Park 2

Seperti namanya, beberapa bagian batu gua akan mengeluarkan suara yang keras saat dipukul. Suara gong yang nyaring akan bergema hingga seperti pertunjukan gamelan. Tak heran, kawasan gua yang luas ini pernah dijadikan tempat konser musik di 4 negara.

Hal yang paling menarik dari mengunjungi Pantai Sukamade adalah perjalanannya yang cukup menantang. Sebelum menuju ke kawasan semrawut, wisatawan harus berjalan kaki selama 3-4 jam di jalan berbatu terjal di tengah hutan. Setelah sampai di pameran, wisatawan akan istirahat sejenak sebelum jalan-jalan malam.

Tempat Wisata Jawa Timur

Berbeda dengan pantai lain yang asyik dinikmati di pagi atau sore hari, pantai ini lebih asyik dikunjungi di malam hari. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Jawa Timur ini akan dibawa mencari penyu yang akan bertelur di pasir. Oleh karena itu, wisatawan sebaiknya datang pada malam hari dan mengikuti perintah dari ranger atau jagawana.

Tempat Wisata Di Kediri Jawa Timur Terbaru 2022 Lengkap Dengan Harga Tiket Masuk

Saat turis pergi, ranger akan melarang semua orang membawa lampu atau botol. Kondisi gelap diperlukan untuk penelitian ini, karena kura-kura mudah stress dan takut cahaya. Ketika ada suara keras atau cahaya terlalu terang, mereka akan berhenti bertelur dan kembali ke laut.

Tempat Wisata Jawa Timur

Air Terjun Coban Rondo merupakan salah satu destinasi wisata di Pemandian yang paling populer, selain beberapa taman bermain. Berada di lereng bukit, air terjun ini menawarkan 3 pesona bagi para pengunjungnya. Pertama, tentunya tetesan air dari puncak gunung menimbulkan efek embun segar, meski siang terik.

Kedua pemandangan itu menawan. Karena kawasan ini terletak di kaki gunung, maka dipenuhi dengan hutan lebat. Hewan liar seperti monyet terkadang datang pada pagi atau sore hari

Tempat Wisata Jawa Timur

Wisata Di Malang Yang Wajib Dikunjungi, Jalan Yuk!

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button