Terminal Cilacap

Posted on

Terminal Cilacap – Perampok menjebak korban dan mengancam menggunakan parang, maling motor menyamar sebagai pengamen jalanan seketika merobohkan seluruh rumah Video menyesatkan menyebabkan siswa menyerang SMK Komputama Jerukelgi 5 siswa diduga penyerangan SMK Komputama

Penumpang di Terminal Karangpucung setelah turun dari bus. Volume penumpang yang memasuki H-2 Lebaran 2022 terus meningkat. (dokter)

Terminal Cilacap

CILACAP – Para pemudik yang menggunakan bus untuk kembali ke Cilacap, terus berdatangan di berbagai terminal. Sebagian besar penumpang bus turun di terminal. Sisanya turun di rest area outdoor.

Puncak Arus Balik, Terminal Cilacap Ramai

“Kami punya data semua penumpang yang turun di terminal. Setiap hari terjadi penambahan volume penumpang,” kata Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap Masikhin Jaffar, Sabtu (30/4/2022).

Dikatakannya, puncak ini akan terasa pada sore atau malam hari. Karena biasanya bus untuk pemudik dari Jawa Barat dan Jakarta berangkat pagi.

Ia mengatakan, rombongannya mendata seluruh penumpang yang turun di terminal Tipe C seperti terminal Karangpucung, Sidareja, Kawunganten, Adipala, Kroya, dan Sampang.

Sedangkan terminal di Cilacap tengah menjadi kewenangan Pemprov Jateng. Terminal ini menjadi pemberhentian terakhir beberapa bus dari Yogyakarta, Jawa Barat, dan Jakarta.

Pemudik Pakai Bus Terus Berdatangan

Jaffar menambahkan, tidak semua bus yang masuk terminal penuh. Pasalnya, sebagian penumpang diturunkan di tempat yang paling dekat dengan rumah.

“Kalau keluar Jakarta atau Bandung pasti penuh. Tapi yang terjadi di terminal hanya sebagian. Karena biasanya penumpang turun di luar terminal,” ujarnya.

Semoga seluruh jajaran bus dapat terus memperhatikan keselamatan para penumpang. Salah satunya adalah penegakan batas kecepatan, terutama di daerah rawan kecelakaan. (*) Bus Sugeng Rahayu adalah salah satu dari sekian banyak titik yang melayani rute BUS CILACAP tujuan SURABAYA, jika berniat menggunakan jasa Sugeng Rahayu bisa menyimak informasi di bawah ini mengenai berapa harga tiket, waktu keberangkatan dan lain-lain

Anda melewati rute : BUNTU- GOMBONG- PURWOREJO- YOGYAKARTA- KLATEN- KERTOSONO- SOLO- SRAGEN- GENDINGAN- NGAWI- MADIUN- CARUBAN- ANJU NGK- KERTOSONO- JOMBANG- MOJOKERTO * Bisa turun di salah satu kota tempat anda melanjutkan , dan sebaliknya.

Bus Damri Cilacap Jadwal & Tarif Ke Jakarta

Demikian informasi yang dapat dibagikan, jika ada pertanyaan atau hal yang belum Anda ketahui tentang Bus Sugeng Rahayu Cilacap, silahkan hubungi nomor telepon agen di atas. Semoga perjalanan anda lancar dan selamat sampai tujuan.

Keberangkatan dari terminal Cilacap menuju kota Surabaya cukup jauh yakni memakan waktu sekitar 8 jam 39 menit dengan jarak tempuh 519 km, pastikan Anda menggunakan bus ternyaman seperti bus Eksekutif Sugeng Rahayu yang dilengkapi dengan AC.

Setelah direnovasi, tempat ini terlihat lebih nyaman, lebih bersih, lebih mudah diakses, dan dikelola dengan baik. Bagi para traveller, tersedia banyak pilihan transportasi darat, khususnya bus di berbagai waktu dari siang hingga malam. dan juga, ada banyak transportasi pick up seperti becak, taksi, transportasi online dan transportasi umum lainnya. dari terminal ini anda juga dapat melakukan perjalanan menuju kota PUWROREJO, JOGJA, SOLO, KLATEN dan sekitarnya.

Kebijakan Komentar: Tulis komentar Anda sesuai dengan topik postingan di halaman ini. Komentar dengan tautan tidak akan ditampilkan sampai disetujui. Mengambil kesempatan ketika ada minat di bidang itu adalah hal yang biasa saya lakukan. Misalnya, setelah silaturahmi dengan keluarga di Tegal, saya menyempatkan diri menjelajahi daerah yang belum pernah saya kunjungi. Kali ini Cilacap dan Nusakambangan menjadi sasaran. Kota ini tidak begitu jauh. Beberapa jam dari Tegal.

Dishub Cilacap Giatkan Ramp Check Kendaraan Angkutan Umum

Akses ke Cilacap bisa dilakukan dari Purwokerto – Aji Barang – Wangon – Cilacap. Atau dari Tegal – Aji Barang – Wangon – Cilacap. Dari Kroya / Maos juga bisa.

Ingat Cilacap harus ingat Nusakambangan, pulau tertutup. Di masa lalu itu dikatakan sebagai “skema hukuman yang hebat”. Bahkan, ada Lapas kelas I (LP) di pulau ini, antara lain Lapas Permisan, Lapas Kembangkuning, Lapas Batu, dan Lapas Besi.

Penjara ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi. Daerah ditutup. Tidak semua orang bisa masuk ke zona ini. Harus ada izin dan harus menggunakan ferry khusus dari LP.

Jauh dari penjara, hutan yang masih muda dan ombak besar di pantai serta bebatuan yang tajam membuat penjara Nusakambangan sangat terkenal dengan keterasingannya. Ombaknya besar karena berada di lautan dengan samudra Indonesia.

Pengalaman Naik Bus Dari Taman Selera Cikamurang Ke Cilacap

Kabupaten ini merupakan ibu kota Cilacap yang memiliki sejarah panjang. Para bupati telah berganti-ganti sejak masa penjajahan Belanda hingga sekarang.

Itulah sekilas tentang Cilacap. Di bawah ini tentang potensi ekonomi wilayah ini. Cilacap memiliki kilang minyak yang cukup besar. Hasilnya adalah untuk memasok kebutuhan bahan bakar minyak dalam negeri.

Pertamina adalah pengelola kilang minyak tersebut. Di mana tempat penyimpanan raksasa di pesisir Teluk Penyu atau di sebelah Benteng Pendem? Banyak kapal tanker datang dan pergi ke sini untuk memuat dan membongkar minyak.

Mesin ekonomi lainnya adalah memancing. Meski Pantai Cilacap memang memiliki ombak yang besar, namun hal itu tidak menjadi halangan bagi para nelayan yang berjuang mencari peruntungan.

Terminal Bus Bawen

Tak heran, di pesisir Teluk Penyu banyak kapal nelayan yang tertambat setelah digunakan mengarungi lautan. Nelayan dari BedakĀ² menjual berbagai jenis ikan asin di sepanjang Turtle Bay.

Sektor lainnya adalah pertanian dan pariwisata. Salah satunya adalah Benteng Pendem peninggalan Belanda. Lokasinya berhadapan dengan Turtle Bay. Tempat wisata berikutnya adalah air terjun atau penyeberangan ke Nusakambangan.

Benteng ini dibangun pada tahun 1861 sebagai bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang cukup luas. Benteng Pendem dulunya tertutup daratan pesisir dan terbengkalai. Setelah ditemukan, benteng tersebut digali oleh pemerintah Cilacap pada tahun 1986. Dan akhirnya benteng ini dijadikan tempat wisata sejarah.

Cukup dengan membayar tiket sebesar Rp 7.500, kita sudah bisa menikmati sejarah Benteng Pendem. Dahulu benteng ini digunakan sebagai tempat pertahanan, penjara, barak, klinik, tempat eksekusi dan gudang senjata. Berhati-hatilah saat memasuki gang gelap atau melewati tumpukan batu di Benteng Pendem. Ada kalanya ada ular kobra, seperti yang saya alami di masa lalu.

Alun Alun Cilacap, Ruang Publik Yang Bercahaya Di Malam Hari

Di dalam Benteng Pendem terdapat terowongan yang mengarah ke laut di Turtle Bay. Bangunannya masih kokoh dan cukup terawat. Terowongan ini akan banjir saat air pasang naik.

Dalam perjalanan ke Cilacap, saya berangkat dari Tegal dengan minibus jurusan Purwokerto, dan turun di pertigaan Ajibarang (AJB). Tiketnya 40 ribu, ditempuh dalam 3 jam. Sambil menunggu bus dari Purwokerto datang, saya sarapan dengan Nasi Padang di Ajibarang. Kemudian dari AJB ke Cilacap via Wangon, naik bus jurusan Purwokerto-Wangon-Cilacap. Biayanya 15 ribu dan memakan waktu sekitar 2 jam.

Turun di terminal lalu gunakan lift menuju hotel. Karena saya ingin pulang ke Malang lusa, saya langsung memesan bus Handoyo. Harga tiketnya 115 ribu, berangkat jam 13.30. Ingat, area di sekitar Terminal Cilacap adalah ‘zona merah’ bagi Grab/Gojek. Penumpang tidak dapat meminta untuk dijemput di sana.

Kota Cilacap sering menikmati cuaca hangat karena lokasinya yang dekat dengan laut. Gerobak kota hanya rata-rata. Dapurnya cukup lengkap. Terutama di akhir pekan. Hampir semua jenis kuliner tersedia di alun-alun Cilacap yang ramai. Lokasinya bersebelahan dengan Masjid Agung.

Pengusaha Transportasi Bus Akap Dan Akdp Di Cilacap Terpaksa Naikan Tarif

Sambil menikmati kuliner malam, saya melihat air mancur warna-warni melalui lampu. Di dekatnya Anda juga bisa melihat tulisan besar CILACAP BERCAHAYA.

Jika Anda ingin melihat bangunan tua, Anda bisa pergi ke stasiun kereta api Cilacap. Bangunannya bagus, tempat parkirnya luas, dan banyak pohon besar untuk berteduh. Dari/ke stasiun kereta Cilacap harus melalui titik stasiun Kroya.

Cilacap punya bandara lho. Namanya Bandara Tunggul Wulung. Lokasi bandara ini berada di kawasan Jeruk Legi. Pesawat kecil biasanya singgah di bandara ini. Destinasi yang terbang reguler dari bandara ini adalah Halim Perdana Kusumah dan Ahmad Yani Semarang. Selain komersial, bandara ini juga digunakan untuk angkutan awak kapal Pertamina atau angkutan narapidana.

Ada banyak pilihan untuk menginap. Misalnya Hotel Anggrek (di Jl. Anggrek), kamar paling murah ditawarkan mulai 100 ribu. Jarak ke alun-alun sekitar 600 meter.

Kabar Baru: Bus Akap Dan Akdp Di Cilacap Mulai Beroperasi

Hotel tertinggi adalah Hotel Dafam, tarifnya sekitar 300 ribu. Jarak ke alun-alun sedikit lebih dekat. Di seberang hotel ini terdapat Lontong Culinary Opor untuk sarapan pagi. Harga sepiring 8 ribu plus teh. Siangnya dia makan nasi padang yaitu 10.000. Ada juga hotel lain di dekat alun-alun.

Jika ingin sate gule, tongseng, nasi kapsah, kebuli atau olahan daging kambing bisa mampir ke depo Tiga Saudara di Jl. S Parman. Sate atau tongsengnya enak banget. Sedangkan untuk menu seafood bakar tersedia di sepanjang jalan Teluk Penyu.

Anda ingin berkeliling kota Cilacap, gunakan saja modalitas ojek online. Pesannya sederhana, ekonomis dan aksesnya cepat. Mobil di area ini memiliki plat nomor ‘R’. Sedangkan piring lainnya kemungkinan adalah tamu yang berkunjung ke Cilacap. Angkutan kota yang biasa disebut angkot juga ada di kota ini.

Satu lagi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Setelah menjelajahi Benteng Pendem, makanan dan minuman dapat ditemukan di seberang benteng ini. Rujak, kopi teh dan kelapa muda bisa dinikmati dengan harga terjangkau.

Jadwal Dan Harga Tiket Bus Sugeng Rahayu Cilacap Solo

Duduk santai di pesisir pantai Teluk Penyu, jangan takut kotor di pasir karena para pedagang menyediakan tikar. Di sini dijual sebotol air mineral seharga 5 ribu, rujak manis seharga 10 ribu atau kelapa muda seharga 12 ribu.

Setelah bersantai di Turtle Bay, saya langsung naik perahu ke Nusakambangan. Kapasitas perahu bisa maksimal 10 orang. Per orang tarifnya bervariasi antara 20 – 35 ribu. Harga tergantung negosiasi intelijen dan tergantung jumlah penumpang. Tentu saja, semakin banyak, semakin murah.

Keringkan selama sekitar 15 menit. Tujuannya menuju ke bagian pulau Nusakambangan yang khusus untuk pariwisata. Sedangkan bagian pulau lainnya sangat dibatasi dan tertutup untuk umum.

Selesai bersenang-senang di Nusakambangan, tinggal menghubungi nomor handphone pemilik perahu. Beberapa menit lagi kapal pick-up sudah tiba untuk kembali ke Turtle Bay.

Nekat Mudik, 7 Dari 8 Penumpang Travel Asal Cilacap Positif Covid 19

Di Nusakambangan pasirnya putih. Ini adalah benteng peninggalan Portugis yang ditutupi oleh hutan lebat. Untuk sampai ke sini, Anda harus melakukan perjalanan sedikit melalui jalan hutan. Anda masih bisa melihat sisa-sisa benteng. Ada senjata panjang dan barak tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *