tempat wisata

Tempat Wisata Oku Timur

Tempat Wisata Oku Timur – Jejaring sosial semua orang masih dibanjiri foto liburan kemarin. Bagi masyarakat Sumatera Selatan, pemandangan dataran tinggi Mabed di Guma Ulu, kebun teh Pagarlam dan banyaknya air terjun di Lahat tentu menjadi landscape selfie favorit yang dipilih untuk mempercantik feed Instagram mereka sendiri.

Namun selain fasilitas wisata di Lahat dan Pagaralam, Sumatera Selatan sebenarnya masih memiliki belasan bahkan ratusan fasilitas wisata yang tidak kalah dengan 15 kota/kabupaten lain di Sumsel. Salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata di Sumatera Selatan adalah Kabupaten OKU Timur yang beribukota di Martapura. Kali ini kami akan merangkum beberapa tempat wisata di Kabupaten OKU Timur!

Related Articles

Tempat Wisata Oku Timur

Tempat Wisata Oku Timur

Sesuai dengan nama kabupatennya, Ogan Komering Ulu Timur dialiri oleh dua sungai besar di Sumatera Selatan, yaitu Sungai Ogan dan Sungai Komering. Pelepasan air dalam jumlah besar dari sungai saat air pasang memunculkan ide pembangunan bendungan untuk pemerintah. Bendungan Parjaya dibangun dari sana.

Taman Singa Apor Belitang, Wahana Wisata Baru Di Oku Timur

Bendungan Parjaya terletak di desa Parjaya dan dikenal sebagai simbol OKU Timur. Bendungan Parajaya merupakan bendungan pergerakan terbesar di provinsi Sumatera Selatan. Selain sering digunakan warga setempat sebagai tempat bersantai, bendungan ini juga berfungsi mengairi lahan pertanian di Belitang. Lokasi di sekitar Bendungan Parajaya juga menjadi tempat wisata air, berkemah dan berkemah

Tempat Wisata Oku Timur

Selain Bendungan Parajaya, Bukit Batu Menkar menjadi destinasi wisata air lainnya yang ramai dikunjungi warga Martapura. Bukit Batu Menkar terletak di Desa Lingot, Kecamatan Jaipura, OKU Timur.

Air Pemandian Bukit Batu Menkar mengalir dari celah bebatuan besar yang memancar secara alami. Yang unik, air di Bukit Batu Menkar tetap mengalir meskipun musim kemarau.

Tempat Wisata Oku Timur

Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Desa Betung merupakan salah satu desa tertua di kawasan pesisir Komering, nama Betung sendiri berasal dari perkebunan bambu Betung yang dulunya tersebar di sini. Menurut masyarakat setempat, desa Betung sudah ada sejak tahun 1520 dan ditempati.

Atau kelompok kecil pengungsi dari Lampung. Desa ini terletak 72 km dari kota Martapura dan merupakan bagian dari kecamatan Semendwai Barat. Desa Betung setidaknya memiliki 52 makam bersejarah yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata budaya.

Tempat Wisata Oku Timur

Selain banyak makam bersejarah, desa Betung masih mempertahankan ritual asli yang muncul dari perpaduan budaya Hindu, Budha dan Islam, seperti Ambali-Bali (perdamaian), Anjojok, Sidokah Rumpok, Rogoh, Manjou Dihrani, Manjou, Bumia dan Turun Bara (Rogoh bar). Desa Betung menjadi tujuan ideal bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin mempelajari sejarah suku Komering langsung dari sumbernya.

Intip Wisata Kampung Selarai Indah, Tempat Liburan Asik Di Kota Sekayu

Kamp Vidya Krida Mangala di Desa Sumbar Rahayu Belitang II merupakan tempat yang sering digunakan untuk kegiatan berkemah. Lokasinya yang jauh dari keramaian menjadikan tempat ini cocok untuk liburan keluarga dan kegiatan pramuka dan pecinta alam.

Tempat Wisata Oku Timur

Berdirinya desa Darma Buana tidak terlepas dari pengaruh masyarakat pendatang yang menempati OKU bagian timur. Masyarakat Bali yang tinggal di kawasan Belitang 2 telah membentuk komunitasnya sendiri, salah satunya sekarang bernama Desa Darma Buana. Singkatnya, desa adalah gambaran miniatur Bali yang muncul dalam rangkuman kehidupan masyarakat yang masih menjalankan ritual Hindu-Bali.

Festival Ogoh-Ogoh diadakan setiap tahun di desa Darma Buana dan Misa Ngaben diadakan setiap lima tahun sekali, sering dihadiri oleh orang-orang dari luar wilayah OKU timur. Desa Darma Buana saat ini sedang gencar dikembangkan untuk menjadi desa wisata budaya kedepannya.

Tempat Wisata Oku Timur

Instagramable ! 10 Tempat Wisata Di Cilacap Sedang Hits, Paling Banyak Dikunjungi Berikut Alamat Dan Jam Buka

Selain kelima tempat wisata di atas, masih banyak tempat wisata lain di OKU timur yang belum terintroduksi ke dunia luar. Yang diperlukan adalah keseriusan dan peran nyata pemerintah untuk mengembangkan potensi wisata tersebut serta kesadaran masyarakat sekitar untuk bersama-sama menjaganya agar kedepannya OKU tidak hanya masyarakat lokal yang dapat menikmati hasil wisata dengan baik. di Timur. , melainkan wisatawan dari daerah lain, bahkan wisatawan mancanegara. Pemerintah Kabupaten OKU Timur saat ini secara bertahap menjawab tantangan tersebut dengan merencanakan pengembangan lahan kosong seluas 137 hektar menjadi destinasi agrowisata berbasis pertanian, peternakan dan hutan wisata. Semoga segera dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. – Tahun ini masa libur sekolah sangat berbeda dengan tahun lalu, tahun ini kita menghadapi Covid 19, dimana kita semua harus memakai masker, jaga jarak, cuci tangan. Dan kami mengurangi kerumunan di keramaian.

Sebagai warga Kota Belitang, OKU Timur yang juga ingin berlibur namun tidak ingin meninggalkan Kota Belitang. Saya dapat merekomendasikan tempat yang cukup murah untuk liburan keluarga.

Tempat Wisata Oku Timur

Ada banyak tempat nyaman untuk bersantai bersama keluarga di Kota Belitang. Ada kombinasi wahana air, taman bunga, taman bermain dan tiga taman.

Plaza 16 Ilir Jadi Tempat Wisata Baru, Habiskan Rp7,5 Miliar

Selain itu, Belitung merupakan kota dengan tingkat mobilitas yang tinggi, terbukti dengan banyaknya hotel dan penginapan, meskipun belum ada yang berbintang 5.

Tempat Wisata Oku Timur

Kota Belitang memiliki moda transportasi darat yang memadai, termasuk bus besar, yang menunjukkan bahwa investor di luar Kota Belitang dapat mempercayai Belitang.

Ada banyak taman bunga di Belitang, tidak hanya bunga berwarna-warni, tapi juga taman dan dekorasi untuk selfie.

Tempat Wisata Oku Timur

Anggota Polsek Pl Tengah Laksankan Pengamanan Di Tempat Wisata

Ada banyak tempat makan di Belitang yang nyaman dan sangat Instagrammable. Selain itu, mereka enak dan terjangkau. Tempat makan di Belitung ada di Instagram.

Kalau anak muda zaman sekarang bisa jalan-jalan, ngopi dan ngobrol bareng teman, inilah kafe yang lagi ngetren di Belitang yang bisa dilihat di Instagram.

Tempat Wisata Oku Timur

Setelah puas berwisata ke tempat-tempat wisata di Belitang saatnya bersantai, ada banyak tempat akomodasi dan hotel yang menjadi pilihan anda untuk bersantai bersama keluarga.

Potensi Lanskap Kota Belitang

Baca Juga Juara Piala OKU Liga Oranye PSSI 2022 Timur Kasad Nurul Hasan Srimulyo Pesantren BK 16

Tempat Wisata Oku Timur

Saat ini masyarakat Belitang sangat puas karena tidak ada lagi yang berlubang, jalanan mulus dan lurus.

Idul Fitri kali ini adalah 1438 H tahun 2017 Masehi. Terbukti selama ini, seperti dikutip dari manaberita.com. Meski libur lebaran sudah hampir usai, Taman Singa Apor yang terletak di Tugu Harum, Belitung Madang Raya Kabupaten OKU Timur ini tetap buka di berbagai daerah seperti Lampung, Baturaja, Okiai dan Jawa Barat, Kamis (29/6) penuh dengan wisatawan. dari /17).

Tempat Wisata Oku Timur

Tempat Wisata Di Selong Kabupaten Lombok Timur

Berbagai wahana dan pertunjukan ditawarkan. Mulai dari live music, Komunitas Pecinta Satwa Belitang (KPHB), kolam, permainan anak, hewan terlindung, dapur dan lainnya.

Joko Suprianto, pengelola dan pendiri Taman Singa Apor, mengatakan saat Lebaran terjadi arus wisatawan yang ramai seperti hari biasa. Sejak Idul Fitri pertama hingga hari ini, sekitar 5.000 pengunjung berkunjung setiap harinya. “Liburan dan liburan mengalami ledakan turis. Turis sangat ramai selama lima hari terakhir, sekitar 5.000 orang mengunjungi mereka setiap hari,” kata pria berusia 46 tahun itu.

Tempat Wisata Oku Timur

Seorang turis asal Bekasi, Leah (20), yang datang bersama pasangannya, mengatakan ini adalah kunjungan pertamanya ke Taman Singa Apore dan dia langsung terkesan dengan taman tersebut. “Sangat ramai, tidak kalah keren dengan taman lainnya. Apalagi sekarang ada binatang seperti ini,” kata Lia yang duduk di bangku taman.

Indonesia Kaya Akan Tempat Wisata, Bahkan Media Inggris Nyatakan Keindahan Alam Indonesia Terbagus Di Dunia

Selain membangun taman, Joko juga membangun 70 warung makan di sepanjang jalan di taman tersebut dengan harga sewa yang sangat murah yakni Rp 5 juta selama 4 tahun. Ia bercita-cita mensejahterakan PKL dan membangun food scene terpanjang di Indonesia. “Ada 70 kios dan 50 diantaranya sudah terisi. Nantinya akan menjadi OKU East Culinary Center dan pusat kuliner terpanjang di Indonesia,” ujarnya.

Tempat Wisata Oku Timur

Karena kepadatan wisatawan, parkir dialihkan ke area taman. Joko tidak memperbolehkan parkir di luar karena resikonya tinggi. “Parkirnya penuh, jadi pergilah ke tempat parkir motor. Saya tidak ingin mereka parkir di luar, risikonya terlalu tinggi,” tambahnya. Farlasta Dating Park merupakan salah satu tempat wisata yang sedang digandrungi masyarakat saat ini, terlihat dari beberapa hari ini masyarakat dari kecamatan dan kecamatan lainnya berdatangan dari Lubuk Raja.

Berlokasi di desa Batumarta-2, objek wisata ini menggugah minat masyarakat untuk jalan-jalan dan selfie di tempat-tempat yang telah disiapkan pihak penyelenggara, seorang turis asal Baturaja Ilung mengatakan sudah berapa kali datang ke objek wisata ini. lokasi

Tempat Wisata Oku Timur

Polres Oku Dirikan Posko Keamanan Objek Wisata

“Sudah berapa kali datang dan sekarang sudah banyak perubahan di perkebunan wisata ini,” ujar Ilung, warga Baturaja yang datang bersama keluarganya (28/12).

Sekarang kolam renang anak-anak semakin banyak dan semakin berkembang, bagus untuk tamasya melihat Taman Met, tidak sulit untuk berjalan di sini, bagus jika datang dari Baturaj, katanya.

Tempat Wisata Oku Timur

Ian, salah satu pengelola perkebunan, menuturkan saat liburan sekolah, Met Gardens lebih ramai dari biasanya, terutama menjelang liburan Natal. “Liburan sekolah saat ini semakin ramai. Selesai,” kata Ian. .

Tingkatkan Pengunjung, Obyek Wisata Alam Goa Puteri Padang Bindu Oku Butuh Perhatian Serius

“Saat ini kami mengutamakan kenyamanan pengunjung yang datang untuk menikmati Met Garden ini, maka kenyamanan dan keramahan akan kami tingkatkan agar pengunjung benar-benar dapat menikmati destinasi wisata ini,” pungkas (sig)****

Tempat Wisata Oku Timur

Prediksi Skor Dewa United vs Borneo FC BRI Liga 1: Statistik Tim, Head-to-Head dan Susunan Pemain

Prediksi Skor Eintracht Frankfurt vs SV Darmstadt 98 di DFB Pokal: Preview, Susunan Pemain Head to Head

Tempat Wisata Oku Timur

Kembangkan Sektor Wisata, Cara Enos Yudha Sejahterakan Masyarakat Oku Timur

Prediksi Marseille vs PSG di Coupe de France: Head-to-head, statistik tim untuk starting line-up

Prediksi Skor VFL Bochum vs Borussia Dortmund DFB Pokal: Head to Head, Statistik Tim dan Skuad

Tempat Wisata Oku Timur

Tambahkan 2 bahan ini ke dalam resep Spanish Potato Omelette, lauk pendamping yang lezat dan meleleh di mulut.

Pasca Pandemi, Tempat Wisata Semakin Ramai

Lirik dan terjemahan Bunga – Miley Cyrus, masih menjadi tren nomor 1 dalam musik global selama 3 minggu!

Tempat Wisata Oku Timur

40 soal PKN kelas 12 semester 2 UTS beserta kunci jawaban, contoh soal PKN UTS

Logo oku timur, hotel parai oku timur, hotel martapura oku timur, penginapan martapura oku timur, peta oku timur, bupati oku timur, peta kabupaten oku timur, kode pos oku timur, lambang oku timur, sejarah oku timur, lowongan kerja oku timur, lpse kab oku timur

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button