Sejarah Kerajaan

Video Sejarah Kerajaan Bali

Video Sejarah Kerajaan Bali – Pura Goa Gajah di Gianyar, Bali merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Bali. (Foto: Cagar Budaya Kemendikbud)

Kerajaan Bali atau disebut juga Kerajaan Bedahulu atau Kerajaan Bedulu merupakan sebuah kerajaan kuno di pulau dewata. Istana ini terletak di Pejeng di Kabupaten Gianyar, Bali. Kerajaan ini diyakini telah ada dari abad ke-8 hingga abad ke-14.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Video Sejarah Kerajaan Bali

Sementara itu, menurut situs Pemerintah Provinsi Bali, Dinasti Valmadewa Bali pada abad ke-8 merupakan cicit dari Murawaman, Raja Kutai di Kalimantan Timur. Oleh karena itu, hubungan Desa Peijing dengan Kutai cukup erat sepanjang sejarah.

Sejarah Singkat Kerajaan Bali Dan Sejumlah Jejak Peninggalannya

Agama yang berkembang saat kerajaan berdiri adalah agama Buddha. Setelah beberapa tahun, agama Hindu mulai masuk dan banyak orang menerimanya.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Menurut laman Unkris Jakarta, Keraton Bedahulu diperintah oleh raja-raja keturunan Warmadewa. Seperti yang kita ketahui, penguasa terakhir Kerajaan Beduru menentang perluasan Kerajaan Majapahit pada tahun 1343, dan perluasan yang dipimpin Gacha berakhir dengan kegagalan Beduru.

Sejak saat itu, konon Gajah Mada mengangkat Sri Krisna Kepakisan, keturunan Brahmana Jawa, menjadi Raja Bali. Selanjutnya, keturunan dinasti Kepakisan ini kemudian menjadi raja beberapa kerajaan kecil di Bali.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Pesta Pernikahan Nuansa Kerajaan, Arsitektur Taman Soekasada

Banyak jejak peninggalan kerajaan Bali yang dapat ditemukan hingga saat ini. Ada juga beberapa reruntuhan untuk dilihat dan dikunjungi.

Beberapa bekas pusaka Kerajaan Bali antara lain Prasasti Blanjong yang berisi tulisan berbahasa Bali buatan Sri Kesari Warmadewa. Prasasti ini ditemukan di Sanur Kauh di Denpasar Kidul.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Topik selanjutnya adalah Prasasti Panglapuan yang berisi informasi tentang penguasa kerajaan seperti Udayana, Jayapangus dan Anak Wungsu.

Sejarah Kerajaan Demak: Pendirian, Masa Kejayaan, Dan Runtuhnya Kerajaan

Selain itu juga terdapat prasasti Anakwangsu yang merupakan peninggalan Prabu Anakwangsu yang berjumlah 28 buah. Selain prasasti terdapat Goa Gajah, Candi Gunung Tulis dan Candi Gunung Kawi. Peninggalan Kerajaan Majapahit masih dapat ditemukan di seluruh nusantara hingga saat ini. Sisa-sisa dari abad 13-14 Masehi.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Oleh Tri Prasetyono, S.Pd, Kemunduran Kerajaan Majapahit dipengaruhi oleh penyebaran Islam ke Kesultanan Demark Jawa. Selain itu, perebutan tahta, Perang Pareg, meninggalnya Khayyam Uruk tanpa ahli waris yang dapat diandalkan, dan terpisahnya kerajaan kecil dari Majapahit dianggap sebagai faktor penyebab jatuhnya Majapahit.

Peninggalan Kerajaan Majapahit berupa reruntuhan, candi, karya sastra atau buku, prasasti, dll. Sisa-sisa kebudayaan tersebut kemudian menjadi salah satu bahan sejarah Kerajaan Majapahit.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Kerajaan Medang: Sejarah Hingga Peninggalan Runtuhnya

Negarakertagama berarti “bangsa dengan tradisi (agama) yang sakral”. Buku ini sebenarnya tidak ada di Kakawin Nagarakertagama. Hal ini karena Mpu Prapanca menamakan karyanya Dewacawarnana, yang artinya “menggambarkan desa”. Kitab ini memuat masa jabatan raja-raja Majapahit, keadaan kota kerajaan, makam dan candi kerajaan, tata upacara, wilayah kekuasaan Kerajaan Majapahit, negara-negara bawahan Majapahit, dll.

Mpu Prapanca adalah nama samaran Dang Acarya Nadendra, mantan pejabat urusan agama Buddha di Kerajaan Majapahit. Pada tahun-tahun terakhir di pertapaan di lereng bukit desa Kamalasana ia menyelesaikan manuskrip Kita Negarakertagama, dikutip dari

Video Sejarah Kerajaan Bali

Kitab Sutasoma ditulis dalam aksara Jawa Kuno dan aksara Bali. Beberapa perkawinan tersebut dijadikan semboyan negara kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Pepatah ini berasal dari kitab suci, “Dikatakan bahwa Buddha dan Siwa adalah dua substansi yang berbeda, mereka berbeda, tetapi bagaimana kita dapat mengidentifikasi mereka? Karena sebenarnya Jina (Buddha) dan Siwa adalah satu. Mereka juga satu, dan ada tidak ada kebingungan.

Fakta Menarik Tentang Badung Bali Yang Tak Terpisahkan Dari Sejarah Puputan

Mpu Tantular hidup pada zaman Rajasanagara atau Hayam Wuruk. Dia adalah seorang Buddha tetapi terbuka untuk agama lain, terutama Hindu – Shivaisme.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Candi Tikus pertama kali ditemukan pada tahun 1914 oleh Bupati Mojokerto RAA Kromodjojo. Para ahli memperkirakan candi tersebut merupakan peninggalan kerajaan Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk pada abad ke 14. Candi ini dipercaya sebagai tempat raja-raja mandi dan merayakan upacara tertentu di kolam candi.

Candi Tikus dianggap sebagai simbol Gunung Sumeru, dengan puncak utamanya dikelilingi oleh delapan puncak yang lebih kecil. Dalam mitologi Gunung Meru dikaitkan dengan tirta amarta atau air kehidupan yang dipercaya dapat memberikan kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Kerajaan Mataram Kuno: Sejarah, Letak, Raja Raja, Dan Peninggalannya

Di pelataran candi Panataram ditemukan prasasti Sakya tahun 1119 atau prasasti Pala tahun 1197 M. Sebuah prasasti yang diterbitkan oleh Prabu Srengga dari Kediri menyebutkan bahwa ketika Hayam Wuruk sedang melakukan perjalanan di Jawa Timur, ia berhenti di depan sebuah bangunan suci bernama Palah .

Candi Jabung terletak di Desa Candi Jabung, Paton, Probolinggo, Jawa Timur. Menurut kitab Negarakertagama, Hayam Wuruk mengunjungi gedung tersebut pada tahun 1359 Masehi. Dalam kitab Pararaton, candi tersebut disebut Sajabung dan merupakan tempat pemakaman Bhra Gundal, seorang anggota keluarga kerajaan. Dihiasi dengan motif sulur, candi ini memiliki sentuhan Buddha karena juga dikenal sebagai Bajrajinaparamitapura.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Gerbang Bajangratu terletak di Desa Kraton, Desa Trowulan Temon, Mojokerto, Jawa Timur. Gerbang adalah pintu masuk dan keluar, dengan atau tanpa atap. Ya, Gapura Bajangratu berbentuk monster, yaitu bangunan berupa gapura dengan atap yang meleleh.

Urutan 5 Kerajaan Tertua Di Indonesia, Nomor 1 Ada Di Kalimantan?

Gapura Bajangratu dipercaya berasal dari abad ke 14. Pada pintu ini terdapat sebuah pintu, dan pada pintu tersebut terdapat dua buah lubang. Gapura bercorak Hindu ini memiliki pecahan relief Ramayana di sisi dan Sri Tanjung di kaki. Bukan Perang Jawa atau Perang Aceh, tapi Puputan Bayu, Blambangan atau yang sekarang disebut Banyuwangi.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Menurut catatan sejarah, Kerajaan Brabangan, kerajaan Hindu terakhir di Jawa, lahir pada tahun 1295, dua tahun setelah Majapahit didirikan. Raja Majapahit Raden Wijaya memberikan wilayah beserta ibu kota Lumajang kepada Arya Wiraraja (alias Adipati Sumenep) karena telah membantu perjuangan mendirikan Majapahit.

Dalam edisi 13 September 2010, Istana Blambangan tercatat masih bertahan dari kejatuhan Majapahit pada abad ke-15 hingga abad ke-18, namun sejarahnya tidak pernah disebutkan dalam sejarah nasional Indonesia.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Candi Gunung Kawi, Situs Purbakala Peninggalan Dinasti Udayana Di Bali

Hanya sedikit sejarawan yang mempelajari Blambangan, dan warisannya kecil. Sejarah kerajaan tersebut sebagian besar berupa cerita rakyat yang sarat dengan legenda atau mitos, seperti kisah Damarwulan Menakjingga yang sering dipentaskan dalam pentas seni.

Edi Burhan Arifin, peneliti dan dosen sejarah Fakultas Seni Budaya Universitas Jemma mengatakan, bukti seperti prasasti Keraton Brambangan sedikit, sehingga silsilah semua penguasa tidak bisa ditentukan.

Video Sejarah Kerajaan Bali

“Karaton Brambangan adalah kerajaan terakhir yang bisa ditaklukkan oleh VOC dan paling gigih berperang,” ujar Eddie mengenang sejarah Kerajaan Brambangan.

Kerajaan Mataram Kuno: Letak, Kehidupan, Peninggalan Dan Rajanya

Keberadaan kerajaan Blambangan berawal dari Balumbungan yang berarti lumbung padi. Blambangan merupakan pusat logistik yang kaya akan sumber daya alam, mulai dari Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember hingga Lumajang.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Atas dasar itu, Kerajaan Brambangan menjadi rebutan. Hal ini terlihat dari banyaknya upaya untuk menaklukkan atau memasuki Brambangan. Dari Kerajaan Majapahit, Mataram Islam, hingga East India Company.

Pada tahun 1743, Raja Pakubuwana II dari Mataram menyerahkan Blambangan kepada VOC dengan imbalan merebut ibu kota Kartasura dari para pemberontak. Hanya karena terseret konflik Mataram hingga tahun 1757, VOC tidak merebutnya.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Kerajaan Besar Di Jawa Timur Asal Usul Hingga Wilayah Kekuasaan

Tidak ada invasi atau ekspedisi militer ke Blambangan hingga Februari 1767. VOC juga memasukkan sekutu dari kerajaan Mataram, Basuruan, Bange, Surabaya, dan Madura.

Semula kedatangan pasukan ini disambut kehebohan oleh masyarakat Brambangan yang ingin memisahkan diri dari Bali. Mereka bergantung pada VOC untuk masa depan yang lebih baik. Kemudian terjadilah pembantaian besar-besaran terhadap orang Bali, khususnya orang Bugis Blambangan. VOC membutuhkan waktu sebulan yang mudah untuk merebut Blambangan.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Kegembiraan atas kemenangan VOC hanya berlangsung singkat. Setelah empat bulan memerintah di Blambangan, terjadilah pemberontakan yang dipimpin oleh Wong Agung Wilis, saudara tiri dan mantan bupati Pangeran Adipati Danuningrat, raja terakhir Blambangan.

Pasir (sadurangas), Kerajaan / Prov. Kalimantan Timur

Sebenarnya Willis adalah orang yang ditunjuk VOC untuk memimpin Blambangan, namun ternyata itu hanyalah tipuan belaka. Dia kemudian menggunakan posisinya sebagai penguasa untuk mengumpulkan kekuatan yang akan digunakan untuk menyerang VOC.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Blambangan benar-benar menahan amarahnya. Apalagi, orang asing itu kasar dan tidak sopan, yang menyebabkan konflik fisik di banyak tempat. Pemberontakan Willis berlangsung selama setahun dan berakhir ketika dia ditangkap pada tahun 1768. Willis dan para pengikutnya kemudian diasingkan ke Pulau Banda.

Ditulis oleh Benediktus R Anderson, tertulis bahwa sikap arogan VOC terhadap masyarakat Blambangan semakin parah setelah kematian Willis. Pangan rakyat disita, petani dipaksa menanam padi, hasil panen diserahkan kepada Belanda, dan pemuda dipaksa bekerja tanpa dibayar.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Dari Mana Sumber Sejarah Kerajaan Kalingga? Ini Penjelasannya

Situasi memaksa penduduk desa untuk meninggalkan desa mereka untuk berjuang sendiri. Tujuannya adalah kawasan Bayu (sekarang Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi) di lereng Bukit Raung. Pangeran Jagapati, yang dulunya ikut serta dalam pemberontakan Willis, justru hadir bersama pengikut lainnya.

Taman Alas Purwo Banyuwangi memiliki pemandangan alam yang indah dan salah satu tempat wisata yang terkenal adalah Padang Savanah Sadeng. Pengunjung dapat menikmati taman dan habitat alam yang tersebar di seluruh Savanah.

Video Sejarah Kerajaan Bali

* Fakta atau tipuan? Untuk mengetahui keabsahan informasi yang telah disebar, silahkan WhatsApp ke nomor fact checking 0811 9787 670 masukkan kata kunci yang diinginkan.

Kerajaan Sriwijaya Worksheet

Pemberontakan terbesar berada di bawah pimpinan Susuhunan Jagapati yang membangun benteng di Bayu. Orang Blambangan sepakat untuk berperang atau perang habis-habisan. Kerajaan Mengwei juga mengirim pasukan untuk membantu.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Pada tanggal 18 Desember 1771, 249 tahun silam, tepat pada hari ini, sebagaimana ditulis Lekkerkerker dalam buku catatannya yang menjadi acuan utama penulisan sejarah Puputan Bayu, ribuan prajurit Blambangan bertempur. Ini merupakan puncak dari perang yang berlangsung sejak awal Agustus 1771 dan dikenal dengan nama Puputan Bayu.

Para pejuang Blambangan melancarkan serangan umum dan mendadak terhadap tentara VOC. Dipimpin oleh Jagapati, tentara Blambangan memasuki lapangan dengan membawa parang, keris, pedang, tombak dan senjata api yang disita dari tentara VOC.

Video Sejarah Kerajaan Bali

Raja Kerajaan Singasari Dan Kisah Tragedi Yang Menyertai Jelang Suksesi

Untuk itu, VOC mengirimkan 10.000 personel dengan persenjataan canggih, termasuk alat berat. Dia menghabiskan 8 ton emas sebagai biaya perang. Dalam hal ini, VOC secara efektif merugi karena tidak membayar apa yang diterimanya. Blambangan tidak memberikan keuntungan yang berarti bagi Belanda

Sejarah kerajaan di bali, sejarah berdirinya kerajaan bali, sejarah kerajaan bali lengkap, sejarah kerajaan, video sejarah kerajaan majapahit, video sejarah kerajaan sriwijaya, sejarah kerajaan bali, sumber sejarah kerajaan bali, sejarah kerajaan majapahit, makalah sejarah kerajaan bali, sejarah kerajaan bali kuno, peninggalan sejarah kerajaan bali

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button